Favorit

Agenda Semarang Bulan September 2024

Image
Hujan di awal bulan Agustus kami pikir akan sudah mengubah suasana Kota Semarang lebih adem. Ternyata, hanya hujan di awal bulan saja. Mari katakan Hai pada bulan September yang jatuh pada hari Minggu di awal bulan. Acara apa yang sudah menanti? Meninggalkan bulan Agustus yang penuh sesak acara, hingga 40 lebih yang kami catat, dengan berbagai momen sungguh menyenangkan. Apakah bulan September akan ada momen serupa dan jumlahnya mampu mengungguli bulan Agustus? Kami harap begitu. Agenda Semarang Awal bulan September, hajatan rutin tiap tahun sudah menanti lewat acara Festival Kota Lama yang kali ini ada banyak perubahan yang dibawa. Beberapa acara lainnya akan menyusul seiring waktu yang kami temukan. Sambil menunggu kami mengumpulkan, kamu bisa lihat dulu agenda rutin yang ada di Kota Semarang. [25 Agustus - 2 September] - 8𝑡ℎ Asian School Badminton Championship (ASBC) 2024 di Kota Semarang. [27 Agustus - 1 September] - Sociolla Atrium Event di The Park Mall Semarang. [28 Agustus - 1

RONALDIA, Inovasi Layanan Robot Terbaru dari Dinkes Kota Semarang Tahun 2024

RONALDIA singkatan dari Robot Layanan Dinas Kesehatan boleh Tanya Apapun ke Dia. Robot ini mengingatkan kami dengan robot sebelumnya yang bernama Ronaldo yang juga hasil inovasi Dinas Kesehatan Kota Semarang. Penasaran?

Kami menjumpainya saat acara Rakerkes DinKes pada bulan Juli kemarin yang artikelnya sudah kami rilis duluan di sini. Sayangnya, kami tak banyak mengeksplore RONALDIA karena segera bergegas masuk ruangan mengikuti acara.

Berbasi AI

Kami sempat kembali melihatnya saat jeda istirahat makan siang. Sama seperti pendahulunya, robot ini juga berbasis AI atau kecerdasan buatan. Istilah yang tampak sangat familiar akhir-akhir ini.

Dalam website resminya Dinkes Kota Semarang, robot ini sudah dilengkapi dengan berbagai fitur yang dapat berinteraksi dan bisa ber-navigasi karen sudah menggunakan 6 servo untuk menggunakan lengan kiri, kanan dan kepala.

Kehadirannya sebagai bagian dari inovasi yang dikerjakan Dinkes sebagai salah satu upaya pengembangan tranformasi digital kesehatan yang sangat dibutuhkan dalam hal akses informasi dan mendukung pelayanan di Dinas Kesehatan Kota Semarang.

Jadi, saat melihat uji cobanya saat di lokasi, robot ini nantinya ditempatkan di tempat tertentu. Ibaratnya sebuah komputer yang ditaruh di atas meja, lalu masyarakat yang mendatanginya dengan tujuan mencari informasi.

Karena berbasi AI, maka masyarakat hanya perlu melakukan beberapa perintah seperti suara atau lainnya. Kami membayangkannya seperti itu.

Tentu, informasi yang disediakan terkait info seputar kesehatan yang ada di Kota Semarang. Entah itu daftar tempat kesehatan (puskesmas), info kesehatan, dokter, ketersediaan kamar di rumah sakit dan sebagainya.

Dikenalkan saat Rakerkes tahun 2024

Seperti kami sebut di atas, robot ini dikenalkan saat acara kemarin yang kami hadiri juga. Mirip seperti sedang datang ke acara launching produk. Hanya saja, perangkatnya ini tidak dikenalkan secara langsung oleh Dinkes dihadapan peserta acara. 

Robotnya sudah bisa dilihat saat sebelum masuk pintu ruangan acara bersama dengan stan-stan lainnya yang turut meramaikan acara. 

Selain Ronaldia, ada inovasi lain juga yang turut dikenalkan seperti Anjaswara dan Katulistiwa. Nanti kami posting juga semisal tidak lupa.

Menarik juga, ya? Kami sempat mikir jika ini robot berjenis kelamin wanita karena nama Ronaldo sebelumnya sudah digunakan. Hehe..bercanda. 😅

Artikel terkait :

Comments

Popular posts from this blog

Apakah Shopee Video Bisa Unggah Video dari Komputer?

AMOLI, Laptop Buatan Mana?

Review : Gunakan Layanan Maxim Life Massage & SPA

Threads yang Kini lebih Ramah Dengan Mesin Pencari Google

Wew, Dapat Paket Internet Malam Unlimited Smartfren Cuma 11 Ribu Rupiah Selama 28 Hari