Skip to main content

5 Mitos Seputar Penyakit Kanker


Dikenal sebagai penyakit yang mematikan, kesadaran mengenai kanker, penyebab, gejala, dan pengobatannya masih rendah. Ditambah lagi dengan kurangnya informasi, ada banyak mitos mengenai kanker. Berikut beberapa mitos yang beredar di masyarakat.

Ini adalah lanjutan dari artikel sebelumnya, saat kami menghadiri media gathering dari Parkway Hospitals Singapore, hari Kamis (24/10) di hotel Grandhika.

Dijawab oleh dua dokter Singapura

Menurut data dari The Global Cancer Observator (Globocan) menunjukkan pada tahun 2018, terdapat 18,1 juta kasus kanker di dunia dengan angka kematian mencapai 9,6 juta orang.

Dr Richard Quek, Konsultan Senior Ahli Onkologis Medis Parkway Cancer Center.
Dr Poh Beow Kiong, Konsultan Senior Urologi Gleneagles Hospital Singapore.

Data tersebut menyatakan bahwa 1 dari 8 pria dan 1 dari 11 wanita meninggal karena kanker. Kanker adalah penyakit yang ditandai dengan pertumbuhan sel tak terkendali, invasi tumor, penyebaran kanker dan kerusakan pada organ tubuh yang sehat.

Beberapa mitos dimunculkan dalam diskusi. Ada 6 mitos sebenarnya, namun 1 mitos tidak dibahas karena sepertinya sudah umum. Dua dokter dari Singapura menjawab untuk mitos-mitos yang berkembang.

Mitos 1 : Jika saya tidak memiliki anggota keluarga yang terkena kanker, saya tidak terkena kanker


Menurut Dr. Richard Quek, "kanker dapat menyerang siapapun bahkan jika tidak ada sejarah kanker di dalam keluarga. Kemungkinannya terkena kanker bisa jadi lebih kecil tapi jelas tetap ada."

Seiring waktu, semakin umur kita bertambah tua, kemampuan sel tubuh kita untuk memperbaiki diri semakin berkurang. Maka, semakin tua potensi terkena kanker akan semakin besar dibandingkan dengan orang yang muda. Meskipun tidak ada riwayat genetik, tetap ada. Semakin tua, kemungkinannya juga semakin besar.

Sebaliknya, jika ada kerabat yang masih muda terkena kanker, terutama jika ada banyak yang seperti itu, maka kita patut curiga bahwa kemungkinkan ada kelainan genetik yang diturunkan dari satu generasi ke generasi selanjutnya.

Dalam kasus macam ini, kita harus sangat waspada. Konsultasikan dengan dokter dari awal dan sangat direkomendasikan supaya kita melakukan tes skrining.

Mitos 2 : Kaum muda tidak mungkin terkena kanker? 


Apakah orang muda bisa terkena kanker? Jawabannya bisa. Karena terjadi mutasi genetik khusus dan ini bukan karena turunan. Mutasi genetik ini tidak akan menurun pada keturunannya. Dan apa yang memicu mutasi tersebut, masih belum diketahui.

Kanker yang terjadi pada kaum muda juga meningkat beberapa tahun belakangan ini. Contohnya adalah melanoma atau kanker kulit. Kebiasaan kita yang sering terkena sinar matahari, menghabiskan waktu di luar ruangan, berjemur, ataupun sun-tanning (menggelapkan kulit) telah meningkatkan risiko dan frekuensi melanoma secara signifikan.

Selain itu, banyak gaya hidup yang tidak sehat seperti obesitas, makan sembarangan, kurang olahraga, dan merokok dapat meningkatkan risiko terjadinya kangker secara signifikan.

Mitos 3 : Biopsi menyebabkan kanker


Itu tidak benar. Jika biopsi dilakukan dengan teknik yang tepat, maka tidak akan terjadi penyebaran. Sebagai bagian dari diagnosis kanker sebelum pengobatannya, biopsi sangat penting untuk menentukan kanker dan mengkaji karakteristik molekular dari tumor yang ada.

Akan tetapi, banyak orang awam yang tidak mengerti apa itu prosedur biopsi dan takut prosedur ini akan menyebabkan penyebaran kanker.

Mitos ini sangat perlu ditangkal. Selain kanker ginjal dimana jarum biopsi tidak diperlukan sebelum dioperasi, biopsi bisa dilakukan dengan mudah dan aman untuk hampir seluruh kanker tanpa perlu khawatir bahwa kanker akan menyebar.

Dr. Quek menegaskan kembali bahwa biopsi adalah langkah pertama paling penting dalam pengobatan kanker. Beliau mengatakan, "jika kita tidak tahu apa yang kita hadapi, kemungkinannya adalah kita diberikan pengobatan yang salah!"

Dalam kasus lain seperti kanker prostat, biopsi dengan bantuan Magnetic Resonance Imaging (MRI) telah menggantikan biopsi yang dibantu dengan ultrasound, dengan begitu hasil yang ditunjukkan bisa menjadi lebih akurat bagi ahli urologi untuk menarget area prostat yang perlu dibiopsi.

Dokter urologi Parkway Hospitals, Dr. Poh Beow Kiong, menjelaskan bahwa biopsi seperti itu akan memungkinkan dokter untuk menarget area kanker di prostat dengan ketepatan seperti Global Positioning Satelile (GPS) dan meningkatkan kualitas diagnosis kanker prostat, pasien dengan kanker prostat yang berbahaya mungkin membutuhkan pengobatan, sementara pasien kanker prostat yang tidak berbahaya mungkin lebih memilih observasi daripada pengobatan langsung.

"Begitu diagnosis kanker prostat dipastikan, untuk pasien dengan stadium awal yang belum menyebar, pasien memiliki pilihan observasi (pengawasan tanpa pengobatan), operasi, atau radiasi.

Sebaliknya, untuk pasien dengan kanker prostat stadium lanjut, mereka membutuhkan pengobatan untuk mengurangi gejala dan meningkatkan hidup," tambah Dr. Poh.

Mitos 4 : Terapi kanker (chemotherapy dan radiasi) merusak sel tubuh yang sehat


Lebih baik dilakukan daripada tidak. Masyarakat berpikit bahwa pengobatan semacam itu sama dengan racun dan dapat merusak sel-sel yang normal. Banyak pasien juga menderita efek sampingnya seperti rambut rontok dan muntah.

Dr. Quek menjelaskan bahwa sel kanker adalah sel yang bertumbuh dengan cepat. Maka, sel-sel inilah yang lebih banyak terkena dampak buruk dari radiasi dan kemoterapi. Tetapi kita memiliki dua peningkatan dalam 20 tahun ke belakang.

Pertama, obat-obat yang membantu seperti obat untuk mengatasi muntah telah meningkat sehingga efek samping kemoterapi berkurang.

Kedua, dengan perkembangan dan disetujuinya terapi yang bertarget dan imunoterapi pada banyak kanker, kita makin jauh dari kenoterapi yang merusak dan makin dengan dengan terapi bertarget dan imunoterapi yang lebih efektif sebagai pengobatan standar bagi banyak kanker.

Imunoterapi adalah salah satu pengobatan kanker yang maju. Imunoterapi adalah obat injeksi yang ketika diberikan pada pasien akan meningkatkan sistem imun tubuh sehingga bisa melawan sel kanker.

"Imunoterapi sudah disetujui untuk digunakan pada banyak tipe kanker di seluruh dunia. Tidak seperti kemoterapi yang bertindak langsung pada kanker, imunoterapi mengobati kanker dengan melipatgandakan sistem imun kita, jelas Dr. Quek.

Mitos 5 :  Mengkonsumsi gula sama dengan memberi makan sel kanker


Pada pasien kanker tetap boleh namun dengan batas wajar. Banyak orang dengan prinsip ini menghindari gula. Akhirnya tidak mau makan yang ada gulanya, nasi, roti dengan tujuan membuat sel kankernya kelaparan. Supaya sel kankernya mati. Sel kankernya belum mati malah sebaliknya, pasiennya yang meninggal.

Sebenarnya, meski kita tidak mengkonsumsi gula, tubuh kita tetap memproduksi gula. Dari otot, dari hati dan akan tetap akan memproduksi gula. Tanpa mengkonsumsi, tetap ada gula dalam darah kita.

Pasien kanker akan tetap disarankan untuk mengkonsumsi gula, namun dengan jumlah yang secukupnya dan wajar. Yang penting untuk semua orang adalah untuk menjaga berat badan ideal.

Karena semakin berat tubuh kita semakin berlebihan, maka meningkatkan risiko  pada tubuh kita terkena kanker. Jadi penting untuk menjaga berat badan yang ideal dan pola hidup yang sehat.

Artikel terkait :

Comments

Popular posts from this blog

Ini Harga Tarif Parkir Inap di Stasiun Tawang Tahun 2018?

Selain bandara yang memberi pelayanan parkir inap buat kendaraan, stasiun kereta api juga memberlakukan hal yang sama. Apakah kamu dalam tujuan perjalanan ke luar kota dan ingin parkir di Stasiun Tawang?

Minggu pagi (14/10) kami mendapat kesempatan pergi ke stasiun Tawang. Kebenaran bukan untuk meliput atau mengeksplore, ada kerabat yang pulang dari liburan di kota Semarang.

Saat sudah melayani hingga pintu masuk ruangan, kami jadi ingat bahwa ada pernah yang bertanya kepada kami lewat blog dotsemarang tentang tarif parkir inap di sini, stasiun Tawang.

Kesempatan bagus ini tentu tidak kami sia-siakan. Kami langsung bertanya pada petugas parkir dan petugas jaga piket loket pintu keluar. Dan berikut tarif yang diberlakukan.

Mobil
Parkir inap dikenakan harga 45 ribu rupiah. Lebih dari hari yang diterapkan, akan dikenakan biaya lagi. Sepeda Motor
Parkir inap roda dua dikenakan biaya 25 ribu rupiah. Dan sama seperti mobil, akan ada biaya tambahan bila lebih dari waktu yang diterapkan, 24 jam…

Ini Harga Tiket Masuk Taman Margasatwa Semarang Tahun 2019

Terakhir kali kami memposting informasi harga tiket masuk kebun binatang Semarang pada bulan Maret 2014. Lama sekali. Dan sekarang, tahun 2019, kami memperbarui informasi soal tiket. Berapa kira-kira?

Januari akhir, kami berkunjung ke Taman Satwa Semarang atau Bonbin Semarang. Harga tiketnya tentu saja naik dengan tahun 2014 lalu. Tahun ini harganya 10 ribu rupiah, untuk hari Senin - Jumat.

Sedangkan untuk harga akhir pekan, Sabtu dan Minggu. Termasuk hari libur Nasional, harga tiket masuk dibandrol 15 ribu rupiah. Jadi, tetap buka meski libur.

Untuk jam buka kebun binatang Semarang yang berada di Mangkang ini mulai jam 8 pagi hingga 5 sore. Sedangkan wahana permainan, buka dari jam 08.30 wib dan tutup jam 15.30 wib.

Pihak kebun binatang memberikan diskon potongan harga tiket buat pengunjung dengan rombongan minimal 30 orang. Dan ini menarik, bila memiliki anak berharap tidak bayar atau bayar setengah, sebaiknya ukur dulu tubuh si anak.

Bila tinggi badan di atas 80 cm, orang tua haru…

November 2019, Harga Tiket Bioskop Central City Turun Menjadi 25 Ribu Rupiah

Entah apakah ini kabar baik atau sebaliknya. Bagi kami, termasuk kamu yang senang nonton di bioskop, penurunan harga tiket bioskop merupakan kabar gembira. Central City yang baru sebulan buka bioskop, kini harga tiketnya cuma 25 ribu (hari biasa). 
Kamis, minggu kedua bulan November, saluran film yang biasa mengabarkan jadwal film - Kofindo mendadak dapat notif dari akun yang mengikuti di media sosial tentang harga tiket bioskop 21 di Central City.
Penurunan harga tiket ini dari kacamata penonton, yang awalnya 30 ribu menjadi 25 ribu adalah daya pikat untuk masyarakat pergi ke bioskop. Meski daftar film yang tayang juga menentukan.
Selain jadi kabar baik, kami memaknai juga tentang penurunan harga tiket ini karena daya jangkau masyarakat di Semarang Timur seperti kekhawatiran kami kurang mendapatkan antusias.

Hal lainnya juga karena faktor wilayah. Dibanding bioskop lainnya yang berada di tengah kota, masyarakat pergi ke bioskop memiliki banyak tujuan. Pangsa pasar yang berbeda, tent…

[Agenda] Korean Cultural Festival Semarang 2019 di Unissula

Tengah pekan ini, kami kedatangan acara promosi di Instagram dotsemarang. Bertajuk Korean Cultural Festival 2019, kamu yang tertarik dengan segala hal tentang Korea bisa datang ke sini dengan tiket masuk cuma-cuma, alias gratis.

Bertempat di aula lantai 3 gedung fakultas Kedokteran, acara Korean Cultural Festival digelar pada tanggal 23 November 2019. Banyak kegiatan yang ditampilkan, seperti :
Fashion Show HandbokBuchaceum danceTaekwondo danceKorean FoodKorean Handycraft Facepainting Selain itu, ada kompetisi yang turut meramikan seperti Sing Cover Competition, dan Golden Ball. Catat waktunya dan simpan dalam kalender pribadimu.


Lihat postingan ini di Instagram
Sebuah kiriman dibagikan oleh Dotsemarang (@dotsemarang) pada 13 Nov 2019 jam 11:37 PST ...
Halaman ini bersifat promosi berbayar. Selain menggunakan feed Instagram dotsemarang, promosi ini juga diposting di stories. Tertarik promosi seperti ini, hubungi kami via email di dotsemarang@gmail.com.
Artikel terkait : Agenda Brandhal Sa…

ASUS Zenfone 6 Resmi Hadir di Indonesia Dengan Bandrol Harga 7 Juta Rupiah

ASUS Indonesia akhirnya memperkenalkan Zenfone 6 secara resmi di tanah air, 15 November 2019, dengan bandrol harga 7 juta atau Rp 6.999.000. Dari 3 varian yang diluncurkan secara global, hanya satu yang dibawa, yakni seri ZS630KL dengan kapasista RAM 6GB dan penyimpanan atau ROM 128GB.
Entah apakah hanya perasaan kami saja, kali ini gegap gempita kampanye promosi yang dilakukan ASUS Indonesia kurang menggigit seperti biasanya. Zenfone 6 yang rilis secara global bulan Mei kurang memiliki daya pikat bila melihat jarak diperkenalkannya di Indonesia. Hampir 6 bulan.
Optimal setiap lini
Masuk dalam jajaran kelas premium, Zenfone 6 tentu saja datang dengan berbagai pengoptimalan. Mulai dari daya tahan baterai, kamera flip, hingga dukungan RAM GB dan Android 10.
Distribusi barang pun kembali memanfaatkan toko online hingga gerai offline semacam Erafone. Berbagai potongan harga diberikan, termasuk cara promosi yang sering kami jumpai di pameran komputer, tukar tambah atau trade in. Tentu semu…