16 Tahun Peringatan Hari Blogger Nasional; Menulis Blog dengan AI?

Akhirnya tiba di sini kembali. Peringatan Hari Blogger Nasional yang diperingati setiap tanggal 27 Oktober. Dan tahun 2023 ini, usia peringatannya sudah berjalan ke-16 kalinya (tahun). Bagaimana kabar bloger sekarang?

Kabar kami, cukup baik. Meski harus bekerja ekstra 2 kali lipat karena harus membagi fokus semenjak kehadiran video pendek (shorts video). Semoga yang lain juga.

Rasanya gairahnya cukup baik. Apalagi ada perusahaan yang mengkoordinir puluhan bloger di grup percakapan dari berbagai kota. Itu bukan BLUS (bloger ASUS), ada baru lagi. Cukup tahu saja.

Hari blogger

Di tengah hiruk pikuknya platform video pendek yang mengubah landscape pemasaran, sebagian bloger yang kami ketahui ada yang sangat aktif di sana. Bahkan, memutuskan berpaling dan meninggalkan rumah yang membesarkan namanya di jagad maya.

Begitulah perkembangan yang selalu dinamis. Mengikuti atau dilupakan. Meski tidak semua, beberapa pemilik blog ada juga yang tetap bertahan seperti kami. Memaksa mengambil semuanya yang ujung-ujungnya tidak konsisten. Wajar, pekerjaannya menjadi 2 kali lipat.

Selamat Hari Blogger Nasional kami ucapkan. Entah, masih ngeblog atau bertahan, para pemilik blog sudah seharusnya mendapatkan panggung kembali dan ucapan apresiasi. Kami hanya bisa sampai di sini (tulisan), tidak ada reward seperti saat menggelar Liga Blogger waktu dulu.

Penulis blog AI

Di Hari Blogger kali ini kami mengangkat tema 'Menulis dengan AI' atau terjemahannya AI Blog Writers bila dibaca dalam bahasa Inggris. Sebuah tantangan baru yang ke depan bakal mengubah tatanan, khususnya dunia pemasaran konten. 

Kita tahu, masih ada banyak perusahaan masih melirik para pemilik blog. Jika tidak ingin tertinggal atau hilang kesempatan, teknologi kecerdasan buatan atau AI sangat diperlukan.

Kemampuan AI sangat membantu dalam menemukan ide atau mengembangkannya menjadi sesuatu yang lebih mudah dan juga lebih efisien.

ChatGPT atau Google Bard, dua alat AI Generatif yang mungkin sudah kamu dengar namanya. Dan alat-alat seperti kami sebutkan di atas terus berkembang dan berdatangan.

Kekuatan AI yang membantu mengambil ide atau membuat konten darinya adalah jawaban yang selama ini dirasakan pemilik blog yang mendadak kehilangan gairah menulis atau terkena sindrom kebuntuan menulis atau writer's block.

Dalam artikel yang diposting Neal Schaffer di laman websitenya, ia memberikan referensi 15 alat penulisan AI. Itu luar biasa, daftarnya bisa dilihat di bawah ini.

  1. Writesonic
  2. Jasper
  3. Copy.ai
  4. Rytr
  5. AI Writer
  6. Scalenut
  7. INK
  8. Frase
  9. Quillbot
  10. Wordtune
  11. Article Forge
  12. ChatGPT
  13. Copysmith
  14. Grammarly
  15. Longshot

Ini baru 15, sepertinya akan terus bertambah. Tahan, kami yakin tidak semua pemilik blog akan menerima kemajuan teknologi ini meski manfaatnya nyata.

Haruskah Saya Menggunakan Penulis Blog AI?

Judul sub di atas masih kami ambil dari laman Neal. Di halamannya, Neal dengan tegas mengatakan tidak dengan capslock untuk penulisan blog dengan AI ini.

Meski begitu, kita disuruh memahami bahwa teknologi ini sudah dipakai beberapa perusahaan dan penulis konten. 

Alat pembuat konten AI sangat cocok untuk orang asing yang ingin menulis dengan bahasa Inggris. Seperti kita, orang Indonesia. Ditambah kekurangan pemahaman soal bahasa Inggris seperti kami.

Namun sayangnya, menggunakan perangkat lunak jenis ini dapat membuat kita tergelincir. Belum lagi dampak jangka panjangnya bila digunakan untuk konten blog harian.

Kami setuju dengan apa yang ditulis Neal. Teknologi yang mempermudah belum tentu cocok dengan penggunanya. Apalagi yang tidak menyukai generator AI.

Kami harus mengingatkan kembali, bahwa tujuan kita ngeblog itu apa. Tentu, seperti untuk optimasi mesin pencari. 

Apalagi Ai juga tidak bisa menceritakan kisah, memberikan perspektif yang kreatif dan unik. Atau dapat memberikan pengalaman dan keahlian unik kita. Ai juga tidak membangkitkan keterikatan emosional seperti yang dilakukan oleh penulis manusia.

Pada akhirnya yang membuat orang-orang datang ke blog kita, lebih lama karena konten menarik kita yang berada di peringkat mesin pencari yang lebih tinggi.

📷 Gambar : rekan bloger Semarang

...

Kami yang masih bertarung menjaga konsistensi antara menulis atau produktif di video pendek, rasanya tidak percaya bahwa teknologi AI juga mempengaruhi para pemilik blog hingga para penulis. Apakah kami akan menggunakannya? 

Belum saatnya, apalagi blog dotsemarang masih berbahasa Indonesia. Dan kami ingin tetap menjaga perspektif dan pengalaman kami tanpa bantuan AI. 

Selamat Hari Blogger sekali lagi. Tetaplah menulis apa pun yang terjadi. Tujuan ngeblog adalah menyederhanakan informasi dan memudahkan orang lain mengaksesnya. 

Artikel terkait :

Comments

  1. Menulis dengan AI? Sementara algoritma internet melakukan pencegahan thd tulisan berbasis AI?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebuah tantangan tentunya, ingin mencicipi bisa jadi sebuah kesempatan. Tapi, jangan bergantung padanya

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Sego Bancakan Pawone Simbah, Tempat Makan Baru di Kota Lama Semarang

Review : Gunakan Layanan Maxim Life Massage & SPA

Apakah Shopee Video Bisa Unggah Video dari Komputer?

Berapa Tarif Parkir Inap di Bandara Ahmad Yani Semarang Tahun 2022?

Kenapa Paket Xtra Combo Flex Tidak Ada di Aplikasi MyXL ?