Ini menarik, mengetahui karakteristik pengguna TikTok Indonesia yang kami bawa dari situs mix.co.id yang dipublish 4 Oktober 2019. Selain itu, ada beberapa fakta lain yang juga perlu diketahui.
Setelah bertemu dengan para pengguna
TikTok Semarang bulan September kemarin, Kami baru ngeh bahwa TikTok memasuki usia kedua tahun keberadaannya di Indonesia.
Sederet prestasi diraih, diantaranya menjadi aplikasi hiburan nomor 1 di App Store di Indonesia (beberapa minggu sebelumnya). Dan TikTok juga menerima penghargaan dari Google Play sebagai 'Aplikasi Paling Menghibur' dan 'Aplikasi Terbaik'.
5 karakteristik
Kami masih mendapatkan respon negatif tentang TikTok saat bertemu dengan beberapa orang lalu membicarakannya. Cap negatif ini entah apakah mereka sudah membuat akun atau sekedar ikut-ikutan dari mendengarkan orang.
5 karakteristik yang diberikan TikTok langsung ini kami pikir tujuannya untuk pemasar. Bisa jadi faktar menarik untuk dijadikan insight dalam komunikasi brand atau kampanye lainnya. Berikut selengkapnya
1. 29 menit
Pengguna di Indonesia menghabiskan rata-rata 29 menit untuk tidak hanya menonton, tetapi juga menciptakan, menemukan, berbagi video di platform tersebut. Artinya, pengguna di Indonesia bisa menonton lebih dari 100 video per hari.
2. 3 kategori
Fashion, makanan, dan komedi adalah konten yang disukai pengguna TikTok di Indonesia. Meski sebenarnya TikTok menawarkan beragam jenis konten. Yang menarik algoritma yang dipakai Youtube, juga digunakan TikTok. Semisal kamu suka makanan, maka video makanan yang lain akan banyak dilihat.
3. Beragam konten
video yang disukai pengguna TikTok Indonesia adalah yang menawarkan beragam konten. Terbukti, dalam dua tahun terakhir ini, video terpopular di TikTok Indonesia adalah tentang cara membuat Risoles dari Yackikuka, yang menjadi terkenal dengan lebih dari 750.000 likes.
Sementara video yang dibuat oleh seorang penata makeup bernama Anna Queen yang sedang menunjukkan makeup salah satu pelanggannya, meraih lebih dari 900.000 likes.
4. Mengikuti tantangan
Orang Indonesia tidak hanya suka mengikuti tantangan, tapi juga gemar menonton video tantangan tersebut. Tantangan #EkspresiMerdeka yang bekerja sama dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga misalnya, berhasil mendapatkan 64,9 juta view. Sedangnkan #ColorfulMedan yang berkolaborasi dengan Dinas Pariwisata Kota Medan sukses meraih 24,3 juta view.
5. Filter TikTok
Meskipun ada beberapa orang yang merasa menua itu mengerikan, pengguna di Indonesia sangat penasaran melihat diri mereka 10-20 tahun kemudian, seperti yang terbukti di filter "grown old" yang menjadi filter paling digemari oleh pengguna TikTok di Indonesia.
Selain filter menarik ini, filter lainnya yang paling banyak digunakan pengguna di Indonesia adalah "flower ring" yang menjadikan wajah pengguna lebih cantik, dan bisa menambahkan hiasan bunga di kepalanya.
Link Asli klik di sini.
Jangan lupa, ikuti Tiktok dotsemarang
Artikel terkait :
Comments
Post a Comment