Ternyata Akses WiFi Gratis di Taman Srigunting Sekarang Gunakan Google Station


Pertengahan bulan Juni kemarin, kami mampir ke Taman Srigunting untuk mengakses WiFi publik gratis yang sudah ada sejak tahun 2017. Saat kami login, ternyata sudah bukan lagi layanan dari WIFI.ID. Sempat bingung, dan akhirnya kami diberitahu bahwa loginnya sekarang menggunakan CBN-Google Station.

Lama tidak mengakses internet publik di Taman Srigunting, kami baru tahu tentang nama hotspot @CBN-Google Station di layar ponsel kami saat sedang mencari jaringan, Rabu sore (17/6/2020). Duh, padahal layanan Google ini sudah lama sepertinya di Indonesia.

Masukkan nomor handphone


Akses berhasil tersambung, namun kami harus memasukkan nomor terlebih dahulu. Apakah ini aman? Karena ada embel Google saat itu, kami pikir aman saja. Dan hingga tulisan ini kami buat, tidak terjadi apa-apa pada nomor yang kami berikan.

Hanya 30 menit


Namanya gratis, tentu saja terbatas. Semua operator telekomunikasi rasanya juga sama dalam memperlakukan tarifnya. Tidak ada yang gratis di dunia ini.

Setelah login dengan nomor berhasil, dan tersambung, ternyata ada batas waktu yang diberikan di sana. Notifikasi pada layar kami terdapat durasi waktu selama 30 menit. Itu artinya hanya segitu waktu untuk terhubung dengan WiFi gratis di Taman Srigunting.

Namun tenang saja, setelah 30 menit berlalu, kita tetap kembali terhubung dan dengan cara yang sama seperti sebelumnya. Ribet sih, tapi mau gimana lagi.

Tes kecepatan 


Mungkin hasil yang kami peroleh akan berbeda denganmu, semisal mencobanya juga. Selain waktu, dan pengguna yang juga banyak menggunakan saat itu.

Tes yang kami lakukan dengan aplikasi sederhana 'SpeedTest Master Pro' berhasil mendapatkan angka di 5,5M. Dengan unduh 5 Mbps dan unggah 4,54 Mbps. Lebih dari cukup tentunya. Tipsnya untuk membuatnya stabil, kamu perlu lebih mendekat dengan taman. 

Apa itu Google Station?


Entah sejak kapan penyedia layanan berganti. Saat mencoba mencari tahu tentang Google Station, malah kami mendapatkan kabar jika layanan WiFi publik ini akan dihentikan di akhir tahun 2020 di Indonesia.

Mengambil sumber dari tekno kompas (19/2/2020), Google Station adalah inisiasi WiFi publik gratis yang digelar oleh Google. Program ini sudah berjalan di Indonesia sejak tahun 2017 lalu.

Saat diluncurkan, Google tidak sendiri dalam upayanya menghadirkan WiFi gratis. Mereka menggandeng rekanan lokal, yaitu perusahaan penyedia akses internet CBN dan FiberStar. Tidak heran makanya nama login WiFi kemarin ada tulisan @CBN-Google Station. Ternyata mereka bekerja sama. 

Untuk alasan dihentikan layanan ini karena perubahan teknologi dan semakin murahnya harga data paket internet seluler di Indonesia.

Padahal tetap saja, kami butuh seperti layanan ini di ruang publik. Mengingat internet operator terkadang sering ngambek dan murahnya banyak batasan.


...

Rasanya kami benar-benar banyak ketinggalan info seperti ini. Terlebih di Kota Semarang yang sering kami mampiri, seperti tempat wisata. 

Mumpung belum ditutup layanan WiFi gratisnya akhir tahun ini, kamu yang sedang mampir di Kota Lama dapat manfaatkan koneksi internet di Taman Srigunting.  

Artikel terkait :

Comments

Popular posts from this blog

Sego Bancakan Pawone Simbah, Tempat Makan Baru di Kota Lama Semarang

Review : Gunakan Layanan Maxim Life Massage & SPA

Berapa Tarif Parkir Inap di Bandara Ahmad Yani Semarang Tahun 2022?

Apakah Shopee Video Bisa Unggah Video dari Komputer?

Kenapa Paket Xtra Combo Flex Tidak Ada di Aplikasi MyXL ?