Generasi Stoberi, Apakah Itu?

Baru kemarin mendengar istilah generasi stoberi atau strawberry generation saat pulang dari Jogja. Kami pikir ini sebutan baru untuk Gen Z, mengingat generasi ini berada di bawah milenial. Ternyata...

Kami mengetahuinya dari radio yang sedang membahas generasi stoberi yang cirinya mirip dengan Gen Z. Masih muda, memiliki sisi kreatif dan banyak ide cemerlang.

Namun mudah hancur ketika mendapat tekanan sosial. Seakan mudah menyerah atau tidak mau bekerja keras dan mudah sakit hati juga.

Taiwan dan stoberi

Kenapa dengan negara Taiwan? Mengutip situs djkn.kemenkeu.go.id yang dipublish bulan Maret 2022 yang membahas generasi strawberry disebutkan di sana jika istilah generasi stoberi muncul dari Taiwan.

Istilah ini ditujukan kepada sebagian generasi baru yang lunak seperti buah strawberry. Pemilihan buah strawberry ini sendiri karena buahnya terlihat indah dan eksotis, namun begitu dipijak atau ditekan akan mudah hancur.

Ada pula yang menganggap bahwa generasi stroberi tidak harus dikelompokkan menurut usia. Istilah ini bisa berlaku bagi generasi tertentu yang memiliki karakter seperti buah stroberi. Karakter ini bisa muncul dalam kehidupan sehari-hari maupun saat bekerja - narasi.tv.

Generasi pemalas

Lingkungan dan pola asuh jadi faktor utama alasan generasi stoberi mudah rapuh. Dalam situs narasi.tv yang dipublish bulan April 2023 disebutkan jika didikan orang tua yang tidak bisa keras lantaran anak bisa merasa disakiti juga berpengaruh.

Bahkan, dengan pola didik orang tua yang overprotective membuat generasi ini tidak terbiasa dikritik, menghindari hal yang dianggap sulit, dan tidak mau mengambil resiko.

Generasi stoberi selalu menginginkan kesuksesan tapi maunya dilakukan dengan santai. Padahal untuk mencapai kesuksesan perlu adanya semangat juang yang tinggi.

Beberapa contoh kalimat yang sering dipakai generasi stroberi diantaranya 

  • healing
  • refreshing
  • self reward

Meski dikenal sebagai generasi yang lembek dan mudah rapuh, generasi stoberi memiliki sifat positif yang bisa dibanggakan seperti 

  • Menyukai tantangan
  • Tidak takut menyampaikan pendapat
  • Mengikuti perkembangan zaman
  • Bekerja sesuai passion
  • Kreatif

....

Halaman ini masih sekedar kulit luarnya saja. Setidaknya, kita tahu bahwa generasi stoberi ada saat ini dan bahkan kami mengalaminya sendiri, maksudnya terlibat dengan generasi ini.

Dua website yang kami sebut di atas sebenarnya masih banyak isinya, terutama djkn.kemenkeu.go.id yang sangat dalam membahas. Termasuk hubungan dengan orang tua dan lainnya. Jika penasaran bisa buka link-nya di sini.

Apakah kamu salah satu generasi stroberi?

Artikel terkait :

Comments

Popular posts from this blog

Sego Bancakan Pawone Simbah, Tempat Makan Baru di Kota Lama Semarang

Review : Gunakan Layanan Maxim Life Massage & SPA

Apakah Shopee Video Bisa Unggah Video dari Komputer?

Berapa Tarif Parkir Inap di Bandara Ahmad Yani Semarang Tahun 2022?

Kenapa Paket Xtra Combo Flex Tidak Ada di Aplikasi MyXL ?