Skip to main content

Berkenalan Dengan Parkway Hospitals Singapore Lewat Media Gathering


Entah apakah ini suatu kebetulan, bulan Oktober ini kami bicara tentang Hari Kanker Panyudadara di blog, atau memang momennya yang tepat. Kami kembali mendapatkan konten yang berhubungan dengan Kanker. Menariknya yang mengadakan acara adalah Parkway Hospitals Singapore.

Bertajuk media gathering, Kami ikut hadir diantara rekan-rekan media di Hotel Grandhika hari Kamis (24/10) menjelang siang. Jika biasanya beberapa kali bicara tentang kesehatan datang dari Dinas Kesehatan Kota Semarang, maka kali ini berbeda.

Dua dokter dari Singapore, yaitu Dr Richard Quek, Konsultan Senior Ahli Onkologis Medis Parkway Cancer Center. Dan Dr Poh Beow Kiong, Konsultan Senior Urologi Gleneagles Hospital Singapore.

Parkway Hospitals Singapore

Sebelum bicara tentang Kanker, dan bagaimana mitos yang berkembang menjadi topik utama dalam media gathering kali ini, kami mendengarkan tentang apa itu Parkway Hospitals Singapore?

Risma Yanti, membuka acara

Jadi jangan berpikir bahwa kenalan kami ini langsung datang ke Singapura. Melainkan mendengarkan pembahasan yang diwakili dokter Meidy Tanzil, Canhope Semarang Manager. Beliau yang menjelaskan semuanya dengan bahasa Indonesia. Termasuk penerjemah dari dua dokter Singapura.

Parkway Hospitals Singapura adalah anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki oleh Parkway Pantai Limited yang merupakan salah satu penyedia layanan kesehatan swasta utama di Asia.

Parkway Hospitals Singapura mengoperasikan empat rumah sakit - Gleneagles Hospital, Mount Elizabeth Orchard, Mount Elizabeth Novena Hospital dan Parkway East Hospital.

Dr Meidy Tanzil

Menurut Dr. Meidy, rumah sakit seperti Gleneagles, Orchard dan Novena sangat familiar buat masyarakat Indonesia. Sedangkan Parkway East lebih difokuskan untuk warga Singapura.

Dengan semua rumah sakit yang dimiliki, sekitar 80%, Parkway Hospitals menangani market yang ada di Asia Tenggara. Salah satu kekuatannya adalah Dokter yang berjumlah sekitar 1400 spesialis yang sudah terakreditasi.

Lalu, alat yang dimiliki. Banyak alat diagnostik yang dimiliki dan juga paling terbaru. Seperti PET-MRI yang pertama di Asia. Semua alat yang dimiliki adalah generasi terbaru.


Kerja sama tim antar dokter yang baik juga menjadi salah satu alasan mengapa orang Indonesia memutuskan berobat ke Singapura.

Menurut dokter Meidy, beban pasien di Singapura tidak sebanyak di Indonesia sehingga komunikasi antar dokter terjalin baik. Ini keuntungan buat pasien tentunya karena dokter memiliki waktu untuk diajak berdiskusi. Jadi satu pasien bisa ditangani banyak dokter.

Tim evakuasi


Selain kelebihan di atas (dokter, dan fasilitas), hubungan baik juga dilakukan dengan rumah sakit lokal dan yang sangat menarik, adanya tim evakuasi.

Jadi semisalnya ada pasien yang kondisinya kurang baik. Dan pasien tidak dapat berangkat dengan pesawat komersial,  Parkway Hospitals punya tim yang bersiap 24 jam untuk membawa, semisalnya pasien dari Indonesia ke Singapura dengan pesawat khusus, Jet kecil. Waktunya tetap 2 jam (Indonesia - Singapura).

Tiba di Singapura, ada mobil ambulan yang bersiap dan langsung membawa ke rumah sakit untuk masuk ke ruang operasi. Semua dalam hitungan kecepatan jam. Ini adalah tim penunjang, juga melakukan evakuasi untuk pasien yang membutuhkan.

Parkway Cancer Center (PCC)


Didirikan tahun 2006 untuk menjawab kebutuhan pasien. Dulu pasien kanker itu mengalami kebingungan untuk bertemu dengan dokter yang berbeda-beda dan sendiri-sendiri.

Lalu terbentuklah ide untuk mendirikan unit yang dinamakan Parkway Cancer Center, dimana ini adalah gabungan beberapa dokter ahli kanker untuk menangani pasien sebagai satu kesatuan yang berkesinambungan. Kita tahu pasien kanker itu butuh satu tim.

Di PCC, memiliki multidisiplin yang terdiri dari dokter, suster, konselor dan tenaga paramedis profesional lainnya. Semua disiapkan untuk menghandle pasien yang terdiagnosa kanker.

PCC memiliki filosofi pada lambang mereka yang diwakili matahari yang berarti hangat. Dengan lambang matahari tersebut, PCC memberi harapan. Mengingat ketika pasien divonis kanker, itu adalah pukulan yang berat.

Sedangkan gambar tangan bergandengan, itu berarti kita saling mendukung untuk kepentingan pasien. Total dokter yang ada di PCC ada 19 dokter.

Di PCC juga menangani pasien-pasien dengan kanker pada anak. Ternyata anak kecil banyak sekali yang terkena kanker. Tidak hanya kanker darah, tapi kanker lainnya seperti kanker otak yang banyak terjadi pada anak.

Di dalam PCC juga terdapat satu unit yang bernama CanHope office. Tidak ada biaya untuk unit ini jika pasien membutuhkan dukungan dari unit ini. Dukungannya seperti nutrisi. Sering kali pasien kanker bertanya tentang makanan apa saja yang dapat dimakan dan sebaliknya. Semacam edukasi.

Selain itu, ada juga pendampingan psikologis. Kita tahu bahwa menjadi pasien kanker itu berat, dan bahkan untuk pendampingnya (keluarga semisalnya tinggal satu rumah) itu juga berat. kadang-kadang pendampingnya juga butuh konseling. Dan itulah yang disiapkan dalam CanHope.

Dr Richard Quek
Dr Poh Beow Kiong

CanHope Office ada di beberapa negara, termasuk di Indonesia yang memiliki 7 kantor. Mulai dari Jakarta, Bandung, Medan, Solo, Surabaya, Yogyakarta dan tentu saja Semarang.

Di Semarang sendiri, tempat kerja dokter Meidy, berada di jalan Erlangga Tengah No. 18C Semarang 50241.  Telepon 024-8417183 / 8417184. Alamat email semarang@parkway.co.id. Helpline 24 jam : 08156507770. Ternyata ada aplikasinya juga di Play Store (Android) dan App Store (iOS) dengan nama ParkwayCares.


...

Halaman berikutnya, kamu bisa mengetahui seputar mitos tentang kanker yang langsung dijawab dua dokter dari Singapura. Informasinya benar-benar menarik menurut kami. Silahkan klik di sini.

Untuk lebih detail tentang Parkway Hospitals bisa mengunjungi alamat websitenya di www.parkwayhospitals.com

Artikel terkait :

Comments

Popular posts from this blog

Ini Harga Tarif Parkir Inap di Stasiun Tawang Tahun 2018?

Selain bandara yang memberi pelayanan parkir inap buat kendaraan, stasiun kereta api juga memberlakukan hal yang sama. Apakah kamu dalam tujuan perjalanan ke luar kota dan ingin parkir di Stasiun Tawang?

Minggu pagi (14/10) kami mendapat kesempatan pergi ke stasiun Tawang. Kebenaran bukan untuk meliput atau mengeksplore, ada kerabat yang pulang dari liburan di kota Semarang.

Saat sudah melayani hingga pintu masuk ruangan, kami jadi ingat bahwa ada pernah yang bertanya kepada kami lewat blog dotsemarang tentang tarif parkir inap di sini, stasiun Tawang.

Kesempatan bagus ini tentu tidak kami sia-siakan. Kami langsung bertanya pada petugas parkir dan petugas jaga piket loket pintu keluar. Dan berikut tarif yang diberlakukan.

Mobil
Parkir inap dikenakan harga 45 ribu rupiah. Lebih dari hari yang diterapkan, akan dikenakan biaya lagi. Sepeda Motor
Parkir inap roda dua dikenakan biaya 25 ribu rupiah. Dan sama seperti mobil, akan ada biaya tambahan bila lebih dari waktu yang diterapkan, 24 jam…

Ini Harga Tiket Masuk Taman Margasatwa Semarang Tahun 2019

Terakhir kali kami memposting informasi harga tiket masuk kebun binatang Semarang pada bulan Maret 2014. Lama sekali. Dan sekarang, tahun 2019, kami memperbarui informasi soal tiket. Berapa kira-kira?

Januari akhir, kami berkunjung ke Taman Satwa Semarang atau Bonbin Semarang. Harga tiketnya tentu saja naik dengan tahun 2014 lalu. Tahun ini harganya 10 ribu rupiah, untuk hari Senin - Jumat.

Sedangkan untuk harga akhir pekan, Sabtu dan Minggu. Termasuk hari libur Nasional, harga tiket masuk dibandrol 15 ribu rupiah. Jadi, tetap buka meski libur.

Untuk jam buka kebun binatang Semarang yang berada di Mangkang ini mulai jam 8 pagi hingga 5 sore. Sedangkan wahana permainan, buka dari jam 08.30 wib dan tutup jam 15.30 wib.

Pihak kebun binatang memberikan diskon potongan harga tiket buat pengunjung dengan rombongan minimal 30 orang. Dan ini menarik, bila memiliki anak berharap tidak bayar atau bayar setengah, sebaiknya ukur dulu tubuh si anak.

Bila tinggi badan di atas 80 cm, orang tua haru…

November 2019, Harga Tiket Bioskop Central City Turun Menjadi 25 Ribu Rupiah

Entah apakah ini kabar baik atau sebaliknya. Bagi kami, termasuk kamu yang senang nonton di bioskop, penurunan harga tiket bioskop merupakan kabar gembira. Central City yang baru sebulan buka bioskop, kini harga tiketnya cuma 25 ribu (hari biasa). 
Kamis, minggu kedua bulan November, saluran film yang biasa mengabarkan jadwal film - Kofindo mendadak dapat notif dari akun yang mengikuti di media sosial tentang harga tiket bioskop 21 di Central City.
Penurunan harga tiket ini dari kacamata penonton, yang awalnya 30 ribu menjadi 25 ribu adalah daya pikat untuk masyarakat pergi ke bioskop. Meski daftar film yang tayang juga menentukan.
Selain jadi kabar baik, kami memaknai juga tentang penurunan harga tiket ini karena daya jangkau masyarakat di Semarang Timur seperti kekhawatiran kami kurang mendapatkan antusias.

Hal lainnya juga karena faktor wilayah. Dibanding bioskop lainnya yang berada di tengah kota, masyarakat pergi ke bioskop memiliki banyak tujuan. Pangsa pasar yang berbeda, tent…

[Agenda] Korean Cultural Festival Semarang 2019 di Unissula

Tengah pekan ini, kami kedatangan acara promosi di Instagram dotsemarang. Bertajuk Korean Cultural Festival 2019, kamu yang tertarik dengan segala hal tentang Korea bisa datang ke sini dengan tiket masuk cuma-cuma, alias gratis.

Bertempat di aula lantai 3 gedung fakultas Kedokteran, acara Korean Cultural Festival digelar pada tanggal 23 November 2019. Banyak kegiatan yang ditampilkan, seperti :
Fashion Show HandbokBuchaceum danceTaekwondo danceKorean FoodKorean Handycraft Facepainting Selain itu, ada kompetisi yang turut meramikan seperti Sing Cover Competition, dan Golden Ball. Catat waktunya dan simpan dalam kalender pribadimu.


Lihat postingan ini di Instagram
Sebuah kiriman dibagikan oleh Dotsemarang (@dotsemarang) pada 13 Nov 2019 jam 11:37 PST ...
Halaman ini bersifat promosi berbayar. Selain menggunakan feed Instagram dotsemarang, promosi ini juga diposting di stories. Tertarik promosi seperti ini, hubungi kami via email di dotsemarang@gmail.com.
Artikel terkait : Agenda Brandhal Sa…

ASUS Zenfone 6 Resmi Hadir di Indonesia Dengan Bandrol Harga 7 Juta Rupiah

ASUS Indonesia akhirnya memperkenalkan Zenfone 6 secara resmi di tanah air, 15 November 2019, dengan bandrol harga 7 juta atau Rp 6.999.000. Dari 3 varian yang diluncurkan secara global, hanya satu yang dibawa, yakni seri ZS630KL dengan kapasista RAM 6GB dan penyimpanan atau ROM 128GB.
Entah apakah hanya perasaan kami saja, kali ini gegap gempita kampanye promosi yang dilakukan ASUS Indonesia kurang menggigit seperti biasanya. Zenfone 6 yang rilis secara global bulan Mei kurang memiliki daya pikat bila melihat jarak diperkenalkannya di Indonesia. Hampir 6 bulan.
Optimal setiap lini
Masuk dalam jajaran kelas premium, Zenfone 6 tentu saja datang dengan berbagai pengoptimalan. Mulai dari daya tahan baterai, kamera flip, hingga dukungan RAM GB dan Android 10.
Distribusi barang pun kembali memanfaatkan toko online hingga gerai offline semacam Erafone. Berbagai potongan harga diberikan, termasuk cara promosi yang sering kami jumpai di pameran komputer, tukar tambah atau trade in. Tentu semu…