Daftar Jaringan Bioskop di Indonesia


Bila di Semarang kami hanya mengetahui 2 jaringan bioskop, entah apakah Eplaza termasuk hitungan, namun sebenarnya di Indonesia memiliki banyak jaringan bioskop lainnya.

Sambil nunggu Corona reda, artikel untuk Kofindo akan kami ganti dengan info-info lainnya yang masih berhubungan dengan perfilman tanah air. Kami tidak ingin kamu datang ke akun Twitter @Kofindo tanpa info menarik tentunya.

Ada 8 jaringan

Jaringan bioskop sangat penting untuk pendistribusian film-film yang akan tayang maupun sudah tayang. Tanpa mereka, kita tidak dapat menikmati hiburan setelah bekerja atau beraktivitas seharian. Kami akan memulainya dengan grup yang sangat familiar terlebih dahulu.

1. Cineplex 21 Group

Memulai kiprahnya pada tahun 1987, Cineplex 21 Group merupakan bioskop pertama yang hadir di Indonesia. Maka tidak heran, Kota Semarang memiliki banyak cabang bioskop yang buka di mal-mal besar, selain Java Mall.

Dominasinya akhirnya terhenti ketika Cinemaxx mulai masuk ke Java Mall, sebelum akhirnya menjadi Cinepolis. Jumlah total bioskop keluarga 21 ini di Semarang ada 6 tempat.

Sedangkan  jumlah keseluruhan yang ada di Indonesia, mengutip situs katadata.co.id tahun 2018 memiliki 186 bioskop dengan jumlah layar lebih dari seribu..

2. Cinemaxx (Cinepolis)

Sebelum menjadi Cinepolis, Cinemaxx yang berada di bawah bendera Lippo Group saat pertama kali masuk ke Kota Semarang seperti memberi angin segar. Film-film yang tidak tayang di 21, kini bisa tayang dan dinikmati warga Semarang.

Namun pada Desember 2019, Cinemaxx mengganti branding mereka menjadi Cinepolis yang merupakan jaringan besar asal Meksiko. Kami belum melihat seperti apa perbedaannya, selain logo yang berubah.

3. CGV Cinemas

Merupakan jaringan bioskop dari Korea Selatan dan telah membuka banyak cabang di beberapa negara, CGV mulai masuk ke Indonesia pada tahun 2006. Sempat bernama Biltzmegaplex, namun tahun 2005 berganti menjadi CGV Blitz dan sekarang hanya CGV.

4. New Star Cineplex

Mengutip situs cnnindonesia.com, New Star Cineplex atau NSC termasuk salah satu dari jaringan bioskop sinepleks indpenden. Kehadiran bioskop ini sebagai upaya menghadirkan hiburan ke daerah-daerah yang belum terjangkau.

Mengintip situs resminya, jaringan bioskop yang berdiri tahun 2012 ini sudah buka di 26 kota di tanah air dan bahkan siap memenuhi permintaan pembukaan cabang bila ada yang tertarik. Infonya ada di sini.

5. Platinum Cineplex

Sudah buka di 10 kota, jaringan Platinum Cineplex lebih menyasar kota-kota tier II atau level 2. Jaringan bioskop ini merupakan bagian dari perusahaan hiburan Tripar Multivision Plus yang dimiliki oleh Raam Punjabi. Platinum Cineplex sendiri didirkan pada tanggal 20 Agustus 2012.

6. FLIX Cinema

Didirikan sejak Mei 2017 di Jakarta, jaringan bioskop Indonesia ini merupakan unit usaha dari ASRI, anak perusahaan Agung Sedayu Group yang fokus pada premium lifestyle brands.

Saat kami buka situs resminya yang dominan warna kuning, flixcinema.com, lokasi bioskopnya ada 3 tempat. Jakarta ada 2 dan Bekasi ada 1 tempat dengan total 11 layar.

7. Kota Cinama Mall

Dari namanya cukup familiar bila mengambil kata Kota. Jaringan bioskop yang berdiri sejak Juni 2017 ini menggabungkan konsep gedung bioskop, pujasera dan panggung serba guna untuk penyelenggaraan berbagai acara. Termasuk area ruang terbuka dalam satu lokasi.

Lokasi pertamanya adalah Bekasi dan rencana besarnya akan ekspansi ke kota-kota lapis 2 dan 3 demi sasaran bisnisnya. Ada nama Maxima Pictures juga dalam perusahaan yang artinya jaringan akan dimanfaatkan sebagai bagian distribusi film.

8. Lotte Cinema

Mendengar nama Lotte, kami memikirkan Lotte Mart Grosir yang ada di jalan Majapahit Semarang. Perusahaan asal Korea Selatan, Lotte Group rupanya merambah bioskop juga di Indonesia. Bahkan dalam rencana besarnya, mengutip finance detik.com, perusahaan akan membuka 60 bioskop.

Dan akhir November 2018, Lotte Cinema membuka bioskop pertamanya di Lotte Golden Fatmawati, Cipete.  Kita akan menunggu selanjutnya dari rencana mereka yang akan membuka titik lainnya.

...

Saat membaca berita tentang perfilman tanah air, 8 nama yang sudah kami tulis ini kami temukan di sana. Dan tentu mungkin masih ada banyak lagi. Kami hanya melihat nama-nama ini saat itu.

Silahkan tambahkan bila kamu mengetahui selain kedelapan nama tersebut.

Artikel terkait :

Comments

Popular posts from this blog

Sego Bancakan Pawone Simbah, Tempat Makan Baru di Kota Lama Semarang

Review : Gunakan Layanan Maxim Life Massage & SPA

Berapa Tarif Parkir Inap di Bandara Ahmad Yani Semarang Tahun 2022?

Apakah Shopee Video Bisa Unggah Video dari Komputer?

Kenapa Paket Xtra Combo Flex Tidak Ada di Aplikasi MyXL ?