Pornas Korpri 2023 : Tim Futsal Jateng Sukses Juara di Rumah Sendiri

Diikuti 42 tim atau kontingen yang berpartisipasi dalam cabang olahraga futsal Pornas Korpri XVI atau 2023, tim futsal tuan rumah (Jateng) sukses menyabet juara dan berhak mengalungi medali emas. Perjalanan yang mulus?

Ini adalah pengalaman pertama kami mengikuti sebuah tim dalam sebuah pertandingan futsal resmi. Tentu, diantara 10 cabang olahraga, futsal adalah favorit kami. Terima kasih Disporapar Provinsi Jawa Tengah memberi kami akses buat liputan kegiatan.

Grup P

Perjalanan tim futsal Jateng dimulai dari grup P yang berisikan hanya ada 3 tim, termasuk tuan rumah. Tim-tim tersebut diantaranya 

  1. Jawa Tengah
  2. Kemenkeu
  3. Taspen

Pertandingan pertama saat melawan Kemenkeu, kami dibuat was-was. Tim Jateng dipaksa imbang melawan Kemenkeu (Kementerian Keuangan). 

Hari berikutnya, Jateng bertemu Taspen yang sebelum melawan Jateng, tim Taspen sudah dicukur duluan oleh Kemenkeu dengan skor mencolok 20-1. Sepertinya Jateng juga akan membabat tim Taspen?

Ternyata benar dugaan kami. Bertanding pada tanggal 18 Juli, sehari setelah melawan Kemenkeu, Taspen benar-benar dibuat tak berdaya. Jateng sukses mengambil puncak klasmen usai membantai Taspen dengan skor 24-0. 

Di sini, kami malah merasa sedih dengan Taspen. Tidak apa-apa, tujuan olahraga sesungguhnya adalah sportivitas dan persahabatan.

Babak 32 besar

Menjadi juara grup P, langkah Jateng berikutnya masuk ke babak 32 besar dan menghadapi Kemnaker (Kementerian Ketenagakerjaan). 

Menyelesaikan babak pertama dengan skor tipis 1-0, lalu menambah pundi-pundi 2 gol yang salah satunya gol bunuh diri pemain Kemnaker, Jateng melanjutkan langkahnya ke babak 16 besar.

Babak 16 besar

Ada tim Papua Barat Daya yang menjadi lawan berikutnya. Meski bukan tim Papua yang dihiasi mantan pemain Persipura yang kami perhatikan di lapangan sebelah, Papua Barat Daya tetaplah ancaman menurut kami.

Mereka unggul dari sisi fisik dan skill individu yang harus diwaspadai. Meski begitu, kami tetap percaya tim Jateng mampu melewati karena strategi permainan yang semakin mateng, khususnya jeli memanfaatkan ruang lebar lapangan.

Bermain hari berikutnya, tanggal 19 Juli, tim Jateng sukses menang dengan skor tipis, yaitu 1-0. Seperti prediksi kami, tim Papua Barat Daya sangat menyulitkan permainan.

Babak 8 besar (Perempat final)

Sangat disayangkan babak 8 besar harus kami lewatin karena ada agenda lain. Tim Jateng bertemu dengan Sulawesi Selatan.

Bila melihat dari skor, tim Jateng hanya menang tipis 1-0 saja. Apakah tim SulSel sama kuat seperti tim Papua Barat Daya? 

Semi final

Ternyata babak perempat final langsung diadakan satu hari, itu artinya dalam sehari tim Jateng bermain 2 kali. Sama persis seperti sebelumnya di babak 16 besar. 

Di perempat final, tim Jateng bertemu dengan Kalimantan Tengah. Sama seperti saat melawan Sulses, kami tidak mengikutinya kembali pertandingan yang selesai dengan kemenangan tim Jateng dengan skor 3-0. Skor yang mencolok untuk babak semi final.

Final

Tim Jateng bertemu dengan DKI Jakarta, salah satu tim kuat yang bahkan sukses mengubur tim Papua yang bertabur bintang untuk mempertahankan gelarnya.

Karena final, kami yang masih berkegiatan di acara lain, mau tidak mau harus meminta izin untuk bisa menyaksikan pertandingan final futsal secara langsung.

Seperti yang diharapkan, pertandingan final sangat seru dan menarik. Bahkan, sempat membuat suasana memanas. Syukurlah, pertandingan berjalan hingga selesai dengan sangat baik.

Jateng sangat bekerja keras melawan DKI Jakarta yang di atas kertas, strategi yang diterapkan hampir sama. Yaitu, memanfaatkan lebar lapangan.

Momentum akhirnya jatuh ke tim DKI Jakarta yang sukses mencetak gol pertama, sebelum akhirnya Jateng memaksa skor imbang 1-1 di babak pertama. 

Babak kedua dilanjutkan yang kali ini momentum ada di pihak Jateng. Skor berubah, Jateng unggul menjadi 2-1. Namun sayangnya, DKI Jakarta tidak ingin lama-lama bertahan dengan skor kalah. Mereka menyamakan kedudukan menjadi 2-2.

Menit-menit krusial yang tanpa sadar sudah memicu permainan lebih intens seperti akan mengatakan bahwa pertandingan akan diselesaikan dengan adu pinalti.

Namun harapan tersebut tidak jadi, Jateng sukses mencuri gol yang membuat tim Jateng unggul 3-2 hingga akhir.

Dengan kemenangan ini, tim Jateng sukses menjadi juara utama dan berhasil mempersembahkan medali emas buat tim Pornas Korpri Jateng. 

Sumbangsih yang sangat berharga tentunya, apalagi secara keseluruhan tim Pornas Jateng meraih peringkat pertama dengan jumlah perolehan medali terbanyak.

Perjalanan

Untuk melihat update tim-tim kontingen lain, bisa cek ke instagram @afpjateng. Akun resmi Asosiasi Futsal Jawa Tengah ini sangat update dan lengkap membagikan info pertandingan futsal Pornas Korpri XVI.

Di bawah ini, rekap perjalanan tim futsal Pornas Korpri Jateng.

  • Jateng 2-2 Kemenkeu
  • Jateng 24-0 Taspen
  • Jateng 3-0 Kemnaker
  • Jateng 1-0 Papua Barat Daya
  • Jateng 1-0 Sulawesi Selatan
  • Jateng 3-0 Kalimantan Tengah
  • Jateng 3-2 DKI Jakarta

...

Sangat disayangkan kembali bahwa kami absen saat tim futsal Jateng dikalungi medali di GOR Jatidiri. Saat selesai final sebelumnya, tidak ada perayaan atau kalungan medali. 

Pemberian medali baru dilakukan beberapa jam kemudian, bersamaan penutupan event Pornas Korpri XVI yang turut dihadiri Menpora.

Selamat buat tim futsal Jawa Tengah!

Artikel terkait :

Comments

Popular posts from this blog

Sego Bancakan Pawone Simbah, Tempat Makan Baru di Kota Lama Semarang

Review : Gunakan Layanan Maxim Life Massage & SPA

Apakah Shopee Video Bisa Unggah Video dari Komputer?

Berapa Tarif Parkir Inap di Bandara Ahmad Yani Semarang Tahun 2022?

Kenapa Paket Xtra Combo Flex Tidak Ada di Aplikasi MyXL ?