Web Series, Cara Animator Indonesia Memasarkan Hasil Karya


Salah satu talkshow menarik dari acara 'Festival Komik dan Animasi 2015' yang berlangsung di halaman Lawang Sewu, Jumat siang (20/11) adalah diskusi animasi webseries indonesia yang menghadirkan Hompimpa dan Triohantucs.

Mungkin strategi kedua animator ini bisa dijadikan masukan buat penggiat komik atau animasi lainnya saat ini. Memanfaatkan saluran kanal seperti Youtube, karya mereka dapat dilihat banyak masyarakat Indonesia dan bahkan dunia.

Tentang web series

Merujuk dari blog tontonaninternet.wordpress.com, istilah Web Series di Indonesia dipopulerkan oleh Dennis Adhiswara, yang selama ini dikenal sebagai sutradara dan juga actor. 

Sebuah sarana

Bagi animator atau pelaku kreatif, web series dapat menjadi sebuah sarana baik buat promosi, menarik investor, publikasi, dan sebagainya. 



Ditunjang perkembangan teknologi sekarang ini yang mengalami fase-fase naiknya. Jadi jangan sampai ini tidak dimanfaatkan betul tentunya.

Tentang pendapatan

Kesuksesan film animasi asli Indonesia yang tayang di televisi nasional setidaknya memberikan harapan bahwa karya animator Indonesia punya skill yang tak kalah dengan animator luar. 

Keluarga Somat merupakan salah satunya yang setidaknya memberi harapan bahwa peluang animator lainnya bisa juga mengikuti jejak mereka untuk memproduksi yang sama.

Tapi memang tidak mudah untuk bisa seperti mereka. Bagi sebagian pelaku kreatif, Hompimpa dan Triohantucs kompak bahwa mendapatkan rupiah lewat web series di Youtube tidak mudah. Perlu waktu dan itu juga lumayan lama.

Faktor iklan yang biasanya tampil di video mereka saat diputar juga harus selesai tayang. Kalau langsung diklik iklan yang muncul barengan maka pendapatan mereka akan juga semakin sulit.

Tapi mereka sangat optimis dengan web series, karena dengan begitu mereka juga membuat portofolio yang dapat dilihat calon investor. Seperti Raditya Dika yang konsisten membuat web series dan akhirnya ditayangin di televisi lokal. 

Lalu, bagaimana pengalaman-pengalaman mereka lainnya selama membangun web series? Video diatas merupakan salah satunya. Anda dapat melihat video-video lainnya lewat kanal Youtube dotsemarang atau langsung klik DISINI.

Terus maju buat animator Indonesia! Salam kompak dari dotsemarang.



Informasi Pemasangan Iklan

Hubungi @dotsemarang
Email : dotsemarang [@] gmail.com

Comments

Popular posts from this blog

Sego Bancakan Pawone Simbah, Tempat Makan Baru di Kota Lama Semarang

Review : Gunakan Layanan Maxim Life Massage & SPA

Berapa Tarif Parkir Inap di Bandara Ahmad Yani Semarang Tahun 2022?

Apakah Shopee Video Bisa Unggah Video dari Komputer?

Parkir di DP Mall Kini Hanya Melayani Pembayaran Non Tunai