Skip to main content

Madrasah 4.0 dan Gerakan Donasi Kuota XL


Kali ini giliran Jawa Tengah penyaluran gerakan donasi kuota ke 42 Madrasah Aliyah yang berada di 15 kota/kabupaten di Jawa Tengah, yaitu Batang, Cilacap, Demak, Grobogan Jepara, Tegal, Kebumen, Kendal, Surakarta, Pati, Purbalingga, Rembang, Semarang, Sragen, dan Temanggung.

Meski diluncurkan pada sejak akhir bulan Mei 2019, program Madrasah Aliyah 4.0 baru kali ini kami mendengarnya saat penyerahan secara simbolis donasi kuota yang dilakukan di kantor Kanwil Kemenag Jawa Tengah, Selasa pagi (26/11).

Madrasah 4.0

Di Era digital sekarang, kebutuhan internet sangat penting. Kementrian Agama dengan visinya mewujudkan Madrasah Goes to Digital sudah selangkah lebih maju menatap dunia pendidikan yang lebih baik.

Menurut Drs. H.A. Saifulloh, M.Ag dari rilis yang kami terima, hingga saat ini sudah ada sekitar 1.927 Madrasah Negeri dan Swasta yang menerapkan digitalisasi.

Pihaknya mentargetkan jumlah tersebut akan terus bertambah mencapai 2.441 Madrasah Negeri dan Swasta yang akan menerapkan digitalisasi hingga akhir tahun 2019 nanti.

Dari cakupan daerah atau lokasi Madrasah yang sudah melaksanakan program Madrasah 4.0, sampai saat ini sudah menjangkau Madrasah yang berada di 35 kota/kabupaten.

Drs. H.A. Saifulloh, M.Ag menambahkan, saat ini pemerintah terus menyempurnakan kurikulum pendidikan yang peka terhadap perkembangan teknologi digital.

Upaya ini diharapkan mendapatkan dukungan penuh dari kepala sekolah dan guru-guru untuk mengubah metode pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi yang berkembang saat ini.

Perluasan penyaluran gerakan donasi kuota ke Jawa Tengah


Bulan April, gerakan donasi kuota XL ini sudah berjalan dengan sasarannya saat itu Sekolah. Di Semarang saat itu, penyerahannya dilakukan di SMAN 3.

Beberapa bulan kemudian, Juli 2019, kerjasama kembali diluncurkan dengan menggandeng Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag) lewat program Digitalisasi Madrasah yang diinisiasi oleh Direktorat Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah.

Setelah kerjasama, penyaluran pertama dilakukan kepada 70 madrasah di Jawa Barat. Dan kini Jawa Tengah, saat kami menghadiri langsung momentum penyerahannya langsung Selasa kemarin.

Setelah di Jawa Barat dan Jawa Tengah, selanjutnya pendistribusian Gerakan Donasi Kuota ini akan berlangsung di ratusan Madrasah Aliyah lainnya yang tersebar di enam provinsi yaitu 196 Madrasah Aliyah di Jawa Timur, 222 Madrasah Aliyah di Nusa Tenggara Barat, 24 Madrasah Aliyah di Banten, 11 Madrasah Aliyah di Lampung, 5 Madrasah Aliyah di Riau, dan 8 Madrasah Aliyah di Sumatera Utara. Proses pendistribusian ini akan berlangsung hingga akhir 2019.

Internet cepat telah menjadi kebutuhan dasar di setiap lembaga pendidikan di Indonesia, termasuk di Madrasah Aliyah yang pengelolaanya di bawah Kementerian Agama dengan kurikulum yang lebih menekankan pada pendidikan berbasis agama Islam. 

Kami sangat mengapresiasi pihak Kemenag yang memiliki visi sangat maju dalam membawa Madrasah memasuki era serba digital melalui program Madrasah 4.0. 

Karena ini pula kami juga sangat antusias untuk mendukung program tersebut melalui Gerakan Donasi Kuota yang akan semakin mempermudah Madrasah-madrasah mendapatkan akses ke layanan data berkecepatan tinggi”, Rd. Sofia Purbayanti, Group Head Central Region XL Axiata dalam pernyataan resmi yang kami kutip dari rilis.

Sofia menambahkan, secara bertahap XL Axiata akan menyalurkan donasi kuota data kepada total tidak kurang dari 579 Madrasah Aliyah yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia hingga akhir 2019.

Pemilihan Madrasah penerima donasi dilakukan oleh Kemenag dengan disesuaikan pada jangkauan jaringan layanan data milik XL Axiata.

Karena itu, perluasan penyaluran donasi GDK akan selalu disesuaikan dengan perluasan jaringan data 3G dan 4G yang terus dilaksanakan XL Axiata yang semakin menjangkau area-area pelosok daerah, termasuk area yang berkategori terpencil dan terluar.

Di wilayah Jawa Barat, DI Yogyakarta, dan Jawa Tengah, jaringan 4G XL Axiata sudah masuk secara merata di seluruh kota/kabupaten sehingga akan sangat membantu Madrasah yang ingin menerapkan digitalisasi.

Apa saja yang diberikan dalam gerakan donasi kuota XL?

Penyerahan donasi kuota kepada perwakilan Kepala Sekolah oleh Head of Sales Semarang Xl Axiata, Heriantoni dan disaksikan Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Jateng.

Paket donasi Gerakan Donasi Kuota berupa fasilitas akses internet cepat lengkap dengan perangkat router dan kuota sebesar 20GB per bulan selama satu tahun kepada setiap Madrasah Aliyah.

Mekanisme penyaluran donasi kuota akan dilakukan dengan menyertakan perangkat router XL Home sehingga bisa dibagikan secara simultan ke 32 perangkat smartphone atau laptop yang digunakan para siswa dan pengajar.

Mekanisme ini sekaligus untuk memastikan donasi bisa dimanfaatkan secara efektif dan kolektif, selain juga penerapan sistem pengawasan yang tertuang dalam perjanjian antara XL Axiata dengan setiap Madrasah penerima donasi.

Seperti proses distribusi Gerakan Donasi Kuota lainnya, kuota yang disalurkan untuk program ini juga berdasarkan pembelian kuota Xtra Combo oleh setiap pelanggan.

XL Axiata akan mengalokasikan kuota data sebesar 25 MB dari setiap transaksi pembelian kuota Xtra Combo oleh pelanggan yang di dalamnya telah termasuk harga paket dan PPn. Selain itu, setiap pelanggan dapat melakukan donasi secara mandiri melalui UMB *123*888#.


...

Catatan penting kami saat hadir adalah bagaimana bila kuota 20GB habis digunakan sebelum 1 bulan? Pihak Madrasah bisa menambahkan dengan sendiri lewat pembelian. Mekanisme bagaimana pembeliannya diberitahu saat pembagian donasi kepada tiap perwakilan saat acara berlangsung.

Artikel terkait :

Comments

Popular posts from this blog

Ini Harga Tarif Parkir Inap di Stasiun Tawang Tahun 2018?

Selain bandara yang memberi pelayanan parkir inap buat kendaraan, stasiun kereta api juga memberlakukan hal yang sama. Apakah kamu dalam tujuan perjalanan ke luar kota dan ingin parkir di Stasiun Tawang?

Minggu pagi (14/10) kami mendapat kesempatan pergi ke stasiun Tawang. Kebenaran bukan untuk meliput atau mengeksplore, ada kerabat yang pulang dari liburan di kota Semarang.

Saat sudah melayani hingga pintu masuk ruangan, kami jadi ingat bahwa ada pernah yang bertanya kepada kami lewat blog dotsemarang tentang tarif parkir inap di sini, stasiun Tawang.

Kesempatan bagus ini tentu tidak kami sia-siakan. Kami langsung bertanya pada petugas parkir dan petugas jaga piket loket pintu keluar. Dan berikut tarif yang diberlakukan.

Mobil
Parkir inap dikenakan harga 45 ribu rupiah. Lebih dari hari yang diterapkan, akan dikenakan biaya lagi. Sepeda Motor
Parkir inap roda dua dikenakan biaya 25 ribu rupiah. Dan sama seperti mobil, akan ada biaya tambahan bila lebih dari waktu yang diterapkan, 24 jam…

Agenda Semarang Bulan Desember 2019

Akhirnya sudah sampai dipenghujung tahun. Kami senang halaman agenda ini tiap bulan menjadi halaman referensi Anda untuk mendapatkan informasi acara. Bagaimana, sudah memiliki acara di malam tahun baru?

Perlahan namun pasti, kami akan terus memperbarui halaman ini. Mungkin informasi seperti ini sudah banyak yang menyediakan. Paling mudah dan cepat, kamu bisa dapatkan dari Instagram.

Untuk malam tahun baru, biasanya pusat-pusat keramaian akan selalu menarik untuk didatangi. Seperti kawasan Pantai Marina, Kota Lama dan Pahlawan atau Simpang Lima. Sambil menunggu kami perbarui, simak info lainnya berikut ini.

Agenda rutin

Di Semarang memiliki acara rutin yang digelar di hari-hari tertentu dengan sangat rutin. Acaranya datang dari komunitas hingga pemerintah kota sendiri. Berikut daftar acara rutin yang bisa jadi referensi untuk dikunjungi.
[Minggu] - Car Free Day, ikuti informasi tentang CFD di sini.[Sabtu] - Wayang Orang Ngesti Pandowo di TBRS Semarang.[Jumat-Minggu] - Waroeng Semawis di …

Front One Boutique Tugu Muda, Hotel Baru yang Menawarkan Suasana Bridge Fountain di Akhir Pekan

Satu lagi hotel yang akan meramaikan Semarang di awal tahun 2020. Datang dengan desain yang kekinian, hotel Front One Boutique Tugu Muda bakal memberikan pengalaman yang menyenangkan.

Meski namanya mengandung unsur Tugu Muda, hotel yang dikelola Azana Hotel & Resort Management ini sebenarnya berlokasi di jalan Jendral Sudirman Nomor 108, Semarang. Pas di depan Taman Madukoro, dan sebelahan dengan Banjir Kanal Barat.

Hotel ini akan banyak menawarkan sesuatu yang unik, terlebih para tamu yang menyukai selfie di media sosial. Dalam perkembangannya, jeni Boutique Hotel memang sedang populer dan datang dengan konsep out of the box.

Hotel bintang 3

Pertumbuhan bisnis hotel di Indonesia memang tidak terbendung lagi, termasuk di Kota Semarang. Hotel Front One Boutique Tugu Muda ini masuk dalam jajarang hotel bintang tiga.

Ada 4 jenis kamar yang jumlah seluruh kamarnya ada 31 ini, mulai dari standar, superior, deluxe dan executive. Tiap kamar sudah difasilitasi LCD TV 32 in dengan 32 salur…

Review Lot 28 Semarang

Awal Agustus kemarin, tempat ini mengadakan soft opening dengan mengundang social media influencer Semarang. Termasuk bloger di dalamnya. Lot 28 sendiri beralamat di jalan Singosari Raya No.28, Semarang. Seperti apa tempatnya?

Selamat datang kembali akhir pekan. Apakah kamu sudah punya rencana menghabiskan hari Sabtu? Mungkin bertemu dengan teman atau sahabat, atau juga pasangan bisa meredakan stres setelah sibuk beberapa hari dengan rutinitas dan pekerjaan.

Komunikasi secara langsung itu sangat menyenangkan, dan tentu didukung tempat yang menarik yang bisa membangkitkan suasana hati. Kami punya rekomendasi bila kamu ingin sesuatu yang baru di Semarang berikut ini.



Lot 28, kamu bisa ngopi atau makan malam di sini

Nama yang unik menurut kami saat owner menjelaskan kepada kami yang turut hadir saat soft opening, kamis sore, 3 Agustus 2017. Angka 28 sendiri diambil dari nomor tempat ini berada.

Bahkan, 28 ini juga punya makna yang berarti 2 artinya 2 rasa, dan 8 artinya cerita (merujuk m…

Daftar Film Indonesia yang Rilis Bulan Desember 2019

Situs referensi kami, id.bookmyshow.com menuliskan 7 film Indonesia yang dirilis bulan ini. Namun belajar dari bulan sebelumnya, daftar ini dapat berubah sewaktu-waktu. Kami akan terus perbarui halaman ini bila jadwal berubah.

Kamis pekan pertama, penonton disuguhi film berjudul Eggnoid. Film ini merupakan adaptasi dari webtoon yang bercerita tentang Eggy yang jatuh cinta pada Ran. Eggy sendiri bukan manusia biasa. Film time travel ini dibintangi  Morgan Oey dan Sheila Dara.

Genre lainnya masih ditemani horor, aksi, komedi dan drama, selengkapnya ke-7 film yang meramaikan bulan Desember 2019 :

1. Eggnoid (5 Desember)


2. Darah Daging (5 Desember)


3. Jeritan Malam (12 Desember)

4. Rembulan Tenggelam di Wajahmu  (12 Desember)

5. Imperfect  (19 Desember)

6. Habibie & Ainun 3 (19 Desember)

7. Si Manis Jembatan Ancol (26 Desember)

Artikel terkait : Daftar Film Indonesia yang Rilis Bulan November 2019Daftar Film Indonesia yang Rilis Bulan Oktober 2019Daftar Film Indonesia yang Rilis Bulan S…