Favorit

Agenda Semarang Bulan September 2024

Image
Hujan di awal bulan Agustus kami pikir akan sudah mengubah suasana Kota Semarang lebih adem. Ternyata, hanya hujan di awal bulan saja. Mari katakan Hai pada bulan September yang jatuh pada hari Minggu di awal bulan. Acara apa yang sudah menanti? Meninggalkan bulan Agustus yang penuh sesak acara, hingga 40 lebih yang kami catat, dengan berbagai momen sungguh menyenangkan. Apakah bulan September akan ada momen serupa dan jumlahnya mampu mengungguli bulan Agustus? Kami harap begitu. Agenda Semarang Awal bulan September, hajatan rutin tiap tahun sudah menanti lewat acara Festival Kota Lama yang kali ini ada banyak perubahan yang dibawa. Beberapa acara lainnya akan menyusul seiring waktu yang kami temukan. Sambil menunggu kami mengumpulkan, kamu bisa lihat dulu agenda rutin yang ada di Kota Semarang. [25 Agustus - 2 September] - 8𝑡ℎ Asian School Badminton Championship (ASBC) 2024 di Kota Semarang. [27 Agustus - 1 September] - Sociolla Atrium Event di The Park Mall Semarang. [28 Agustus - 1

Pertama Kali Masuk Gedung Keuangan Negara Semarang I

Bangunan yang terletak di jalan Pemuda, depan landmark Titik Nol Kilometer Semarang ini sering kali kami lewatin namun belum pernah kami masukin. Padahal bangunannya merupakan satu diantara bangunan yang termasuk dalam Cagar Budaya Kota Semarang. Dan akhirnya??

Rabu siang (14/8), kesempatan itu datang dengan sendirinya. Bukan kunjungan wisata atau sedang ikut tur seperti biasanya yang mengeksplore Semarang. Melainkan kunjungan ke kantor Pajak yang berada di dalam Gedung Keuangan tersebut.

Ngapain ke kantor pajak?

Tahun ini kami resmi mendaftarkan diri untuk wajib pajak orang pribadi. Kebenaran kami butuh EFIN atau Electronic Filing Identification Number usai mendaftar via online agar bisa registrasi web resmi www.pajak.go.id.

Dulu saat pandemi, nomor EFIN bisa diminta lewat online. Namun sekarang harus diambil di kantor Pajak saat pertama kali mendaftar. Nah, kantor pajak yang ingin dikunjungi kantornya ada di Gedung Keuangan Semarang I ini.

Parkir roda 2 gratis

Kami tiba di sini siang hari. Membayangkan panasnya Kota Semarang sepertinya luar biasa. Sayang tidak ada es kelapa. Ya, kami ke sini naik sepeda. Rasanya sudah sangat meleleh.

Saat masuk ke halaman samping di mana ada tempat parkir roda dua, kami langsung membawa sepeda kami ke sana. Di sini untuk roda dua gratis. Eh, atau karena kami sepeda makanya dibiarkan lewat begitu saja setelah selesai urusan? 

Ada lapangan di dalam gedung

Bangunan yang tampak dari depan berbentuk banyak kotak ini ternyata di tengah-tengahnya ada lapangan mini yang bisa digunakan untuk bermain bulu tangkis atau basket. Sekilas, bisa lihat di postingan Instagram di sini yang kami temukan setelah mencarinya.

Sayangnya kami yang terlalu bersemangat mengetahui dan baru pertama kalinya masuk ke dalam gedung, lupa jika pengambilan gambar di dalam sini dilarang. 

Kami sempat ditegur security karena mungkin mendadak ada orang masuk tiba-tiba langsung ambil gambar sesuka hati. Siapa tidak curiga. Namun usai diberitahu, memang ada batasan tertentu untuk pengambilan gambar. 🙏

Kami menurut saja karena tujuan kami memang bukan mengeksplore gedung. Saat ditanya tujuannya apa, kami bilang ingin mengunjungi kantor pajak. Rupanya ada di lantai 4 yang bisa dimasukin dengan lift di dalam.

Sebelum masuk ke lift, kami sempat tanya security di mana kamar mandi luar. Kami ingin mengganti pakaian mengingat pakaian yang kami kenakan basah dengan keringat. Untunglah ada kamar mandi luar yang letaknya di dalam gedung.

Kantor pajak

Sekilas saat memperhatikan sekitar, bangunan tengahnya seperti donat yang bolong tengahnya. Karena bentuk bangunan mirip segi empat, sisi-sisi bangunan dalamnya mengingatkan kami dengan rusun yang pernah kami lihat. 

Usai mengganti pakaian, kami bergegas menuju lift lalu naik ke lantai 4. Kami tak sempat mengambil beberapa gambar di sudut yang menarik di sini semenjak diberitahu security sebelumnya.

Ternyata di dalam ruangan yang sangat luas di dalam, ada banyak perwakilan kantor pajak rupanya. Mirip sedang antri di loket sambil nunggu nomor dipanggil.

Suasananya mengingatkan kami seperti sedang di acara, di mana tiap sudut ruangan ada booth dengan nama yang berbeda. Bisa dilihat nama-nama kantor pajaknya dari gambar di atas. Jadi, dalam satu ruangan ada banyak kantor pajak yang menempati.

...

Pelayanan karyawannya sangat ramah. Tujuan kami meminta EFIN, malah dibantu sekalian untuk mengisi laporan SPT Tahunan. Kami yang sudah mendaftar tengah tahun 2023, mau nggak mau sudah harus melapor soal SPT ini juga.

Tak banyak gambar yang bisa kami ambil dari bangunan yang sudah ada sejak 1950 ini yang juga dikenal dengan nama Gedung Papak (tak beratap). Namun kami merasa senang bahwa akhirnya kami bisa melihat langsung ke dalam. Ya, meski tujuannya adalah kantor pajak. 😅

Artikel terkait :

Comments

Popular posts from this blog

AMOLI, Laptop Buatan Mana?

Apakah Shopee Video Bisa Unggah Video dari Komputer?

Review : Gunakan Layanan Maxim Life Massage & SPA

Threads yang Kini lebih Ramah Dengan Mesin Pencari Google

Kenapa Paket Xtra Combo Flex Tidak Ada di Aplikasi MyXL ?