TikTok Shop Ditutup


TikTok terpaksa harus mengubur ambisi besar mereka yang ingin menguasai pasar digital atau e-commerce Indonesia karena dianggap melanggar peraturan Perdagangan Melalui Sistem Elektronik (PMSE) oleh pemerintah.

Sejak awal bulan Agustus 2022, TikTok resmi mengubah fitur 'friends' menjadi 'shop'. Fitur yang ditunggu-tunggu masuk ke Indonesia yang sebelumnya sudah dikenalkan di beberapa negara.

4 Oktober 2023

Setelah gelombang besar yang meminta pemerintah menutup TikTok Shop, akhirnya pada awal bulan Oktober ini (tanggalnya ada di atas), pemerintah lewat Kementerian Perdagangan (Kemendag) resmi menutup TikTok Shop.

Yang ditutup fitur 'Shop' bukan TikTok-nya. Jadi, jangan beranggapan bahwa kita sudah tidak bisa menggunakan TikTok kembali.

Kembali menjadi fitur 'Friends'

Sejak dihilangkannya fitur shop, TikTok sekarang mengubah fiturnya kembali menjadi 'friends'. Lihat gambar cover. Mau gimana lagi, TikTok harus tunduk pada regulasi yang ditetapkan.

Entah langkah apa yang kemudian akan dilakukan TikTok untuk membuat fitur di sebelah 'Home' lebih menarik lagi. Apakah akan diganti lagi?

TikTok Shop boleh buka kembali, asal?

Perjalanan TikTok Shop memang mencengangkan kami yang hanya dalam setahun sukses membuat orang-orang melek belanja online hanya dengan platform video pendek.

Bahkan, kepopuleran TikTok sebagai video pendek membuat platform belanja online ikutan membuat platform video pendek di dalam aplikasinya.

TikTok lewat fitur belanjanya mencoba peruntungan dengan menghadirkan pengalaman belanja di dalam aplikasinya. Sayangnya, fitur shop harus ditutup pemerintah pada akhirnya.

Namun pemerintah tidak menutup kemungkinan mengizinkan kembali TikTok Shop kembali buka dengan syarat aplikasi TikTok sebagai video pendek terpisah dengan fiturnya, Shop.

Jika TikTok setuju, maka pengguna mau tidak mau akan menginstall aplikasi lagi yang dimiliki TikTok. Mirip install aplikasi Shopee. Namun entahlah, apakah TikTok mau melakukannya atau benar-benar melepaskannya saja.

...

Sebagai salah satu pengguna TikTok, dotsemarang pernah sekali mencoba belanja di TikTok Shop. Tidak ada bedanya dengan belanja di aplikasi semacam Shopee.

Meski kami tidak terpengaruh dengan tutupnya TikTok Shop, tetap saja disayangkan. Kami melihatnya sebagai sebuah terebosan baru dan bagaimana kolaborasi di sana dihasilkan. 

Mari menantikan kelanjutannya!

Artikel terkait :

Comments

Popular posts from this blog

Sego Bancakan Pawone Simbah, Tempat Makan Baru di Kota Lama Semarang

Review : Gunakan Layanan Maxim Life Massage & SPA

Apakah Shopee Video Bisa Unggah Video dari Komputer?

Berapa Tarif Parkir Inap di Bandara Ahmad Yani Semarang Tahun 2022?

Kenapa Paket Xtra Combo Flex Tidak Ada di Aplikasi MyXL ?