Aplikasi Android Auto, Layar Navigasi Kedua yang Membuat Nyaman Saat Perjalanan

Sepertinya kami sangat tepat menulis tentang aplikasi ini disaat momen mudik lebaran. Apalagi bagi pemudik yang mengendarai roda empat dan terhubung dengan fitur Android Auto di kendaraannya. Sederhana tapi sangat berguna.

Evolusi navigasi yang kami alami dari hanya mengandalkan smartphone saat berkendara berubah menjadi layar besar dengan fungsinya kurang lebih sama.

Perbedaannya dulu dan sekarang adalah pengalamannya lebih nyaman dan leluasa. Aplikasi Android Auto terintegrasi dengan kendaraan yang kami gunakan. Pengguna hanya perlu menghubungkan saja.

Android Auto

Kebenaran kendaraan yang kami pakai milik keluarga, merek Toyota, sudah ada fitur Android Auto di layar dashboard terpasang. Mau tidak mau, pengguna seperti kami harus juga menginstal Android Auto di smartphone.

Android Auto di kendaraan semacam layar kedua yang kegunaannya baru bisa dipakai apabila dihubungkan dengan smartphone yang sudah terinstal aplikasi yang sama.

Untuk menghubungkan, diperlukan kabel USB yang juga berfungsi sebagai pengisi daya atau charger. Awal-awal kami gunakan, baterai smartphone kami meski sudah full tetap terisi. 

Sempat khawatir apabila fungsinya tetap berjalan di kendaraan tapi baterai hapenya tetap mengisi. Namun beberapa update aplikasi via android, sekarang baterai hape tidak akan terisi penuh. Seharusnya aman.

Fungsi Android Auto

Mirip layar kedua yang ditambahkan sebagai bagian teman perjalanan. Selain lebih nyaman dari tampilan visual karena ukuran layar di kendaraan lebih besar, keamanannya juga lebih baik ketimbang harus terus mengamati layar smartphone.

Selain sebagai monitor, fungsi Android Auto yang terhubung dengan smartphone dapat digunakan bersamaan dengan aplikasi yang juga terintegrasi semacam spotify, dan pemutar musik lainnya. 

Fungsi komunikasi juga bisa digunakan apabila dibutuhkan. Dan beberapa aplikasi lainnya juga masih banyak. Lihat gambar. Sayangnya tidak ada aplikasi YouTube untuk menonton.

Tips memanfaatkan Android Auto

Karena kami menggunakan Google Map, jangan lupa untuk mendownload peta untuk digunakan secara offline. Itu sangat berguna karena dalam perjalanan, terkadang hilang sinyal. Google map akan tetap berfungsi karena memiliki peta offline.

....

Android Auto hanyalah satu diantara aplikasi roda empat lainnya yang memiliki fungsi sama yang tidak sekedar navigasi. Bisa mendengarkan musik, komunikasi hingga bermain game. 

Hanya perlu menghubungkan smartphone dan kendaraan yang sudah memiliki fitur yang sama di layar dashboardnya.

Artikel terkait :

Comments

Popular posts from this blog

Sego Bancakan Pawone Simbah, Tempat Makan Baru di Kota Lama Semarang

Review : Gunakan Layanan Maxim Life Massage & SPA

Apakah Shopee Video Bisa Unggah Video dari Komputer?

Berapa Tarif Parkir Inap di Bandara Ahmad Yani Semarang Tahun 2022?

Kenapa Paket Xtra Combo Flex Tidak Ada di Aplikasi MyXL ?