Sharing Pengatahuan Kegawatdaruratan, Dinkes Kota Semarang Undang Banyak Relawan

Selasa kemarin, tanggal 9 Mei, Dinas Kesehatan Kota Semarang kembali mengadakan acara yang membagikan informasi dengan mengundang awak media, komunitas relawan Kota Semarang dan kami, para pemilik blog. Tema besar yang jadi bahan diskusi adalah pengetahuan kegawatdaruratan Kota Semarang.

Bertempat di Bakso dan Steak Pak Djono yang berada di jalan Kenconowungu,  acara cukup ramai karena dihadirin banyak relawan Kesehatan. Kami baru mengetahui keberadaan mereka, syukurlah kami turut hadir.

Dari daftar absen yang kami lihat, beberapa relawan yang datang adalah

  • Miksemar
  • Bankom Polrestabes Semarang
  • Sarda Jateng
  • Info Taruna Semarang
  • Relawan Semarang Hebat
  • Relawan Call Center 112
  • Mungkin masih ada lagi yang belum tercatat
Yang menarik dari relawan adalah mereka sudah dibekali kemampuan Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu sehari-hari atau SPGDTs. Bahkan, membawa tas emergency kit yang selalu siap dalam keadaan apapun.


Inovasi Dinkes Kota Semarang

Acara utama sendiri dimulai dengan persentasi dari Drg. Rahma Defu, M.Kes yang memaparkan tentang SIMPANGLIMA, yaitu Sinergitas dalam Penanganan Gawat darurat Terpadu secara Lintas Sektro dan Bersama Masyarakat.


Bagaimana pengaruh Call sepanjang tahun 2022. Dimana ada ribuan kasus yang terjadi dengan penyebaran terbanyak ada di kawasan Semarang Barat. 

Lalu, juga ada persebaran layanan Ambulance Hebat yang saat ini jumlahnya sekitar 6 unit kendaraan yang tersebar di 6 lokasi di Kota Semarang. Tahun ini sepertinya akan ada tambahan.

Yang cukup menarik perhatian kami adalah Panic Button yang sudah bisa diakses namun sementara hanya bisa lewat website ambulanhebat.semarangkota.go.id. Sepertinya website sekarang sedang maintenance.

Tombol 'Panic Button' adalah inovasi yang terus disempurnakan melengkapi Call Center yang sudah ada seperti 112, 1500-132 dan 119. Hubungi nomor ini apabila mengalami kegawatdaruratan di Kota Semarang.

Masih banyak hal yang sebenarnya ingin kami bagikan mengenai pemaparan beliau yang memiliki informasi menarik. Kami akan sambung di halaman lainnya nanti.


Video ini kami ambil saat acara, dimana tim Ambulance Hebat unboxing tas emergency yang sering dibawa relawan. Sangat lengkap sekali isinya. Video kami bagi-bagi, karena shorts hanya bisa upload berdurasi 1 menit saja. 

...

Lewat acara ini, DKK Kota Semarang beerharap kesadaran masyarakat untuk Kota Semarang lebih hebat. Apalagi adanya kehadiran relawan Kesehatan yang akan saling membantu. 

Banyak upaya dan inovasi yang terus dilakukan untuk melayani masyarakat Kota Semarang, terutama layanan kegawat daruratan yang lebih efisien dan cepat. 

Artikel terkait :

Comments

Popular posts from this blog

Sego Bancakan Pawone Simbah, Tempat Makan Baru di Kota Lama Semarang

Review : Gunakan Layanan Maxim Life Massage & SPA

Apakah Shopee Video Bisa Unggah Video dari Komputer?

Berapa Tarif Parkir Inap di Bandara Ahmad Yani Semarang Tahun 2022?

Kenapa Paket Xtra Combo Flex Tidak Ada di Aplikasi MyXL ?