Hari Tanpa Kantong Plastik Sedunia 2020


Setiap tahun di bulan Juli, sebagian masyarakat belahan bumi ini, tiap tanggal 3 Juli memperingati International Plastic Bag Free Day atau Hari Tanpa Kantong Plastik Sedunia. Peringatan ini diharapkan memberi kesadaran dan mendorong kita untuk mencari alternatif dari kantong plastik yang selama ini tanpa sadar menjadi bagian keseharian kita.

Memang tidak mudah memusnahkan penggunaan plastik di muka bumi ini. Apalagi menurut data yang dipaparkan situs zerowasteeurope.eu menyebutkan setiap menit di seluruh dunia, ada 1 juta kantong plastik yang digunakan. Rata-rata, kantong plastik digunakan selama 25 menit dan 80% sampah laut merupakan plastik.

Semarang dengan peraturan pengendalian penggunaan plastik

Sebagai Ibu Kota Jawa Tengah dan menjadi salah satu Kota Besar di negara ini, Kota Semarang sudah melakukan pencegahan kantong plastik dengan dikeluarkannya peraturan dengan nomor 27 tahun 2019. Peraturan ini menyasar minimarket, restoran, toko modern, rumah makan dan hotel.

Jadi jangan kecewa ketika berbelanja di minimarket yang ada di Kota Semarang, kita tidak diberi kantong plastik. Mau tidak mau, bila tidak membawa kantong sendiri, terpaksa dibawa dengan tangan. Ribet kalau belanjanya kebanyakan.

Tentu, bukan hanya Semarang yang melakukannya. Beberapa kota di Indonesia, bahkan ada yang lebih lama, sudah memberlakukan pengendalian penggunaan plastik. Kami harap, ini menjadi dukungan besar untuk kampanye Hari Bebas Kantong Plastik tahun 2020.

Tidak mudah


Bila melihat dampak buruk yang ditimbulkan plastik, terutama pada lingkungan dan juga dapat mempengaruhi kehidupan semua orang di dunia hingga beberapa generasi mendatang, peringatan yang dilakukan hanya satu hari ini setidaknya mampu menekan dari sisi jumlahnya.

Hanya saja, memang tidak mudah setelahnya. Saat kami melintas di salah satu pasar yang ada di Kota Semarang, kantong plastik sangat mudah ditemukan. Terutama ibu rumah tangga yang sedang berbelanja.

Mereka menenteng yang berisi bahan-bahan dapur seolah itu hal biasa dalam keseharian. Membawa kesadaran ini (Hari Tanpa Kantong Plastik) pasti benar-benar bakal sulit.

Seperti juga tempat penjualan makanan kucing yang selalu memberi kantong plastik agar barang yang telah dibeli dapat mudah dibawa. Memikirkan ini semua seorang diri, tentu hanya sebuah khayalan.

Mulai dari diri sendiri

Pemerintah Kota sudah melakukannya (peraturan), hanya saja butuh perluasan lagi untuk menghimbau dan bagaimana mendapatkan alternatif pengganti kantong plastik terlebih dahulu sebelum bicara kepada masyarakat yang sudah terbiasa memakainya (baca pasar tradisional).

Peringatan Hari Tanpa Kantong Plastik besok, tanggal 3 Juli yang tahun ini jatuh pada hari Jumat, sebaiknya bisa dimulai dari diri sendiri dulu.

Seperti saat berbelanja di minimarket, kami sudah tidak meminta kantong plastik. Kamu bisa membawa kantong belanja sendiri yang berbahan kain atau kertas.

Atau bila kamu memiliki komunitas, bisa mengajak teman-teman untuk membuat tas sendiri. Tinggal melihat tutorialnya di internet bila ingin membuatnya karena sudah banyak juga orang-orang yang menjual tasnya sendiri.

Dengan membuat tas sendiri, kita bukan saja mengurangi penggunaan plastik, tapi juga memasukkan identitas dalam tas yang dibuat dengan unik. Bukankah itu sangat membanggakan ketika ada logomu di sana.

...

Saat kami menulis tentang ini, kami mengunjungi situs zerowasteeurope.eu yang berisi beberapa info data tentang plastik. Kamu harus melihatnya. Tinggal klik saja link di atas.

Mari kita rayakan Hari Tanpa Kantong Plastik Sedunia ini meski hanya 1 hari. Kami harap, kamu dapat menolak saat diberi kantong plastik saat beberlanja. Dan juga, sudah memiliki kantong plastik sendiri yang ramah lingkungan.

Artikel terkait :

Comments

Popular posts from this blog

Sego Bancakan Pawone Simbah, Tempat Makan Baru di Kota Lama Semarang

Berapa Tarif Parkir Inap di Bandara Ahmad Yani Semarang Tahun 2022?

Review : Gunakan Layanan Maxim Life Massage & SPA

Parkir di DP Mall Kini Hanya Melayani Pembayaran Non Tunai

Apakah Shopee Video Bisa Unggah Video dari Komputer?