Kota Semarang dan Hari Anak Nasional 2023

Peringatan Hari Anak Nasional tahun ini terasa sangat spesial buat kami karena Kota Semarang jadi tuan rumah perayaannya. Dan puncak peringatannya dilaksanakan di lapangan Simpang Lima. Apakah Presiden datang?

Dari info yang beredar, Presiden sebenarnya direncanakan datang. Namun saat acara, rekan sesama bloger yang hadir di Simpang Lima mengkonfirmasi bahwa yang datang ke acara bukan Presiden. Melainkan Wakil Presiden.

Tema HAN 2023

Ini adalah kali pertama kami menulis tentang Hari Anak Nasional (HAN) di blog. Memang butuh momentum untuk membawanya dan kebenaran kali ini ada agenda di Kota Semarang.

Tema Hari Anak Nasional mengutip dari situs detik.com yang juga melansir dari laman Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA) RI, tema Hari Anak Nasional tahun 2023 ini adalah "Anak Terlindungi, Indonesia Maju"

Ada beberapa sub-tema yang dipaparkan di sana. Salah satunya yang menarik untuk kami perhatikan adalah Cerdas Bermedia Sosial Menuju Generasi Emas.

Kami tahu era anak-anak sekarang berbeda dengan saat kami berusia anak-anak. Sebagai orang dewasa, kami memperhatikan tren dan pola yang dilakukan anak-anak tanpa sadar.

Saat ini, bukan hanya anak-anak saja yang sudah hadir (menggunakan) media sosial. Tapi juga bayi yang baru lahir beberapa bulan yang sudah terpapar di media sosial karena keinginan orang tuanya sendiri.

Dilema sebenarnya karena sejak dini mereka disuguhkan sesuatu yang seharusnya bisa membuat mereka lebih baik tanpa gagdet. Tapi orang tua memfasilitasi dengan beragam alasan tertentu.

Dari sini, kami tahu jika sub tema Wujudkan Lingkungan yang Aman untuk Anak jadi dasar bagaimana sikap kesadaran orang tua harus juga diperhatikan.

Hari Anak Nasional tentu menjadi pengingat bagi orang tua dalam hal mengasuh anak-anak mereka yang dikatakan bahwa anak-anak sebagai aset masa depan bangsa.

Beberapa orang tua mungkin memberi kebebasan dengan harapan anak dapat belajar lewat gadget yang mereka berikan. Atau mengalihkan aktivitas saat bekerja saat anak rewel ingin dipedulikan.

Memberi anak-anak fasilitas gadget tidak salah, hanya saja harus diperhatikan dampak buruknya juga. Jika ketergantungan bakal jadi bumerang nantinya. Jangankan berpikir sebagai aset masa depan, yang ada malah merusak masa depan.

Kota Semarang jadi tuan rumah

Peringatan Hari Anak Nasional jatuh pada hari Minggu yang berbarengan dengan kegiatan CFD (Car Free Day) di Kota Semarang. Saat kami melihat secara langsung, kegiatan CFD ditiadakan. Kami pikir akan tetap dilaksanakan.

Kawasan Simpang Lima tentu sangat ramai dan rencana penutupan jalan baru dimulai agak siang karena paginya jalan masih dibuka.

Selain menjadi tuan rumah, Kota Semarang juga memperoleh penghargaan Kota Layak Anak 2023 kategori Utama. Kota Semarang sendiri dianggap meningkat yang awalnya berstatus kategori Nindya menjadi kategori utama. 

Selain itu, Jawa Tengah juga berhasil meraih penghargaan Provinsi Layak Anak (PROVILA) bersama 14 Provinsi lainnya. 

...

Selamat Hari Anak Nasional 2023. Ingat kata Wakil Presiden mengutip laman wapresri yang mengatakan "Hari Anak Nasional membawa makna penting, karena merupakan bentuk penghormatan, perlindungan, dan pemenuhan hak anak sebagai generasi penerus kita.” 

Artikel terkait :

Comments

Popular posts from this blog

Sego Bancakan Pawone Simbah, Tempat Makan Baru di Kota Lama Semarang

Review : Gunakan Layanan Maxim Life Massage & SPA

Apakah Shopee Video Bisa Unggah Video dari Komputer?

Berapa Tarif Parkir Inap di Bandara Ahmad Yani Semarang Tahun 2022?

Kenapa Paket Xtra Combo Flex Tidak Ada di Aplikasi MyXL ?