Tutupnya Layanan XL Tunai


Salah satu kelebihan layanan dompet digital milik XL ini adalah tidak butuh sambungan internet. Bila sedang berada di kota kecil atau koneksi lagi tidak stabil, XL Tunai sangat berguna sekali. Sayang, kita harus mengucapkan selamat tinggal kepada layanan ini yang sudah kami pakai sejak tahun 2016.

Desas-desus layanan ini akan segera tutup dimulai sejak bulan Februari 2020. Beberapa pengguna layanan, termasuk kami, mendapatkan informasi lewat SMS tentang kabar terbaru layanan ini sudah menghentikan layanan saldo mereka (XL).

Jadi, pengguna layanan XL Tunai yang saldonya masih ada isinya disuruh menarik. Mencairkan maksudnya. Karena bulan April 2020, tepatnya tanggal 15 April, layanan ini akan ditutup secara bertahap.

Kami tidak menyangka layanan yang digunakan beberapa tahun terakhir harus ditutup. Dari sisi fitur memang kurang menarik karena tidak dikemas dalam aplikasi. Hanya diakses lewat ponsel dengan mengetik *123*120#. 

Alasan tutup layanan 

Andai saja, pihak XL mengupgrade layanan mereka menjadi aplikasi, tentu lebih menarik dan tetap menyandingkan layanan akses lewat ponsel. Unggul banyak dari layanan dompet digital sejenis yang ada seperti sekarang.


Kami mencoba menghubungi rekan yang mengerti tentang ini (XL). Sayangnya, sejak kabar ini kami dengar bulan Februari, informasi yang kami ingin ketahui tidak didapatkan.

Akhirnya setelah kami mencari lewat mesin pencari, kami mendapatkan informasi dari situs teknologi.bisnis.com yang dipublish pada bulan Maret 2020. Menurut Group Head Corporate Communication XL Axiata Tri Wahyuningsih, sampai dengan saat ini layanan dompet digital belum menemukan model bisnis yang tepat untuk dapat berkembang secara organik sesuai dengan aturan Bank Indonesia.

"Layanan e-money merupakan bisnis layanan yang penuh dengan aturan yang ketat (heavy-regulated), dan untuk menjalankannya dibutuhkan kompetensi dan fokus bisnis yang khusus," ujarnya kepada Bisnis, Selasa (10/3/2020).

...

Kami sendiri pertama kali berkenalan dengan layanan XL Tunai saat XL Axiata melaunching jaringan 4G LTE di Semarang tahun 2016.

Kabar tutupnya layanan ini tentu membuat sedih. Tapi, mau gimana lagi. Layanan seperti ini memang tidak mudah, apalagi belum menemukan ekosistem dan modelnya.

Selamat tinggal XL Tunai.

Artikel terkait :

Comments

Popular posts from this blog

Sego Bancakan Pawone Simbah, Tempat Makan Baru di Kota Lama Semarang

Review : Gunakan Layanan Maxim Life Massage & SPA

Berapa Tarif Parkir Inap di Bandara Ahmad Yani Semarang Tahun 2022?

Apakah Shopee Video Bisa Unggah Video dari Komputer?

Kenapa Paket Xtra Combo Flex Tidak Ada di Aplikasi MyXL ?