Favorit

Agenda Semarang Bulan September 2024

Image
Hujan di awal bulan Agustus kami pikir akan sudah mengubah suasana Kota Semarang lebih adem. Ternyata, hanya hujan di awal bulan saja. Mari katakan Hai pada bulan September yang jatuh pada hari Minggu di awal bulan. Acara apa yang sudah menanti? Meninggalkan bulan Agustus yang penuh sesak acara, hingga 40 lebih yang kami catat, dengan berbagai momen sungguh menyenangkan. Apakah bulan September akan ada momen serupa dan jumlahnya mampu mengungguli bulan Agustus? Kami harap begitu. Agenda Semarang Awal bulan September, hajatan rutin tiap tahun sudah menanti lewat acara Festival Kota Lama yang kali ini ada banyak perubahan yang dibawa. Beberapa acara lainnya akan menyusul seiring waktu yang kami temukan. Sambil menunggu kami mengumpulkan, kamu bisa lihat dulu agenda rutin yang ada di Kota Semarang. [25 Agustus - 2 September] - 8𝑡ℎ Asian School Badminton Championship (ASBC) 2024 di Kota Semarang. [27 Agustus - 1 September] - Sociolla Atrium Event di The Park Mall Semarang. [28 Agustus - 1

Perubahan Iklim dan Kesehatan Jadi Tema Besar di Rakerkes Semarang Tahun 2024


Seminggu lalu, suhu udara di Kota Semarang mendadak lebih dingin dari biasanya. Khususnya pagi hari yang kami rasakan. Perubahan tersebut disebut sebagai fenomena bediding, yaitu cuaca akan lebih dingin dari biasanya. 

Entah apa yang terjadi, linimasa media sosial ramai memperbicangkan dengan mengarah pada perubahan iklim. Padahal Kota Semarang terkenal dengan panasnya. 

Kedua kalinya

Saat kami sedang beraktivitas di luar ruangan, mendadak undangan datang dari perwakilan Dinas Kesehatan Kota Semarang yang ingin mengundang dotsemarang. Acara yang kurang lebih sama dengan tahun 2023, yaitu Rapat Kerja Kesehatan Kota Semarang yang disingkat RAKERKES.

Saat melihat temanya yang super panjang, yaitu 'Perubahan Iklim dan Kesehatan Masyarakat Semarang Makin Kompak Makin Hebat Melesat Menuju Indonesia Emas' akhirnya kami tertarik mengikuti kembali. Maklum, undangan datang sore hari dan besok acaranya akan dimulai. Mepet sekali.

Karena ada kalimat 'Perubahan Iklim' alasan kami berpartisipasi, kami juga penasaran tentang apa yang terjadi dengan Kota Semarang yang mendadak dingin tersebut. Apakah akan ada jawaban di sana?

Ajang promo inovasi terbaru

Acara Rakerkes 2024 Dinas Kesehatan Kota Semarang ini dilaksanakan 2 hari. Tahun ini tempat yang dipakai adalah Hotel Quest yang berada di jalan Plampitan, sekitar Kawasan Pecinan Semarang. Padahal baru awal tahun kemarin ke sini menghadiri acara road show AMD.

Robot ini bernama Ronaldia

Seperti sedang datang ke acara laungching perkenalan produk terbaru, acara Rakerkes tidak sekedar menghadiri para pembicara yang diundang untuk membahas tema yang diusung. Melainkan juga, melihat secara langsung inovasi terbaru yang dihadirkan Dinas Kesehatan Kota Semarang.

Tentu, undangan yang hadir kebanyakan orang-orang kesehatan. Seperti perwakilan Rumah Sakit, Puskesmas, instansi terkait kesehatan, Perguruan tinggi, lintas masyarakat seperti kami yang masuk kategori di sana. Kali ini kami tidak sendiri, karena ada beberapa bloger lain yang turut diundang.

Oh ya, kembali ke inovasi yang dilaunching. Dinas Kesehatan Kota Semarang (DKK) rupanya meluncurkan 4 inovasi terbarunya. Detailnya akan ditulis nanti, sementara kis-kisinya dulu seperti berikut ini

  1. ROTAN SEMAR atau Program Pengendalian Tuberkulosis Berbasis Wilayah Kota Semarang.
  2. ANJASWARA atau Anjungan Kesehatan Mandiri Warga Kota Semarang.
  3. RONALDIA atau Robot Layanan Dinas Kesehatan boleh Tanya Apapun ke Dia.
  4. KATULISTIWA atau Katalis Otomasi dan Integrasi Sistem Teknologi Informasi untuk Pengumupulan Data Cuaca Berbasis IoT di Wilayah Kota Semarang.

Dihadiri Wali Kota Semarang

Beliau turut hadir kembali seperti yang dilakukan tahun 2023. Orang nomor 1 di Kota Semarang ini paling ditunggu tentunya, mengingat acara akan dibuka langsung oleh Wali Kota.

Kami senang bisa turut hadir di sini. Halaman yang kami tulis ini bukan bagian dari kerja sama atau tulisan berbayar. Kami hanya ingin membagikannya saja. Meski disayangkan hari ke-2, kami tidak mengikuti acaranya dikarenakan ada kondisi yang tidak memungkinkan.

Perubahan Iklim dan dampaknya terhadap Kesehatan

Dampak kondisi cuaca yang berubah-ubah secara drastis rupanya mampu mempengaruhi kondisi manusia dari segi fisik maupun non fisik. 

Dalam Rakerkes kali ini, Puskesmas sangat diharapkan perannya untuk mengatasi dampak kesehatan akibat perubahan iklim. 

Selain itu, perubahan iklim juga berpotensi menyebabkan gangguan kesehatan mental. Makanya sangat diperlukan upaya mengatasi persoalan ini. Integrasi layanan primer segera diterapkan untuk menghadapi perubahan iklim.

Salah satu pembicara yang mengisi acara bahkan, membawa isu pemanasan global yang malah sudah dari awal dekade 1990'an membicarakannya.

Dari pemanasan global arahnya menjadi perubahan lingkungan global dan akhirnya pada perubahan iklim yang sedang dibahas. 

Ini akan sangat panjang apabila dibahas satu halaman. Apalagi materi yang disampaikan para pembicara sudah dibagikan sejak awal saat absensi kehadiran. Sementara kami skip dulu sampai di sini. Semoga saja isi materinya bisa kami tulis kembali untuk dihadirkan di blog dotsemarang.

...

Selain materi pembahasan Perubahan Iklim, inovasi yang diluncurkan juga menarik untuk dikulik. Semoga kami tidak lupa. Apalagi kami hadir hanya untuk mewakili lintas masyarakat, bukan sebagai bloger yang biasa menulis ulasan usai acara.

Artikel terkait :

Comments

Popular posts from this blog

Apakah Shopee Video Bisa Unggah Video dari Komputer?

AMOLI, Laptop Buatan Mana?

Review : Gunakan Layanan Maxim Life Massage & SPA

[Event] Road to IMX 2024: Semarang

Agenda Semarang Bulan September 2024