Skip to main content

5 Mitos Seputar Penyakit Kanker


Dikenal sebagai penyakit yang mematikan, kesadaran mengenai kanker, penyebab, gejala, dan pengobatannya masih rendah. Ditambah lagi dengan kurangnya informasi, ada banyak mitos mengenai kanker. Berikut beberapa mitos yang beredar di masyarakat.

Ini adalah lanjutan dari artikel sebelumnya, saat kami menghadiri media gathering dari Parkway Hospitals Singapore, hari Kamis (24/10) di hotel Grandhika.

Dijawab oleh dua dokter Singapura

Menurut data dari The Global Cancer Observator (Globocan) menunjukkan pada tahun 2018, terdapat 18,1 juta kasus kanker di dunia dengan angka kematian mencapai 9,6 juta orang.

Dr Richard Quek, Konsultan Senior Ahli Onkologis Medis Parkway Cancer Center.
Dr Poh Beow Kiong, Konsultan Senior Urologi Gleneagles Hospital Singapore.

Data tersebut menyatakan bahwa 1 dari 8 pria dan 1 dari 11 wanita meninggal karena kanker. Kanker adalah penyakit yang ditandai dengan pertumbuhan sel tak terkendali, invasi tumor, penyebaran kanker dan kerusakan pada organ tubuh yang sehat.

Beberapa mitos dimunculkan dalam diskusi. Ada 6 mitos sebenarnya, namun 1 mitos tidak dibahas karena sepertinya sudah umum. Dua dokter dari Singapura menjawab untuk mitos-mitos yang berkembang.

Mitos 1 : Jika saya tidak memiliki anggota keluarga yang terkena kanker, saya tidak terkena kanker


Menurut Dr. Richard Quek, "kanker dapat menyerang siapapun bahkan jika tidak ada sejarah kanker di dalam keluarga. Kemungkinannya terkena kanker bisa jadi lebih kecil tapi jelas tetap ada."

Seiring waktu, semakin umur kita bertambah tua, kemampuan sel tubuh kita untuk memperbaiki diri semakin berkurang. Maka, semakin tua potensi terkena kanker akan semakin besar dibandingkan dengan orang yang muda. Meskipun tidak ada riwayat genetik, tetap ada. Semakin tua, kemungkinannya juga semakin besar.

Sebaliknya, jika ada kerabat yang masih muda terkena kanker, terutama jika ada banyak yang seperti itu, maka kita patut curiga bahwa kemungkinkan ada kelainan genetik yang diturunkan dari satu generasi ke generasi selanjutnya.

Dalam kasus macam ini, kita harus sangat waspada. Konsultasikan dengan dokter dari awal dan sangat direkomendasikan supaya kita melakukan tes skrining.

Mitos 2 : Kaum muda tidak mungkin terkena kanker? 


Apakah orang muda bisa terkena kanker? Jawabannya bisa. Karena terjadi mutasi genetik khusus dan ini bukan karena turunan. Mutasi genetik ini tidak akan menurun pada keturunannya. Dan apa yang memicu mutasi tersebut, masih belum diketahui.

Kanker yang terjadi pada kaum muda juga meningkat beberapa tahun belakangan ini. Contohnya adalah melanoma atau kanker kulit. Kebiasaan kita yang sering terkena sinar matahari, menghabiskan waktu di luar ruangan, berjemur, ataupun sun-tanning (menggelapkan kulit) telah meningkatkan risiko dan frekuensi melanoma secara signifikan.

Selain itu, banyak gaya hidup yang tidak sehat seperti obesitas, makan sembarangan, kurang olahraga, dan merokok dapat meningkatkan risiko terjadinya kangker secara signifikan.

Mitos 3 : Biopsi menyebabkan kanker


Itu tidak benar. Jika biopsi dilakukan dengan teknik yang tepat, maka tidak akan terjadi penyebaran. Sebagai bagian dari diagnosis kanker sebelum pengobatannya, biopsi sangat penting untuk menentukan kanker dan mengkaji karakteristik molekular dari tumor yang ada.

Akan tetapi, banyak orang awam yang tidak mengerti apa itu prosedur biopsi dan takut prosedur ini akan menyebabkan penyebaran kanker.

Mitos ini sangat perlu ditangkal. Selain kanker ginjal dimana jarum biopsi tidak diperlukan sebelum dioperasi, biopsi bisa dilakukan dengan mudah dan aman untuk hampir seluruh kanker tanpa perlu khawatir bahwa kanker akan menyebar.

Dr. Quek menegaskan kembali bahwa biopsi adalah langkah pertama paling penting dalam pengobatan kanker. Beliau mengatakan, "jika kita tidak tahu apa yang kita hadapi, kemungkinannya adalah kita diberikan pengobatan yang salah!"

Dalam kasus lain seperti kanker prostat, biopsi dengan bantuan Magnetic Resonance Imaging (MRI) telah menggantikan biopsi yang dibantu dengan ultrasound, dengan begitu hasil yang ditunjukkan bisa menjadi lebih akurat bagi ahli urologi untuk menarget area prostat yang perlu dibiopsi.

Dokter urologi Parkway Hospitals, Dr. Poh Beow Kiong, menjelaskan bahwa biopsi seperti itu akan memungkinkan dokter untuk menarget area kanker di prostat dengan ketepatan seperti Global Positioning Satelile (GPS) dan meningkatkan kualitas diagnosis kanker prostat, pasien dengan kanker prostat yang berbahaya mungkin membutuhkan pengobatan, sementara pasien kanker prostat yang tidak berbahaya mungkin lebih memilih observasi daripada pengobatan langsung.

"Begitu diagnosis kanker prostat dipastikan, untuk pasien dengan stadium awal yang belum menyebar, pasien memiliki pilihan observasi (pengawasan tanpa pengobatan), operasi, atau radiasi.

Sebaliknya, untuk pasien dengan kanker prostat stadium lanjut, mereka membutuhkan pengobatan untuk mengurangi gejala dan meningkatkan hidup," tambah Dr. Poh.

Mitos 4 : Terapi kanker (chemotherapy dan radiasi) merusak sel tubuh yang sehat


Lebih baik dilakukan daripada tidak. Masyarakat berpikit bahwa pengobatan semacam itu sama dengan racun dan dapat merusak sel-sel yang normal. Banyak pasien juga menderita efek sampingnya seperti rambut rontok dan muntah.

Dr. Quek menjelaskan bahwa sel kanker adalah sel yang bertumbuh dengan cepat. Maka, sel-sel inilah yang lebih banyak terkena dampak buruk dari radiasi dan kemoterapi. Tetapi kita memiliki dua peningkatan dalam 20 tahun ke belakang.

Pertama, obat-obat yang membantu seperti obat untuk mengatasi muntah telah meningkat sehingga efek samping kemoterapi berkurang.

Kedua, dengan perkembangan dan disetujuinya terapi yang bertarget dan imunoterapi pada banyak kanker, kita makin jauh dari kenoterapi yang merusak dan makin dengan dengan terapi bertarget dan imunoterapi yang lebih efektif sebagai pengobatan standar bagi banyak kanker.

Imunoterapi adalah salah satu pengobatan kanker yang maju. Imunoterapi adalah obat injeksi yang ketika diberikan pada pasien akan meningkatkan sistem imun tubuh sehingga bisa melawan sel kanker.

"Imunoterapi sudah disetujui untuk digunakan pada banyak tipe kanker di seluruh dunia. Tidak seperti kemoterapi yang bertindak langsung pada kanker, imunoterapi mengobati kanker dengan melipatgandakan sistem imun kita, jelas Dr. Quek.

Mitos 5 :  Mengkonsumsi gula sama dengan memberi makan sel kanker


Pada pasien kanker tetap boleh namun dengan batas wajar. Banyak orang dengan prinsip ini menghindari gula. Akhirnya tidak mau makan yang ada gulanya, nasi, roti dengan tujuan membuat sel kankernya kelaparan. Supaya sel kankernya mati. Sel kankernya belum mati malah sebaliknya, pasiennya yang meninggal.

Sebenarnya, meski kita tidak mengkonsumsi gula, tubuh kita tetap memproduksi gula. Dari otot, dari hati dan akan tetap akan memproduksi gula. Tanpa mengkonsumsi, tetap ada gula dalam darah kita.

Pasien kanker akan tetap disarankan untuk mengkonsumsi gula, namun dengan jumlah yang secukupnya dan wajar. Yang penting untuk semua orang adalah untuk menjaga berat badan ideal.

Karena semakin berat tubuh kita semakin berlebihan, maka meningkatkan risiko  pada tubuh kita terkena kanker. Jadi penting untuk menjaga berat badan yang ideal dan pola hidup yang sehat.

Artikel terkait :

Comments

Popular posts from this blog

Fitur Pro TikTok, Pengguna Bisa Tingkatkan Kualitas Konten

Kami melihat ini menarik untuk para kreator konten yang berkecimpung di sini (baca TikTok). Apalagi yang berhubungan dengan pemasar (marketing) dengan mengincar segmen tertentu. Apa kelebihan mengubah Akun TikTok biasa menjadi akun Pro?

Bicara tentang TikTok hingga kini, setiap kami berjumpa dengan pemasar hingga kreator konten semacam bloger, cap negatif masih disematkan pada aplikasi yang menurut situs socialreport.com jumlah penggunanya mencapai 500 juta.

Padahal dari sisi kami sendiri, TikTok banyak bertebaran para kreator konten. Terutama pengguna di luar Indonesia. Kami berharap secepatnya berbagi hal-hal menarik tentang TikTok di blog dotsemarang.

Beralih ke akun Pro


Ini sangat mudah. Kurang lebih sama dengan Instagram yang beralih dari akun biasa menjadi akun bisnis atau akun kreator. Pengguna hanya mencari pada pengaturan akun, dan menemukan peralihan akun pro paling bawah.

Setelah menemukan, kita disuruh memilih kategori seperti apa branding yang diinginkan. Kami senang deng…

Tips Unggah Video TikTok Hingga 1 Menit

Sudah 2 bulan lebih kami bergabung dengan platform media sosial TikTok. Banyak hal menarik yang memberi kami inspirasi di sana. Dan kali ini, kami ingin memberi tips menarik soal durasi video TikTok yang dapat diunggah lebih dari waktu normalnya, 15 detik.

Semenjak bergabung, kami menemukan beberapa akun yang dapat mengunggah durasi video hingga 1 menit. Kami pikir itu wajar, bila melihat jumlah pengikutnya yang berada diatas rata-rata.

Sama seperti Instagram, bila lebih dari 10 ribu pengikut, mereka memiliki fitur istimewa yang tidak dapat digunakan oleh pengguna yang belum mendapatkan jumlah pengikut seperti kami sebutkan tadi. Youtube juga punya fitur ekslusif buat susbscriber diatas rata-rata.

Instal aplikasi TikTok terbaru

Sebenarnya, cara memperpanjang durasi video TikTok hingga 1 menit kami dapatkan dari unggahan video Youtube. Banyak sekali yang membagikan tip-tips tersebut di sana.

Caranya mudah sebenarnya, yakni dengan menginstal aplikasi TikTok versi terbaru. Kami sendiri a…

Mengawinkan Modem M3Y dengan Kartu 4G Smartfren

Ada kabar gembira buat kamu yang mungkin baru menggunakan modem m3y. Kami baru sadar bahwa kartu 4G Smartfren bisa digunakan di modem M3Y yang perangkatnya sudah pernah kami review sebelumnya. Apakah kamu sudah juga mencobanya?
Kami pikir M3Y sudah tidak bisa digunakan lagi dengan harganya yang kurang bersahabat untuk kami. Apalagi kartu yang tersemat sangat tidak memungkinkan kartu lain untuk masuk. Bahkan untuk sesama operator. Sekali keluar dari SIM Card-nya, kartu dipastikan tidak akan berfungsi. 
Ternyata bisa
Internet merupakan kebutuhan wajib terkait aktivitas kami dalam dunia blogging. Maka saat sebelum pergi ke Jakarta acara ASUS kemarin, kami mencoba mempersiapkan segalanya yang salah satunya koneksi internet.
Saat bertanya ke konter terdekat, ternyata kartu 4G Smartfren bisa digunakan untuk modem kami. Pokoknya yang keluaran Smartfren, kata penjaga konternya. Setelah memastikan sendiri dan menggunakannya, ternyata memang bisa. Apalagi kartu perdana yang kami beli punya kuot…

Cara Masjid Agung Jawa Tengah Manfaatkan Youtube Selama Bulan Puasa Saat Pandemi Corona

Tahun ini, kami tidak ada agenda buka puasa bersama seperti tahun lalu di Masjid Agung Jawa Tengah. Namun bukan berarti kami tidak memiliki artikel puasa dari sini. Lewat saluran kanal Youtube, MAJT tetap aktif menyiarkan kegiatan kajian. 
Pandemi corona benar-benar mengubah keadaan. Anjuran di rumah saja menjadi solusi untuk mencegah penyebaran koronavirus semakin merajalela. Semua orang dipaksa putar haluan dan menemukan cara agar terus dengan kegiatan yang biasa dilakukan.
Youtube Masjid Agung Jawa Tengah
Kami baru tahu jika pengurus Masjid Agung Jawa Tengah telah membuat kanal di Youtube. Menggunakan nama kanal MAJT TV, Youtube Masjid Agung Jawa Tengah dalam info yang tertera di lamannya sudah bergabung sejak bulan Juni 2017. Hingga tulisan ini kami buat, jumlah pengikutnya mencapai 1,42 ribu subscriber dan ada 900 lebih video yang diunggah
Live kajian online 
Lihat postingan ini di Instagram [KAJIAN SPESIAL RAMADAN] Edisi Senin, 11 Ramadhan 1441H 04 Mei 2020 Live Kajian Online MAJT Sp…

Semarang Lawan Corona

Menurut situs alodokter, Virus Corona atau severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2) adalah virus yang menyerang sistem pernapasan. Penyakit karena infeksi virus ini disebut COVID-19. Virus Corona bisa menyebabkan gangguan pada sistem pernapasan, pneumonia akut, sampai kematian.
Selamat datang bulan April. Awal bulan ini kami tidak menempelkan halaman agenda kota. Wabah virus Corona benar-benar menghentikan semua jadwal kegiatan maupun acara. Halaman ini kami harapkan dapat menggantikan sementara waktu.
Halaman ini termasuk dalam halaman khusus yang dibuat untuk ditaruh di daftar indeks. Kami ingin menambah kemudahan saat mencari halaman yang berkaitan dengan konten tertentu tanpa perlu ribet.
Jadi, ketika kamu membuka ini nanti akan banyak berisi kumpulan halaman-halaman yang ada di blog dotsemarang dengan kategori Corona. Kami ingin membantu memberi informasi kepadamu dari sisi yang bisa kami lakukan.
Semarang Melawan Corona
Adalah judul halaman yang sudah kami pu…