9 Jenis Buah Untuk Meningkatkan Sistem Imun Lawan Corona


Salah satu cara melawan atau mencegah Corona menyerang tubuh kita adalah meningkatkan imun. Caranya dengan rajin makan buah. Lalu, buah apa saja yang memiliki kandungan baik untuk meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh kita?

Minggu pagi, jalanan Kota Semarang termasuk ramai. Info wabah Corona yang begitu dasyat di media sosial hingga pemberitaan seakan tak berdampak. Semarang begitu santuy, mengambil istilah yang populer di Twitter.

Kami sendiri sudah membuatkan halaman khusus untuk info yang berhubungan dengan Corona di Kota Semarang. Pemerintah benar-benar berupaya mencegah Corona terus merebak, salah satunya wastafel portable yang ditaruh ruas jalan tertentu.

Tapi diri kita juga harus berupaya mencegah Corona mendatangi kita, seperti berdiam di rumah saja, cuci tangan, jaga jarak dan sebagainya.

Kandungan buah yang sangat kaya

Mengapa buah? Sangat mudah menjawabnya sebenarnya. Karena kandungan gizinya yang tinggi, bukan. Tentu makanan lain juga penting, tapi kami ingin fokus di sini dulu.

Salah satu kandungan pada buah yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh adalah vitamin C. Kategori buah ini paling mudah disebutkan. Semisal jeruk, mangga, strawberry dan lainnya.

Menemukan buah ini sangat mudah di sekitar rumah. Apalagi sampai menanamnya di halaman rumah. Saat wabah Corona ini yang mengharuskan kita di rumah, sangat menyenangkan bila memetiknya dari pohon sendiri.

Daftar buah dengan gizi tinggi

1. Jeruk

Ragamnya sangat banyak, mulai dari jeruk nipis, jeruk bali, lemon, hingga yang paling populer, yakni jeruk sunkist. Kandungan vitamin C nya sangat tinggi.

Dengan vitamin C yang tinggi ini, jeruk dapat meningkatkan daya tahan tubuh menjadi lebih kuat. Terutama kekebalan tubuh.

2. Blueberry

Buah ini mengandung vitamin C sebesar 10,8 mg. Vitamin lainnya yang terkandung adalah vitamin A, vitamin K dan vitamin B6. Manfaatnya selain sebagai benteng pertahanan tubuh juga dapat mencegah penyakit, seperti jantung hingga kanker.

3. Strawberry

Apakah kamu menyukai Strawberry? Bagus bila begitu. Buah yang memiliki warna cantik ini juga termasuk dalam deretan buah yang mengandung vitamin C. Itu artinya, memakannya dapat meningkatkan kekebalan tubuh kita. Kemampuan antioksidan-nya pun tergolong cepat saat sampai ke aliran darah.

4. Jambu Biji

Kandungan vitamin C pada jambu biji bukan hanya berkhasiat menangkal radikal bebas dalam tubuh, tapi juga menangkal bakteri dan virus yang berkembang dan menyebabkan penyakit.

5. Pepaya

Kami pernah melihat rumah yang memiliki tanaman buah pepaya. Beruntung sekali para penghuni rumahnya. Buah pepaya memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi yakni, 235 mg. Sangat banyak dari rekomendasi harian yang disarankan untuk tubuh kita.

Selain mengandung vitamin C, pepaya juga mengandung vitamin A dan E yang banyak sekali bermanfaat bagi tubuh.

6. Delima

Kami baru tahu bahwa buah delima termasuk dalam buah yang dapat meningkatkan sistem imun tubuh. Kandungan vitamin C-nya memang salah satu faktor buah ini kami rekomendasikan.

7. Mangga

Mangga memiliki kandungan vitamin C dan vitamin A. Memakannya tiap hari lebih baik daripada harus mengkonsumi suplemen vitamin C. Buah mangga salah satu manfaatnya adalah meningkatkan kekebalan tubuh.

8. Kiwi

Selain mengandung vitamin C dan K, buah kiwi mengandung folat dan kalium. Buah kiwi masuk dalam jajaran buah yang memiliki kandungan vitamin C yang lebih besar dari buah sejenisnya.

9. Semangka

Semangka memiliki kandungan vitamin A, B6, C dan likopen. Kandungan likopen ini berfungsi juga sebagai penghambat proses inflamasa dan sebagai antioksidan.

10. Kurma (bonus)

Salah satu manfaat kurma adalah kandungan antioksidan yang tinggi. Daripada ngemil yang manis atau makanan instan, memilih kurma bisa membuat tubuh kita tetap sehat. Kandungan kalsium dan zat besinya dapat menghangatkan tubuh dan juga meningkatkan energi dalam tubuh.

Salah satu jenis kurma adalah Medjool yang dijuluki Raja Kurma karena ukurannya yang lebih besar dari kurma lainnya, kami memasukkannya dalam daftar karena kandungannya yang juga menarik.

Serta tinggi, kalium, vitamin B hingga vitamin A adalah sederet kandungan yang terdapa pada kurma Medjool. Bila kamu melihatnya saat sedang berbelanja, mungkin bisa menaruhnya sebagai cemilan saat di rumah nanti.


...

Rutin mengonsumsi vitamin C menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh secara signifikan. Apalagi masih belum ditemukannya obat untuk mengatasi Corona atau COVID-19. Sementara, kita perkuat tubuh saja dulu.

Sistem imun sangat penting bagi tubuh. Ia menjadi benteng pertahanan saat ada benda asing yang ingin masuk, seperti bakteri, virus dan sebagainya.

Setelah melihat daftar di atas, mulai dari sekarang, yuk kita rajin makan buah. Selain meningkatkan sistem imun juga meningkatkan stamina.

Tapi jangan lupa juga komposisinya harus seimbang, antara karbohidrat, protein dan juga sayur. Jangan hanya makan buah saja. 

Artikel terkait :

Comments

  1. Buah-buahan yang disebutin di atas kebetulan adalah buah2an kesukaanku. Tapi kadang aku gabisa menghadirkan semua buah2an itu di meja makan, hanya sebagian aja. Semoga itu cukup untuk membantu tubuhku melawan virus-virus jahat

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Sego Bancakan Pawone Simbah, Tempat Makan Baru di Kota Lama Semarang

Review : Gunakan Layanan Maxim Life Massage & SPA

Berapa Tarif Parkir Inap di Bandara Ahmad Yani Semarang Tahun 2022?

Apakah Shopee Video Bisa Unggah Video dari Komputer?

Kenapa Paket Xtra Combo Flex Tidak Ada di Aplikasi MyXL ?