Festival TIK 2023 digelar Kota Semarang, Catat Waktunya

Acara tahunan Relawan Teknologi Informasi dan komunikasi (TIK) Indonesia hadir kembali tahun ini yang sudah berjalan ke-12 kali. Dan Kota Semarang didapuk jadi tuan rumah yang acaranya akan digelar pada tanggal 27-28 Oktober besok. 

Sampai halaman ini diterbitkan, lokasi tepatnya acara ini diselenggarakan masih belum kami ketahui. Di akun resmi Instagram-nya juga belum ada menaruh di mana acara ini nanti digelar. 

Tema 

Tahun 2023, Festival TIK akan mengusung tema Manunggaling Kawula Digital. Dalam unggahannya di Instagram, tema ini bermakna menyatunya kita selaku pengguna (user) dengan teknologi digital.

Istilah ini awalnya populer di masyarakat Jawa dengan kalimat Manunggaling Kawula Gusti. Maknanya adalah tentang seseorang hamba yang sangat dekat dengan Tuhannya. 

Begitu dekat sehingga diibaratkan seperti gula dan manisnya. Istilah ini mengakar dalam ragam sendi kehidupan masyarakat Jawa.

Dan karena inilah penyelenggara terinsipirasi yang melihat kondisi teknologi dan digitalisasi saat ini yang telah menjadi bagian kehidupan, menyatu atau Manunggal.

Menarik melihat tema ini menurut kami, apalagi penyelenggara menyinggung generasi Z dan generasi Alpha yang dianggap sebagai tulang punggung masa depan bangsa. Generasi ini sangat aktif dalam memanfaatkan berbagai kemudahan teknologi digital.

Rangkaian acara

Meski tempat penyelenggaraan belum dibocorkan oleh penyelenggara, rangkaian acaranya sudah tersedia di website festivaltik.id. 

Ada 2 sesi, yaitu tanggal 27 Oktober dan 28 Oktober. Paling padat terlihat pada hari pertama dengan serangkaian acara seperti 

  • Pembukaan
  • Penandatangan MoU Mitra Kolaborasi
  • Diskusi nasional
  • Gala Dinner 
  • RTIK Award
  • Pagelaran Wayang Kulit

Hari keduanya, penyelenggara akan mengajak peserta menjelajah Kota Semarang dan silaturahmi RTIK Indonesia. Kami harap, beberarpa destinasi wisata Kota Semarang jadi tujuan jelajah, seperti kawasan Kota Lama, Kampung Melayu, dan masih banyak lagi.

...

Di Kota Semarang sendiri ada perwakilan Relawan TIK yang sempat dikukuhkan secara resmi sebagai komunitas pada tahun 2018 bersamaan komunitas Semarang lainnya. Bahkan, peresmiannya dilantik dihadapan Wakil Wali Kota Semarang, Ketua DPRD Kota hingga perwakilan Diskominfo Jateng.

Mari menunggu info terbaru, khususnya tempat pelaksanaan acara. Dari kegiatan ini, kita dapat melihat ekosistem digital berkembang. Sudah sejauh mana kira-kra?

Artikel terkait :

Comments

Popular posts from this blog

Sego Bancakan Pawone Simbah, Tempat Makan Baru di Kota Lama Semarang

Review : Gunakan Layanan Maxim Life Massage & SPA

Apakah Shopee Video Bisa Unggah Video dari Komputer?

Berapa Tarif Parkir Inap di Bandara Ahmad Yani Semarang Tahun 2022?

Kenapa Paket Xtra Combo Flex Tidak Ada di Aplikasi MyXL ?