12 November, Diperingati Hari Kesehatan Nasional


Untuk pertama kalinya kami membuat tulisan tentang Hari Kesehatan nasional (HKN) yang diperingati setiap tanggal 12 November. Tahun ini (2019), HKN jatuh pada hari Selasa. Apakah kamu tahu HKN ?

Sudah 55 tahun peringatan ini diperingati dan tahun 2019, HKN membawa tema "Generasi Sehat, Indonesia Unggul". Tujuannya sendiri (2019) adalah untuk mengajak masyarakat agar memiliki budaya hidup sehat, dan meninggalkan kebiasaan atau perilaku yang kurang sehat.

Momentum tepat

Hari Kesehatan Nasional adalah momen yang sangat tepat buat kami untuk memberitahukan beberapa postingan kami yang berkategori 'KESEHATAN'. Kami, dotsemarang, tidak melulu berbicara tentang Semarang di blog. Seiring waktu, kami banyak kesempatan untuk membawa artikel kesehatan.

Memang kami bukan blog yang mengkhususkan diri di bidang kesehatan. Meski begitu, kami juga ingin sedikit berkontribusi lewat artikel-artikel yang kami buat selama ini.

Sejarah HKN

Bicara sejarah lahirnya Hari Kesehatan Nasional, kami mendapatkan artikel dari situs health.detik.com yang dipublish hari ini, 12 November dengan judul 'Sejarah Hari Kesehatan Nasional yang Diperingati Setiap 12 November'.

Sejarahnya sendiri terjadi pada era Presiden Soekarno, sekitar tahun 1950an. Di mana saat itu terjadi wabah penyakit malaria yang paling banyak diderita oleh rakyat indonesia dan ratusan ribu korban jiwa terkena malaria.

Upaya besar-besaran dilakukan saat itu dengan membentuk Dinas Pembasmian Malaria pada tahun 1959. Kemudian pada bulan Januari 1963, namanya berubah menjadi Komando Operasi Pemberantasan Malaria (KOPEM). Ada WHO dan USAID yang ikut bekerja sama dan merencanakan pada tahun 1970 malaria akan hilang dari Indonesia.

Tanggal 12 November 1959 dilakukan simbolis penyemprotan oleh Presiden Soekarno di Desa Kalasan, Yogyakarta. Dan itu kemudian ikut dilakukan di seluruh Jawa, Bali dan Lampung.

Selanjutnya, kegiatan penyemprotan DDT atau Dichloro Diphenyl Trichloroethane juga dibarengi dengan kegiatan pendidikan kesehatan atau penyuluhan kepada masyarakat.

Lima tahun kemudian, sekitar 63 juta penduduk telah mendapat perlindungan dari penyakit malaria. Keberhasilan pemerintah dalam membasmi malaria tersebut, kemudian diperingati sebagai Hari Kesehatan Nasional (HKN) pertama pada tanggal 12 November 1964.

Hal itu kemudian menjadi titik awal kebersamaan seluruh komponen bangsa dalam pembangunan kesehatan di Indonesia.

...

Selamat Hari Kesehatan Nasional untuk masyarakat Indonesia. Sesuai dengan tujuan utama HKN tahun ini, yakni sebagai pengingat bahwa derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya akan terwujud, apabila semua komponen bangsa ikut berperan dalam upaya kesehatan, serta mengkampanyekan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS).

Jangan lupa mampir postingan kami tentang kesehatan di sini.

Artikel terkait :

Comments

Popular posts from this blog

Sego Bancakan Pawone Simbah, Tempat Makan Baru di Kota Lama Semarang

Review : Gunakan Layanan Maxim Life Massage & SPA

Berapa Tarif Parkir Inap di Bandara Ahmad Yani Semarang Tahun 2022?

Apakah Shopee Video Bisa Unggah Video dari Komputer?

Kenapa Paket Xtra Combo Flex Tidak Ada di Aplikasi MyXL ?