Berkenalan dengan ROG Strix Series yang Lebih Powerful

Saat mengumumkan kemarin laptop gaming ROG terbarunya di Kota Semarang, ASUS Indonesia membawa 2 laptop barunya yang baru tiba di Indonesia. Adalah ROG Strix SCAR 16/18 dan ROG Strix G16/G18. Kesan pertamanya adalah super kokoh.

Kedua laptop ini tampil pertama kalinya dihadapan kami, mungkin di Indonesia juga (acara yang sama). Dua varian ROG Strix ini, baik Scar maupun G, sama-sama punya layar ukuran 16 dan 18 inci. 

Seperti yang dikatakan Mas Firman, Head of Public Relation ASUS, tren layar besar memang sedang diminati. Bahkan, sejak tahun 2023 dengan ukuran 18 inci banyak dihadirkan saat itu.

Lebih powerful

Dalam persentasi, ROG Strix SCAR 16/18 kemampuannya lebih ditingkatkan yang dibekali CPU Intel® Core™ i9-14900HX dengan TDP hingga 65W, serta GPU NVIDIA GeForce RTX™ 4090 dengan TGP hingga 175W. 

Dengan spesifikasi tersebut, membuat laptop gaming ini dipastikan dapat melibas semua game yang ada di platform PC tanpa terkecuali. Apalagi laptop gaming ini sudah dibekali dengan layar ROG Nebula HDR yang menggunakan panel Mini LED.

Serta sistem pendingin yang dibekali dengan tiga kipas. Performanya yang sangat kencang juga membuat laptop gaming ini sangat ideal untuk eksperimen AI.

Sedangkan saudranya, ROG Strix G16/G18 juga dibekali dengan layar ROG Nebula Display dan opsi GPU hingga GPU NVIDIA GeForce RTX™ 4080. 

Meski demikian, laptop ini masih ditenagai oleh CPU hingga Intel® Core™ i9-14900HX dengan TDP hingga 65W dan sistem pendingin tiga kipas yang dapat menjaga suhu operasionalnya secara optimal.

Spesifikasi

Untuk spesifkiasi ROG Strix Scar 2024, detailnya bisa dilihat di bawah ini. Penyimpanannya lebih 2TB sangat melegakan. Dukungan thunderblot 4 juga memberi akses yang super cepat. 

Lalu, untuk spesifikasi ROG Strix G 2024 kurang lebih sama sebenarnya meski berbeda. Lho, lah. Silahkan bandingkan saja dengan di bawah ini.

Pengalaman langsung

Sebagai laptop gaming, ROG masih menjadi laptop gaming terbaik di Indonesia. Kami beruntung bisa merasakan pengalaman langsung memegang dan mencoba ROG dari varian Strix ini. Namanya juga laptop gaming, kesan kokoh dan berat sudah lumrah. Yang menarik perhatian kami kali ini adalah Armoury Crate. 

Yaitu, sofware utilitas yang dirancang untuk memberikan kontrol pada produk game ROG yang didukung. Pantes saja tombol keyboard-nya lebih banyak dari laptop biasa, ternyata ada beberapa fungsi.

Meski laptop gaming ini didukung pengisian dengan kabel USB tipe C, disarankan untuk tetap memakai kabel asli dari si laptop. Kabel pengisian tipe C meski sama dengan yang digunakan untuk smartphone, tetap saja dukungannya berbeda. Jika tetap dicolokkan, maka bukannya ngisi malah baterainya terus berkurang.

Oh ya, karena ini laptop gaming juga, maka port LAN juga tersedia. Tahun 2024, kecepatan LAN di laptop ROG Strix ditingkatkan. Bila sebelumnya mencapai 1 Gbps, kali ini ditingkatkan menjadi 2,5x yang dapat mencapai 2,5 Gbps. Main game spesikasi tinggi tidak masalah pastinya.

Sayangnya, kami tidak diberitahu berapa harga laptop keduanya ini yang masih disembunyikan. Apakah akan dilaunching pada acara yang lebih besar ke depannya?  Berapa ya kira-kira?   

Artikel terkait :

Comments

Popular posts from this blog

Sego Bancakan Pawone Simbah, Tempat Makan Baru di Kota Lama Semarang

Review : Gunakan Layanan Maxim Life Massage & SPA

Apakah Shopee Video Bisa Unggah Video dari Komputer?

Berapa Tarif Parkir Inap di Bandara Ahmad Yani Semarang Tahun 2022?

Kenapa Paket Xtra Combo Flex Tidak Ada di Aplikasi MyXL ?