Favorit

Agenda Semarang Bulan September 2024

Image
Hujan di awal bulan Agustus kami pikir akan sudah mengubah suasana Kota Semarang lebih adem. Ternyata, hanya hujan di awal bulan saja. Mari katakan Hai pada bulan September yang jatuh pada hari Minggu di awal bulan. Acara apa yang sudah menanti? Meninggalkan bulan Agustus yang penuh sesak acara, hingga 40 lebih yang kami catat, dengan berbagai momen sungguh menyenangkan. Apakah bulan September akan ada momen serupa dan jumlahnya mampu mengungguli bulan Agustus? Kami harap begitu. Agenda Semarang Awal bulan September, hajatan rutin tiap tahun sudah menanti lewat acara Festival Kota Lama yang kali ini ada banyak perubahan yang dibawa. Beberapa acara lainnya akan menyusul seiring waktu yang kami temukan. Sambil menunggu kami mengumpulkan, kamu bisa lihat dulu agenda rutin yang ada di Kota Semarang. [25 Agustus - 2 September] - 8𝑡ℎ Asian School Badminton Championship (ASBC) 2024 di Kota Semarang. [27 Agustus - 1 September] - Sociolla Atrium Event di The Park Mall Semarang. [28 Agustus - 1

[Event] Pameran Koran Langka: Pers Dalam Lorong Waktu di Kota Lama Semarang

Siapa sangka koran-koran yang sudah berwarna kekuningan yang dipajang di dinding merupakan koran-koran yang terbit di era Belanda dan masih ada. Saat membaca tahunnya, kami membayangkan ke masa lalu. Andai benar bisa kembali saat itu?

Lho.. hehe malah ngebayangin cerita dalam komik. Jadi, di Kota Lama sedang berlangsung Pameran Koran Langka yang bertajuk Pers Dalam Lorong Waktu dan Penyelamatan Arsip.

Kami yang mengetahui kabar ini dari postingan yang bereda di Instagram cukup tertarik, namun masih bingung untuk kapan waktunya yang pas untuk berkunjung.

Kota Lama

Kebenaran, Rabu siang kemarin (14/8), kami sedang mengunjungi Gedung Keuangan yang berada dekat Jembatan Mberok, Kota Lama. Ada kepentingan di Kantor Pajak di sana yang berhubungan dengan aktivitas blogging dotsemarang.

Usai urusan beres, kami langsung menuju lokasi pameran yang digelar di Rumah Pohan yang berada di jalan Kepodang. Nama tempatnya masih asing, namun bangunannya jadi satu dengan Tekodeko baru. Jadi mudah untuk mengakses lokasinya.

Koran langka

Kami beruntung bisa datang berkunjung, mengingat acara ini sudah berjalan sejak tanggal 8 Agustus kemarin dan akan berakhir di tanggal 22 Agustus besok.

Tidak sekedar menghadirkan berbagai koran langka di ruangan, tapi penyelenggara juga mengadakan beberapa kegiatan menarik. Tapi, kami tidak mengikuti kegiatannya. Fokus kami ingin melihat secara langsung seperti apa koran langkanya saja.

Ada puluhan koran yang ditampilin dengan penerbitan paling lama pada tahun 1818. Bahkan, salah satu koran yang dihadirkan bernama De Locomotief punya kantor di jalan Kepodang Kota Lama.

Tentu saja, korannya tidak hanya berasal dari Semarang. Ada beberapa kota lain juga yang turut dihadirkan, seperti dari Jakarta, Surabaya, Yogyakarta dan masih banyak lagi.

Alat Komunikasi

Selain ruangan dihiasi figura yang berisi koran-koran langka, ada juga alat komunikasi dari waktu ke waktu yang turut ditampilin. Mulai dari keong terompet, telepon kuno, mesin ketik dan lainnya.


QR Code

Ada hal menarik yang kami lihat diantara rasa kagum dengan koran-koran yang ada, yaitu penggunaan QR Code. Saat kami coba, link yang kami buka mengarah pada video di YouTube.

Salah satu videonya ada yang berbahasa luar yang memberikan info tentang pameran. Kami terpaksa harus menghentikan durasinya karena lagi hemat kuota. 

Edukasi

Seperti biasanya, tujuan diadakan pameran arahnya tentu untuk edukasi. Terutama generasi muda sekarang yang identik dengan perangkat elektronik mereka.

Bagi kami, pameran koran langka adalah sarana pengetahuan dan nostalgia ke masa lampau. Melihat lebih dekat bagaimana media saat itu menerbitkan artikelnya. Terkadang unik, terkadang tidak mengerti karena bahasa yang digunakan belum seperti bahasa Indonesia sekarang.

Pameran yang dikolaborasin dengan berbagai kegiatan juga cara ampuh menarik generasi muda, khususnya Gen Z. Karena saat kami tiba, sedang berlangsung pelatihan menjadi Konten Kreator yang pesertanya adalah para pelajar sekolah.

...

Untuk menemukan lebih banyak informasi, terutama kegiatan atau suasana pameran, bisa cek akun Instagram @rumahpohankotalama. Silahkan mampir langsung jika masih sempat, mumpung pamerannya masih berlangsung. Apalagi momennya pas Kemerdekaan, melihat sisi nasionalis dari sini.

Artikel terkait :

Comments

Popular posts from this blog

Apakah Shopee Video Bisa Unggah Video dari Komputer?

AMOLI, Laptop Buatan Mana?

Review : Gunakan Layanan Maxim Life Massage & SPA

Threads yang Kini lebih Ramah Dengan Mesin Pencari Google

Wew, Dapat Paket Internet Malam Unlimited Smartfren Cuma 11 Ribu Rupiah Selama 28 Hari