4 Cara Meningkatkan Sistem Imun Tubuh


Kamis kemarin (20/2) kami punya agenda penting mengikuti kegiatan promosi yang dilakukan Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Provinsi Jawa Tengah. Sayangnya upaya yang kami berikan tidak optimal, hujan yang menyertai perjalanan benar-benar mengganggu konsentrasi kami.

Hujan dari semalam sebelumnya masih saja berlangsung saat kami tiba di kantor Disporapar yang berada di jalan Pemuda pagi harinya. Kami tidak menyangka hujan itu menyebabkan beberapa peserta mengalami sakit. Termasuk kami.

Sistem imun yang menurun

Kami pikir sudah menjalani hidup sehat dengan rutin berolahraga, menjaga pola makan sehat dan tidur teratur. Namun siapa sangka, momen kegiatan malah terserang flu. Sistem imun tubuh kami seperti mudah ditembus saja waktu itu.

Musim hujan yang melanda sekarang ini memang tak menentu. Kadang pagi hujan, kadang sore hingga malam. Dan sebaliknya.

Kekhawatiran flu yang menyerang membuat kami khawatir tentang virus Corona yang sedang ramai dibicarakan. Ah, tidak mungkin, pikir kami. Kami membuang pikiran itu dan tetap mengikuti kegiatan hingga akhir.

4 Cara meningkatkan sistem imun

Tidak ada yang dapat menduga kapan penyakit tiba di tubuh kita. Yang ada, kita bisa memulainya dengan cara mencegahnya, yaitu dengan cara yang mudah dilakukan seperti berikut ini.

1. Olahraga teratur

Ketika kami bicara di awal paragraf bahwa kami sudah berusaha teratur dengan olahraga, kami pikir harus ditambah intensitasnya. Maklum saja, olahraga yang kami lakukan tidak setiap hari. Setidaknya seminggu ada dua kali.

Menurut profesor kesehatan masyarakat dan direktur Human Performance Lab di Appalachian State University, David Nieman, menyebutkan bahwa salah satu faktor penting untuk sistem imun yang baik adalah olahraga.

Setidaknya setiap hari dilakukan dengan durasi 30 hingga 60 menit untuk lebih mengoptimalkan fungsi kekebalan tubuh. Olahraga yang dilakukan sebaiknya yang ringan seperti jalan cepat, bersepeda dan berlari.

Dan sebaliknya, menurut profesor, olahraga berat atau berintensitas tinggi sebaiknya tidak dilakukan karena hormon stres akan naik dan sistem imun tidak merespon dengan baik.

Perlu diingat, ketika seseorang sudah terkena flu atau demam, sebaiknya tidak berolahraga dulu. Karena olahraga hanya bisa membantu mencegah penyakit.

2. Tidur teratur

Mulai sekarang pikirkanlah untuk menjaga pola tidur. Kami percaya ketika seseorang bertambah dewasa, waktu tidurnya pun haruslah lebih banyak. Maksimal 8 jam seperti yang dianjurkan.

Bila berhubungan dengan pekerjaan yang belum selesai memang menjadi beban. Dan di situlah semua dimulai bagaimana sistem imun kita sangat rapuh ketika musim penghujan khususnya.

3. Pola makan sehat

Jauhilah makan cepat saji meski itu menggiurkan. Meski akhirnya mengkonsumsinya, setidaknya berilah batasan. Jaga pola makan sehat seperti makan sayur dan buah.

Menurut Dr Jason Goldsmith, kebanyakan orang saat ini tidak khawatir tentang kekurangan gizi. Namun banyak orang yang tidak mempedulikan kandungan makanan yang dikonsumsi, vitamin dan mineral. Vitamin B, vitamin C dan vitamin D sangat penting yang berfungsi menjaga kekebalan tubuh.

Menemukan buah yang banyak mengandung vitamin bisa dicoba dengan mengkonsumsi Apel, jeruk dan lainnya. Mendapatkannya pun sangat mudah. Selain toko buah, kita dapat membelinya di minimarket, tukang sayur hingga pasar tradisional.


Kami sangat menyukai apel berwarna merah atau apel washington. Bagaimana denganmu? Apakah sama atau kamu lebih suka mengkonsumsi buah lainnya seperti jeruk?

4. Tersenyumlah

Apa hubungannya dengan sistem kekebalan tubuh? Sepertinya tidak ada. Hanya saja, semua aktivitas tidak dapat dilakukan saat perasaan sedang buruk.

Semisal saat berolahraga, niat sudah bulat ingin pergi. Tapi karena perasaan galau melanda, niat tersebut gagal. Dipaksain pun hanya menjadi sia-sia karena beban pikiran.

Cobalah untuk tersenyum dan berbahagia meski itu sulit. Kami percaya tersenyum dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

...

Di musim penghujan saat ini, kami harap kamu tidak mengalami hal yang sama seperti kami. Mendadak flu dan demam. Apalagi sedang beraktivitas dan itu sangat menggangu sekali.

Mari meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh. Mulai dari olahraga hingga mengkonsumsi buah. Kami sudah memberi 4 cara yang bisa dicoba. Sebaiknya, dilakukan semua.

Referensi : kompas.com

Artikel terkait :

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Sego Bancakan Pawone Simbah, Tempat Makan Baru di Kota Lama Semarang

Review : Gunakan Layanan Maxim Life Massage & SPA

Berapa Tarif Parkir Inap di Bandara Ahmad Yani Semarang Tahun 2022?

Apakah Shopee Video Bisa Unggah Video dari Komputer?

Kenapa Paket Xtra Combo Flex Tidak Ada di Aplikasi MyXL ?