Dibalik Suasana Tenangnya Hutan Pinus Kragilan, Ada Jasa Fotografer yang Banyak Menyebar


Beberapa waktu lalu, kami sudah bercerita tentang kunjungan kami ke Hutan Pinus Kragilan. Namun masih ada satu cerita lagi yang belum tuntas kami ceritakan tentang para fotografer di sini.

Bisa dikatakan salah satu manfaat tempat wisata bagi masyarakat sekitar adalah terbukanya peluang pekerjaan. Masyarakat hanya perlu dilibatkan, diberi arahan dan pelatihan. Kami senang menulis bagian ini.

Jasa fotografi

Siang itu, kami hanya mengamati. Melihat jasa fotografi mencoba menawarkan jasanya kepada pengunjung. Yang tidak biasa, mungkin akan khawatir karena baru tiba sudah dikerubuti massa. Mereka lumayan banyak (fotografer).

Kesalahan kami waktu itu adalah tidak berbicara dengan mereka untuk mendapatkan informasi bagaimana jasa fotografi begitu banyak di sini.

Rasa penasaran kami hari ini akhirnya terjawab sudah setelah tiba di blog dolanjajan.com yang sudah dipublish September 2018.

Mereka (jasa fotografi) sangat banyak. Ada 80 lebih dikatakan oleh salah satu jasa fotografi yang ditanyakan oleh pemilik blog pada tahun 2018. Saat kami di sini, Februari 2020, karena hari Jumat waktu itu, tidak begitu banyak.

Alasan dibalik perangkat kameranya yang sudah sangat profesional yang mereka pegang, rupanya para fotografer ini sudah diikutkan pelatihan fotografi oleh LSM sebelumnya. Tidak heran, mereka begitu fasih menggunakan kamera. Bahkan membantu memeragakan gaya si pengunjung.

Tarif foto

Tarifnya beragam, mulai dari Rp. 2500 hingga 5.000 rupiah. Tergantung jasa fotografi yang digunakan. Harga yang dibayar sesuai foto yang diberikan. Semisal si fotografer memotret lebih dari 10 gambar, tapi kita tertarik hanya 3 gambar. Maka bayarannya sesuai itu.

Tapi tidak tahu bagaimana sekarang, tentu bisa beda. Termasuk siapa yang mengambil gambarnya. Lagi-lagi dengan jumlah jasa fotografi yang melimpah, persaingan selalu ada.

...

Ketika awal kami tiba, hutan pinus Kragilan memang sunyi dan menenangkan. Namun setiap langkah yang kita gerakkan, ada banyak suara manusia di sana.

Meski kita tidak butuh jasa fotografi, semisal punya kamera yang mumpuni, pengalaman para jasa fotografi di sana tentu lebih menarik dalam mengabadikan kehadiran pengunjung.

Mereka tahu spot-spot mana yang menarik. Mereka mengerti bagaimana menjadikan kamu sebagai modelnya mendapatkan gambar terbaik yang disukai.

Artikel terkait :

Comments

Popular posts from this blog

Sego Bancakan Pawone Simbah, Tempat Makan Baru di Kota Lama Semarang

Review : Gunakan Layanan Maxim Life Massage & SPA

Berapa Tarif Parkir Inap di Bandara Ahmad Yani Semarang Tahun 2022?

Apakah Shopee Video Bisa Unggah Video dari Komputer?

Kenapa Paket Xtra Combo Flex Tidak Ada di Aplikasi MyXL ?