Penggunaan QR Code Pada Tiket Parkir di DP Mall Semarang

Bukan hal baru sebenarnya tentang karcis masuk di DP Mall yang menggunakan QR Code. Hanya saja, kami ingin menambah konten tekno yang belum update sejak akhir tahun 2021. Kode QR selalu menarik untuk dibahas.

Tidak semua mal di Kota Semarang menerapkan teknologi karcis yang disematkan kode QR di dalamnya. Terutama kendaraan roda dua atau sepeda motor.

QR Code pada karcis kertas putih

Salah satu mal yang berada di tengah Kota Semarang ini kami anggap selalu terdepan dalam menghadirkan tren yang sedang berkembang. 

Bila kendaraan roda empat hanya memerlukan tap dengan kartu e-money, maka roda dua yang masuk ke mal, akan mendapatkan kertas yang berisi QR Code di dalamnya. Memang sepertinya juga bisa menggunakan e-money, tapi kami belum mencobanya saat ini.

Seperti terlihat di gambar halaman ini. Seperti itulah tampilannya. Gambar tersebut diambil masih tahun 2022, ada tanggalnya di sana. Bila berbeda sekarang saat kamu datang ke DP Mall, kami mohon maaf. Perubahan selalu terjadi sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan.

Proses penggunaannya

Setelah kita mengambil karcis masuk dan parkir kendaraan, karcisnya bisa kita scan saat itu juga menggunakan aplikasi uang digital semacam Gopay, Shopee atau aplikasi resmi Parkee.

Kalau lancar, pembayaran diproses. Usahakan saldo di aplikasi tersedia dan jangan biarkan kosong atau kurang dari. Saat masih di mal, pembayaran belum terjadi.

Namun akan diketahui setelah kita keluar dari mal melewati kotak parkir yang mengharuskan kita men-scan karcis. Di sini prosesnya akan menghitung berapa lama kita berada di mal. Jadi, jangan dibuang dulu kertas karcisnya meski sudah di-scan menggunakan aplikasi uang digital.

Namun, bila kamu masih malas. Kamu bisa scan nanti saat ingin keluar dari mal setelah mengeluarkan kendaraan dari tempat parkir. Itu bisa juga dilakukan dan prosesnya sama. Ambil tiket, scan QR Code-nya dengan aplikasi digital lewat bayar.

Selama kamu belum keluar mal dan men-scan karcisnya di kotak parkir (yang ada plangnya), penghitungan pembayaran belum dilakukan. Dan sebaliknya, ketika sudah men-scan, mesinnya langsung menghitung dan kamu akan mendapatkan notif di smartphone-mu.

...

Awalnya kami pikir ini ribet, karena baru pertama kali menggunakan cara seperti ini. Namanya teknologi digunakan untuk mempermudah, jika kami ke mal lagi, rasanya memang lebih praktis.

Tidak ribet nanti apabila bayar atau buru-buru, dengan catatan karcis jangan hilang atau dibuang. Bagaimana pendapatmu?

Artikel terkait :

Comments

Popular posts from this blog

Sego Bancakan Pawone Simbah, Tempat Makan Baru di Kota Lama Semarang

Review : Gunakan Layanan Maxim Life Massage & SPA

Apakah Shopee Video Bisa Unggah Video dari Komputer?

Berapa Tarif Parkir Inap di Bandara Ahmad Yani Semarang Tahun 2022?

Kenapa Paket Xtra Combo Flex Tidak Ada di Aplikasi MyXL ?