dotsemarang Hadir di Mastodon

Alasan terbesar kami akhirnya berlabuh ke Mastodon adalah panggung yang diberikan beberapa platform manajer media sosial kepada Mastodon. Sebegitu menariknya? Jadi, penasarankan!

Platform yang kami maksud adalah Buffer. Platform ini biasanya kami gunakan untuk menjadwalkan postingan blog di Twitter maupun Facebook. Namun sejak bulan Januari kemarin, mereka menambahkan Mastodon dalam salurannya yang juga bisa digunakan untuk penjadwalan.

Masih sepi

Mastodon yang mendadak ramai diperbincangkan dan dianggap alternatif dari Twitter memang menarik perhatian. Apalagi semenjak Elon Musk mengambil alih Twiter. Banyak kegaduhan yang terjadi dan Mastodon berhasil mengambil kesempatan.

Setelah berbagai pertimbangan, akhirnya kami memutuskan membuat akun di Mastodon pada tanggal 9 Februari 2023. Awalnya sempat bingung saat mendaftar karena banyaknya server yang harus dipilih.

Setelah membaca beberapa referensi, dipilihlah alamat mastodon.social untuk mendaftar. Daftarnya mudah dan tinggal tugas akhir untuk menyelesaikan, yaitu verifikasi email. Dan jadilah akun dotsemarang yang mungkin bisa kamu kunjungi apabila juga membuat akun di sana. 

📌 Ini alamat kami : https://mastodon.social/@dotsemarang

Setelah jadi, kami coba eksplore. Ternyata masih sangat sepi, khususnya tagar Semarang atau pencarian Semarang. Karna ini juga, membuat kami tambah semangat untuk membagikan konten dotsemarang di sana.

Pikir kami, jangan sampai konten yang diberi label Semarang malah digunakan oleh pengguna luar. Kami sempat menemukan link situs yang ternyata dari pengguna luar negeri. Apabila disalahgunakan, tentu bisa bahaya informasinya yang dibagikan.

Masa depan ?

Hingga postingan ini kami buat, konten yang kami bagikan lebih dari seminggu, belum bisa dikatakan berpengaruh banyak. Berbeda dengan VK, meski jejaring sosial dari Rusia, pengaruhnya sudah mulai kerasa. 

Sebagai situs jejaring sosial yang mirip Twitter, Mastodon bagi sebagian pengguna di luar sana memiliki masa depan cerah. Bisa dibilang karena platform sekelas Buffer saja menaruhnya di dalam daftar saluran sosialnya.

Di Indonesia, kami belum tahu. Tidak banyak pengguna dari Indonesia yang terlibat dalam pencarian yang kami temukan. Mungkin ada beberapa, hanya saja di luar pencarian kami saat itu. Apalagi kami mengenal salah satu pemilik blog lain yang sudah bergabung dengan Mastodon lebih dulu dari kami.

Semoga saja tahun 2024, perkembangannya luar biasa. Mastodon bagi kami masih sama seperti platform lainnya yang digunakan sebagai saluran penarik lalu lintas blog dotsemarang.

Bagaimana denganmu?

...

Mastodon didirikan pada tahun 2016 oleh programmer Eugen Rochko saat menempuh pendidikan di Friedrich Schiller University, Jerman.

Namanya unik karena saat kami cari di mesin pencari, nama Mastodon muncul yang pertama adalah spesies mamalia bergading besar. Wew, apakah terinspirasi dari ini?

Artikel terkait :

Comments

Popular posts from this blog

Sego Bancakan Pawone Simbah, Tempat Makan Baru di Kota Lama Semarang

Review : Gunakan Layanan Maxim Life Massage & SPA

Apakah Shopee Video Bisa Unggah Video dari Komputer?

Berapa Tarif Parkir Inap di Bandara Ahmad Yani Semarang Tahun 2022?

Kenapa Paket Xtra Combo Flex Tidak Ada di Aplikasi MyXL ?