Akhirnya Digelar Juga, Seperti Apa Acara Festival Kota Lama Semarang Tahun 2020 Dilaksanakan Di Saat Pandemi?

Sempat dibatalkan karena terdampak pandemi, meski sudah merilis poster, acara tahunan Festival Kota Lama akhirnya tetap digelar tahun ini. Hanya bergeser bulan dari awalnya September menjadi Oktober. Meminimalisir penyebaran koronavirus, acara dilakukan dengan mengikuti adaptasi kebiasaan baru atau new normal. Penasaran?

Festival Kota Lama tahun 2020 resmi digelar dari tanggal 23 Oktober - 1 November. Karena harus dilaksanakan saat masa pandemi, kegiatan dilakukan dengan cara berbeda. Terutama lokasi yang dulu-dulunya ditaruh di ruang terbuka (jalanan), kali ini dilakukan di dalam gedung atau bangunan. Ada 3 gedung diantaranya :

  1. Gedung Geo Wehry & Co (Bazar)
  2. Gedung (GKBI) Gabungan Koperasi Batik Indonesia (Bazar)
  3. Gedung Soesman

Dilakukan terbatas dan lewat pemesanan tiket online

Dua tahun terkahir gelaran acara, panitia sudah tidak lagi sama. Kami yang biasanya ikut kegiatan konferensi pers dan banyak mendapatkan informasi, hari ini harus mengulik sendiri dari berbagai sumber untuk dijadikan artikel di halaman yang kamu baca ini.

Mengambil info dari Instagram festivalkotalama, gelaran untuk tahun ini dilakukan sesuai konsep protokol kesehatan, yaitu dilakukan dengan tempat terbatas dan tiket masuk yang dipesan secara online.

Jadi, kamu yang tertarik untuk datang harus pesan tiket dulu yang tiketnya tersedia di alamat bio Instagram. Silahkan lakukan pemesanan di sana.

Yang menarik juga dari acara adalah transaksi non tunai (Cashless). Kehadiran kembali Gojek yang menjadi salah satu brand yang bekerja sama seperti tahun sebelumnya memberi fasilitas transaksi seperti yang diharapkan.

Selain itu ada Shopee yang juga digandeng dan terlihat dari poster bahwa mereka ikut ambil bagian dalam kerja sama. Sepertinya produk sistem pembayaran digital Shopee, yakni ShopeePay, terus unjuk diri dalam aktivitas transaksi non tunai di tanah air. 

Sedangkan untuk jumlah pengunjung yang dibatasi, mengutip jateng.tribunnews, hanya ada 50 pengunjung yang diperbolehkan masuk setiap gedung. Itu artinya bila pengunjung di dalam gedung masih sekitar 50 an, dan belum berkurang, kamu harus bersabar menunggu. 

Jam dibukanya acara juga berbeda antara hari biasa dan akhir pekan. Catat waktunya berikut ini

  • Weekend - 11.00 - 21.00 wib
  • Weekday -  15.00 - 21.00 wib

Pesan online dari rumah saja

Gelaran Festival Kota Lama tahun 2020 ini membawa 4 konsep acara, yaitu :

  1. Pasar Sentiling
  2. Festival Kuliner Nusantara
  3. Festival Makanan Internasional
  4. Penampilan Musik

Untuk kuliner yang membawa 2 rasa, yaitu lokal dan Internasional, kita dapat memesannya juga meski tidak datang ke acara lewat aplikasi GoFood. Itu artinya, kita dapat menikmati makanan yang sama dari rumah saja. Selengkapnya kamu bisa kepoin Instagram official mereka.

Berikut daftar kuliner yang yang tertera di baliho yang terpasang di kawasan Kota Lama Semarang :

10 hari

Tema yang diusung gelaran Festival Kota Lama adalah Kuno, Kini dan Nanti. Secara keseluruhan kegiatan dilakukan selama 10 hari. Masih sama seperti tahun lalu.

Bila mengikuti informasi yang kami terus update di blog dotsemarang, kategori Festival Kota Lama, acara ini sudah memasuki tahun ke-9.

...

Panitia Festival Kota Lama tahun 2020 ini kami pikir sangat bekerja keras untuk mengusahakan acara tetap berlangsung. Semacam jadi contoh untuk acara-acara lain di masa depan bahwa masa pandemi bisa tetap dilakukan. 

Dua saluran media sosial, Instagram (@festivalkotalama) dan Twitter (@festkotalama), juga sangat dimaksimalkan. Sayangnya saat kami mampir ke website festivalkotalama.com, informasi yang ditulis masih belum berubah. 

Selamat bersenang-senang di Festival Kota Lama 2020.

Artikel terkait :

Comments

Popular posts from this blog

Sego Bancakan Pawone Simbah, Tempat Makan Baru di Kota Lama Semarang

Review : Gunakan Layanan Maxim Life Massage & SPA

Berapa Tarif Parkir Inap di Bandara Ahmad Yani Semarang Tahun 2022?

Apakah Shopee Video Bisa Unggah Video dari Komputer?

Kenapa Paket Xtra Combo Flex Tidak Ada di Aplikasi MyXL ?