Melihat Lebih Dekat KRI Dewaruci di Festival Dermaga 2023

Salah satu alasan kami akhirnya datang ke Pelabuhan Tanjung Emas adalah melihat kapal legenda Indonesia yang bernama KRI Dewaruci. Kapal ini satu-satunya dengan tipe Barquentine di dunia dan dibuat pada tahun 1953. 

Kedatangan KRI Dewaruci ke Kota Semarang yang dikemas dengan acara bertajuk Festival Dermaga menjadi kesempatan langka yang tidak boleh disia-siakan. 

Setidaknya, apabila tidak bisa naik ke atas kapal, ada gambar yang bisa diabadikan lebih dekat dengan kapal yang dibuat di Jerman tersebut.

Sukses menyedot perhatian

Acaranya sendiri dilaksanakan selama 3 hari dari tanggal 21-23 Maret 2023. Kami yang datang pertengahan atau tanggal 22 Maretnya, sangat antusias melihat suasananya. Apalagi hari libur Nyepi saat itu. Tambah rame.

Sebelum naik ke atas KRI Dewaruci, pengunjung harus bersabar sedikit karena wajib mengantri. Membludaknya masyarakat datang sore ini memang karena daya pikat KRI Dewaruci.

Meski begitu, penyelenggara juga pandai memanfaatkan acara dengan menghadirkan berbagai kegiatan. Seperti festival musik, bazar UMKM, pertunjukan marchingband hingga tarian dan masih banyak lagi.

Naik kapal legenda

Akhirnya giliran kami tiba menaiki kapal dengan jembatan kecil yang hanya bisa diakses satu orang. Ada perasaan degdegan juga saat itu. Kapal yang memiliki ciri khas dari tiang-tiang tingginya tersebut memang auranya berbeda.

Karena kami tidak sendiri yang sedang berada di kapal, mau tidak mau harus bergiliran melihat tiap bagian kapal yang memiliki nilai sejarah dari KRI Dewaruci. Nanti kami bagikan videonya yang direkam dengan kamera jenis action camera.

Beberapa pengunjung juga tidak menyia-nyiakan kesempatan dengan mengabadikan kehadiran mereka di depan kamera. Ditambah pemandangan ke laut yang tinggal menghitung beberapa menit lagi matahari akan tenggelam. Sangat romantis apabila bersama pasangan.

Meski diperbolehkan mengakses bagian kapal luarnya, beberapa petugas (yang jaga) tetap disiagakan diberbagai sisi kapal. Maklum, masyarakat kita terkadang sudah dilarang masih saja melakukannya. 

Luar biasa, kami mengagumi kapal ini. Sebagai orang awam, tentu berpikir normal seperti kami. Kapal benar-benar masih terawat dengan baik.

Festival Dermaga

Acara sendiri saat kami tanyakan kepada bapak-bapak berpakaian ala tentara ternyata sudah kali keduanya diselenggarakan di sini (Tanjung Emas). Namun kedatangan KRI Dewaruci baru kali ini dan diberi akses kepada masyarakat bisa melihat lebih dekat.

KRI Dewaruci tidak sendiri bersandar di dermaga Tanjung Emas ternyata. Ada kapal perang lainnya seperti KRI Makassar dan KAL Kadet 07.

Yang tak kalah menarik perhatian adalah kehadiran banyak taruna selama kami datang ke lokasi. Ini yang membuat suasana juga sangat rame karena mereka datang secara rame-rame. 

Artikel terkait :

Comments

Popular posts from this blog

Sego Bancakan Pawone Simbah, Tempat Makan Baru di Kota Lama Semarang

Review : Gunakan Layanan Maxim Life Massage & SPA

Apakah Shopee Video Bisa Unggah Video dari Komputer?

Berapa Tarif Parkir Inap di Bandara Ahmad Yani Semarang Tahun 2022?

Kenapa Paket Xtra Combo Flex Tidak Ada di Aplikasi MyXL ?