Favorit

Agenda Semarang Bulan September 2024

Image
Hujan di awal bulan Agustus kami pikir akan sudah mengubah suasana Kota Semarang lebih adem. Ternyata, hanya hujan di awal bulan saja. Mari katakan Hai pada bulan September yang jatuh pada hari Minggu di awal bulan. Acara apa yang sudah menanti? Meninggalkan bulan Agustus yang penuh sesak acara, hingga 40 lebih yang kami catat, dengan berbagai momen sungguh menyenangkan. Apakah bulan September akan ada momen serupa dan jumlahnya mampu mengungguli bulan Agustus? Kami harap begitu. Agenda Semarang Awal bulan September, hajatan rutin tiap tahun sudah menanti lewat acara Festival Kota Lama yang kali ini ada banyak perubahan yang dibawa. Beberapa acara lainnya akan menyusul seiring waktu yang kami temukan. Sambil menunggu kami mengumpulkan, kamu bisa lihat dulu agenda rutin yang ada di Kota Semarang. [25 Agustus - 2 September] - 8𝑡ℎ Asian School Badminton Championship (ASBC) 2024 di Kota Semarang. [27 Agustus - 1 September] - Sociolla Atrium Event di The Park Mall Semarang. [28 Agustus - 1

Kota Semarang dan Tahun Pertama Peringatan Hari Kebaya Nasional

Pantas saja kami baru mendengarnya. Rupanya peringatan Hari Kebaya Nasional Tahun 2024 adalah yang pertama kali diperingati. Kota Semarang pun tak ingin sekedar hanya jadi hari peringatan semata, melainkan ambil bagian untuk turut meramaikan dengan acara.

Akhirnya kami menulis ini juga meski rasanya tidak perlu. Kebenaran juga kami terinspirasi dari akun Threads event Organizer bernama Next Communication yang beralamat id @nextcomm.eo.

Pandanaran Art Festival 2024

Kami tidak menyadari jika tanggal 27 Juli kemarin sedang diadakan Ki Ageng Pandanaran Art Festival di Kota Lama. Akhir-akhir ini memang kami lagi malas keluar rumah apabila tidak diundang. Toh, acara besar gini pasti akan ramai yang memperbincangkannya di media sosial nantinya.

Namun kami lupa jika acaranya jadi panggung buat para perempuan yang hadir untuk memperingati Hari Kebaya Nasional tahun 2024.

Kami mengetahuinya dari akun Threads @nextcomm.eo yang membagikan keseruan acaranya di sana. Beberapa foto yang tampil di halaman ini merupakan milik mereka semua.

Itu luar biasa! Momen yang bagus memang untuk menunjukkan bahwa peringatan Hari Kebaya tidak sekedar perempuan memakai kebaya saja. 

Sayangnya, kami sulit menemukan postingan serupa di media sosial yang sama seperti NextComm. Apakah kurang promosi atau masih menahan diri untuk tidak publish dulu?

Hari Kebaya Nasional 2024

Mengutip website indonesiabaik.id, peringatan Hari Kebaya tertuang dalam Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 19 Tahun 2023 tentang Hari Kebaya Nasional. 

Alasan penetapannya sendiri ada 3 hal 

  1. Kebaya sebagai aset budaya
  2. Nilai sejarah ketika Presiden Ke-1 RI Soekarno menghadiri Kongres Wanita Indonesia X tahun 1950, di mana semua peserta yang hadir memakai kain kebaya.
  3. Hari Kebaya Nasional bukan hari Libur.

Peringatan Hari Kebaya Nasional ditetapkan pada tanggal 24 Juli ada di alasan nomor 2. Di mana tanggal tersebut dipilih saat penyelenggaraan Kongres Wanita Indonesia saat itu.

Melihat perempuan-perempuan memakai Kebaya memang sangat indah, cantik dan elegan. Seperti filosofinya itu sendiri tentang kebaya, yaitu melambangkan makna dan pesona seorang perempuan Indonesia.

Sekarang, kita sudah tahu ada peringatannya di bulan Juli tahun depannya lagi. Bila tahun ini Kota Semarang mengemasnya di dalam acara tahunan Kota, Pandanaran Art Festival, bagaimana tahun berikutnya?

Artikel terkait :

Comments

Popular posts from this blog

Apakah Shopee Video Bisa Unggah Video dari Komputer?

AMOLI, Laptop Buatan Mana?

Review : Gunakan Layanan Maxim Life Massage & SPA

Threads yang Kini lebih Ramah Dengan Mesin Pencari Google

Wew, Dapat Paket Internet Malam Unlimited Smartfren Cuma 11 Ribu Rupiah Selama 28 Hari