Favorit

Agenda Semarang Bulan September 2024

Image
Hujan di awal bulan Agustus kami pikir akan sudah mengubah suasana Kota Semarang lebih adem. Ternyata, hanya hujan di awal bulan saja. Mari katakan Hai pada bulan September yang jatuh pada hari Minggu di awal bulan. Acara apa yang sudah menanti? Meninggalkan bulan Agustus yang penuh sesak acara, hingga 40 lebih yang kami catat, dengan berbagai momen sungguh menyenangkan. Apakah bulan September akan ada momen serupa dan jumlahnya mampu mengungguli bulan Agustus? Kami harap begitu. Agenda Semarang Awal bulan September, hajatan rutin tiap tahun sudah menanti lewat acara Festival Kota Lama yang kali ini ada banyak perubahan yang dibawa. Beberapa acara lainnya akan menyusul seiring waktu yang kami temukan. Sambil menunggu kami mengumpulkan, kamu bisa lihat dulu agenda rutin yang ada di Kota Semarang. [25 Agustus - 2 September] - 8𝑡ℎ Asian School Badminton Championship (ASBC) 2024 di Kota Semarang. [27 Agustus - 1 September] - Sociolla Atrium Event di The Park Mall Semarang. [28 Agustus - 1

BINUS University @Semarang Launching Program Studi Baru 'Digital Psychology', Gen Z Silahkan Merapat

Gimana serunya jika kuliah dalam satu waktu bisa dapat 2 titel sarjana sekaligus? Apalagi prospek karir di masa depannya sangat besar dan cemerlang? Mau daftar atau sudah penasaran?

Di era sekarang yang sudah sehari-hari identik dengan internet, terkadang tanpa sadar mental seseorang mudah terpengaruh yang membuat sedikit-sedikit keluar kata-kata healing. Terutama generasi Z yang belum siap menampung tsunami informasi.

BINUS University 

Memahami tren tersebut, BINUS University melakukan langkah cerdas dengan mengenalkan program gelar ganda yang memadukan prinsip-prinsip dasar psikologi dan ilmu komputer yang tujuannya memahami perilaku manusia di era teknologi digital dan mengembangkannya untuk kesejahteraan manusia.

Lihat gambar lainya di sini

Kami hadir dan turut jadi saksi saat program studi bernama Digital Psychology ini dikenalkan hari Rabu kemarin (21/8). Karena kami tinggal di Kota Semarang, maka kampus BINUS di sini berada di kawasan Marina, tepatnya POJ City, Semarang Barat.

Itu artinya, selain di BINUS @Semarang, jurusan baru ini akan juga tersedia di kampus BINUS University lainnya seperti Bandung, Kemanggisan, dan Malang. Silahkan catat tempat kampusnya, karena program studi Digital Psychology ada di tempat yang kami sebut barusan.

Dikemas acara talk show

Kami senang bisa hadir di BINUS @Semarang karena ini adalah kali pertamanya berkunjung langsung. Dan kami baru sadar kampusnya lebih mirip mal saat pertama kali masuk. Ditambah suasananya dekat pantai, ini sangat memanjakan mahasiswanya yang berkuliah di sini.

Kami datang tidak sendiri dari kalangan bloger. Saat tiba, ada puluhan pelajar dari berbagai Sekolah di Semarang yang turut hadir. Kami pikir beda acara dengan mereka (pelajar), ternyata malah satu ruangan yang berada di Atrium lantai 3 acara utamanya berlangsung.

Mereka, para pelajar, mewakili Gen Z. Dan pengenalan program studi baru yang dilakukan BINUS University ini juga cukup menarik dari cara yang mereka lakukan. Tak pernah terbayang dalam aktivitas kami bahwa acara launching kali ini bukan sebuah produk (gadget) seperti biasanya kami hadiri. Melainkan program studi dan ini dari kampus.

Kami sangat bersemangat sekali. Apalagi acaranya dikemas dengan mengundang pembicara ala-ala event talkshow. Mereka merupakan ahli yang telah berpengalaman di bidang masing-masing, yaitu data science dan psikologi. 

  • Nucki Prasastia (VP – Marketing Strategy, Geo Marketing Acquisition & Retention, Consumer Market Insight, & Business Intelligence - PT Smartfren Telecom)
  • Raymond Godwin, S.Psi., M.Si (Deputy Dean of Faculty of Humanities). 

Materi yang disampaikan para pembicara sangat menarik. Bila Pak Raymond Godwin lebih banyak membahas tentang prospek bagaimana hubungan Psikologi dan komputer sain, maka pembicara dari Smartfren memberikan peluang di masa depan bagaimana kebutuhan kerja yang juga berhubungan dengan pskilogi manusia. Terutama memahami kebutuhan para pelanggan di era persaingan penyedia layanan internet.

Launching

Masih banyak informasi yang menarik untuk dibahas sebenarnya. Tapi kami ingin batasin dulu dan ingin fokus acara utamanya, yaitu launching program studi Digital Psychology. Nanti kami tulis di halaman lainnya, jadi bersabar dulu.

Seperti acara-acara launching pada umumnya, selesai talkshow, kemudian dilanjutkan dengan siremoni potong tumpeng dan dilanjutkan video tentang pengenalan program studi. Untuk menambah semarak, di akhir video, dilakukan kejutan ala-ala semburan kembang api yang membuat puncak acara akhirnya selesai dilakukan setelah lama ditunggu.

Saya yakin psikologi bisa membuat ahli teknologi semakin beretika dalam proses pengembangan karena ada pertimbangan tentang dampak produk dan layanan terhadap kesejahteraan masyarakat di area Jawa Tengah. Di sisi lain, data science bisa mendukung ketepatan pengobatan dan pemulihan mental. Jadi, kami ingin menunjukkan kalau keduanya bisa saling berjalan beriringan, dan saya berharap semua yang hadir di acara ini bisa melihatnya” 

Sambutan Dr. Fredy Purnomo, S.Kom., M.Kom. selaku Direktur Kampus BINUS @Semarang tentang harapannya terhadap acara peresmian program studi Digital Psychology.

Jurusan Digital Psychology

Program studi Digital Psycology ini ditempuh selama 4,5 tahun dengan 9 semester dan akan dapat 2 title sarjana, S.Psi dan S.Kom. Sudah dibuka sejak bulan Agustus ini untuk pendaftaran karena jurusan ini akan tersedia di tahun 2025.


Info detailnya bisa buka di web binus.ac.id di sini.

...

Acara pun telah selesai, namun rasanya ingin masih berlama-lama dulu di sini. Alasannya karena suasana kampusnya yang dekat pantai terasa nyaman. Ditambah desain bangunannya ala-ala mal. Beberapa ruangan juga didesain kekinian.

Dengan adanya launching program studi baru ini, para gen Z khususnya pelajar semoga akan mengerti dan ini nantinya jadi tren baru di masa depan. 

Kami doakan kamu diterima di jurusan ini, semoga beruntung!

Artikel terkait :

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Apakah Shopee Video Bisa Unggah Video dari Komputer?

AMOLI, Laptop Buatan Mana?

Review : Gunakan Layanan Maxim Life Massage & SPA

Threads yang Kini lebih Ramah Dengan Mesin Pencari Google

Parkir di The Park Mall Hanya Melayani Pembayaran Non Tunai