Cari Toilet di Kota Lama Semarang, Coba Ke Minimarket Ini

Meski toilet di Kota Lama tersedia beberapa, kadang kita lupa dan tidak mau ribet. Apalagi sedang dipakai dan penuh, alternatifnya pergi ke kafe yang menyediakan toilet. Tunggu dulu, coba di sini.

Kami berhenti sejenak, melihat papan nama minimarket yang sudah kami tulis sejak tahun 2017. Tahun itu, minimarket dengan brand warna biru ini baru buka.

Kota Lama Semarang meski pandemi tetap ramai dikunjungi masyarakat. Terlebih lagi tren sepeda yang membuat kawasan cagar budaya ini tak pernah sepi, bahkan pagi hari.

Jika tidak begitu ramai, toilet bukanlah tempat berharga. Tapi sebaliknya, malah jadi tempat yang harus dijaga dan ditungguin dari orang-orang yang mengantri juga.

Salah satu aspek penting tempat wisata adalah toilet. Belum bicara tentang kebersihan dan seperti apa toiletnya, kebutuhan jumlah sepertinya juga penting.

Andalkan kafe atau rumah makan

Ilustrasinya adalah malam yang penuh sesak berkunjung. Beberapa orang tampak ingin segera ke toilet. Sial, penuh sesak. Pilihan alternatif mungkin bisa pergi ke kafe yang sangat menjamur di Kota Lama. Termasuk rumah makan.

Tunggu dulu, masih ada satu pilihan bila kamu jeli. Cobalah ke minimarket di sana, depan gedung Spiegel. Memang hanya ada satu saja, tapi setidaknya bila kosong saat kamu butuh, sungguh itu melegakan.


Semenjak minimarket memberi simbol seperti di atas, kami tahu bahwa itu artinya mereka menyediakan fasilitas toilet di dalamnya. Memang kita, setidaknya berbelanja dulu, masa asal gunakan saja. 

...

Kebutuhan toilet sangat penting di tempat wisata. Kota Lama adalah kota kecil tersendiri yang dapat dinikmati untuk berwisata tanpa harus membayar tiket masuk.

Karena di dalam kota kecil memiliki bagian-bagian sendiri untuk menarik perhatian, tidak banyak toilet yang disediakan. Ada pun dikelola oleh masing-masing bagian kecil tersebut, seperti kafe, rumah makan, minimarket atau jasa tempat toilet.

Jangan lupa disiram dan tetaplah membayar untuk bantu mereka membersihkan.

Artikel terkait :

Comments

Popular posts from this blog

Sego Bancakan Pawone Simbah, Tempat Makan Baru di Kota Lama Semarang

Review : Gunakan Layanan Maxim Life Massage & SPA

Berapa Tarif Parkir Inap di Bandara Ahmad Yani Semarang Tahun 2022?

Apakah Shopee Video Bisa Unggah Video dari Komputer?

Kenapa Paket Xtra Combo Flex Tidak Ada di Aplikasi MyXL ?