Daftar Acara Pasar Imlek Semawis 2024

Apa yang terjadi? Jadwal acara di kalender Kota Semarang ternyata meleset. Mungkingkah batal, mengingat waktunya berdekatan dengan Pemilu. Rasa penasaran kami akhirnya membawa kami mencari tahu.

Hasilnya tidak ada. Padahal kami sudah melintas di Kawasan Pecinan akhir pekan kemarin, Sabtu (3/2). Eh, ternyata informasinya malah didapat dari grup WhatsApp. 😅

Daftar acara

Saat kami merilis Agenda Pasar Imlek Semawis (PIS) Tahun 2024 di awal bulan Januari kemarin, waktu pelaksanaannya sudah tersebar di internet. Saat itu kami ikut menuliskannya pada tanggal 3-8 Februari.

Karena info dan promosinya tak banyak terlihat hingga hari h (3 Februari), kami penasaran. Dan benar, ternyata memang waktunya berbeda. Jadinya acara Pasar Imlek Semawis Tahun 2024 digelar tanggal 8-11 Februari. 

  • Sabtu, 3 Februari - Ketuk Pintu Tahun Baru Imlek di Klenteng Tay Kak Sie yang dimualai jam 11 siang.
  • Minggu, 4 Februari - Lomba motret model (khusus SMP-SMA/sederajat) di Kawasan Pecinan Semarang. Mulai jam 9 pagi.
  • Kamis, 8 Februari - Acara Pembukaan PIS 'Gelar Tuk Panjang'. Ini biasanya undangan dan acara dimulai jam 18:30 wib.
  • Kamis, 8 Februari - Basuh kaki Orang Tua di Gedung Rasa Dharma (Boen Hiang Tong) dari jam 10 pagi hingga 12 siang.

Lokasi utamanya sendiri ditaruh di jalan Gang Baru sampai jalan Gang Warung. Itu adalah lokasi tahun sebelumnya, di mana lokasi tersebut biasa digunakan untuk Pasar Gang Baru. Sedangkan Gang Warung biasa digunakan Waroeng Semawis, wisata kuliner malam di Pecinan.

Ada yang menarik kali ini di PIS 2024, yaitu Lomba Menghias Rumah. Pendaftarannya sudah dibuka dari tanggal 29 Januari dan selesai tanggal 5 Februari 2024. 

Peserta lebih khusus yang berada di Kawasan Pecinan Semarang. Untuk waktu penilaiannya sendiri akan dilakukan pada tanggal 8-20 Februari dan diumumkan pada tanggal 25 Februari.

...

Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya di mana kami turut hadir saat acara 'Selametan dan Ketuk Pintu' yang biasa dilakukan sebelum acara utama. Tahun 2024, tidak ada undangan yang masuk ke kotak pesan kami (WhatsApp).

Yang menggelitik, acara Ketuk Pintunya ternyata hari Sabtu jam 11 siang kemarin. Padahal pagi harinya, hari yang sama, kami malah berada di Kawasan Pecinan. Kami mencari info sampai depan Klenteng Tay Kak Sie. 

Bahkan saat di sana, sempat bertemu komunitas Sketcher Semarang. Andai kami tahu agendanya lebih dulu, tentu kami bertahan sampai acara siangnya. 

Pasar Imlek Semawis merupakan agenda tahunan yang rutin dilaksanakan dan sudah masuk dalam kalender acara Kota Semarang. 

Artikel terkait :

Comments

Popular posts from this blog

Sego Bancakan Pawone Simbah, Tempat Makan Baru di Kota Lama Semarang

Review : Gunakan Layanan Maxim Life Massage & SPA

Apakah Shopee Video Bisa Unggah Video dari Komputer?

Berapa Tarif Parkir Inap di Bandara Ahmad Yani Semarang Tahun 2022?

Kenapa Paket Xtra Combo Flex Tidak Ada di Aplikasi MyXL ?