Event Youth Town Hall 2019 di Semarang


Lewat program XL Future Leaders, PT XL Axiata TBK (XL Axiata) menggelar acara “Youth Town Hall 2019” di Universitas Diponegoro Semarang, atau tepatnya di gedung ICT, Senin pagi (8/4). Revolusi Industri 4.0 hingga Internet of Thing (IoT) jadi pembahasan yang dimasukkan dalam acara yang diikuti mahasiswa Semarang.

Lama tidak bersinggungan dengan konten dari XL, kami mendapatkan kesempatan untuk melihat lebih dekat acara mereka yang digelar di Kota-kota Indonesia. Semarang termasuk Kota pertama di Jawa Tengah yang memulainya. Postingan ini berisi konten press release.

Perkembangan ekonomi digital

Kontribusi ekonomi digital yang dianggap mengalami kenaikan signifikan terhadap pendapatan Domestik Bruto (PDB) menjadi salah satu misi XL Axiata mendorong mahasiswa ikut mengambil bagian.

Apalagi dalam keseharian masyarakat Indonesia sekarang ini baik yang tinggal di Kota hingga pelosok tak bisa dilepaskan dari pemanfaatan sarana digital.

Group Head Corporate Communications XL Axiata, Tri Wahyuningsih mengatakan, “Sesuai program XL Future Leaders, kami perlu mengenalkan lebih jauh mengenai perkembangan ekonomi digital di Indonesia dan berbagai peluang yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat, terutama para mahasiswa yang akan segera memasuki dunia kerja dan mengembangkan potensi dirinya. 

Melalui acara ini kami sekaligus mendorong mahasiswa di Jawa Tengah untuk tidak ragu berkarya dan memajukan industri digital nasional. Dengan demikian, mereka pun akan memberikan kontribusi bagi pengembangan ekonomi digital nasional yang menjadi tumpuan ekonomi Indonesia di masa depan.”

Era Revolusi Industri 4.0

Mahasiswa yang mengikuti acara Youth Town Hall tentu sangat beruntung karena langsung diberikan pemaparan informasi secara detail tentang era Revolusi Industri 4.0.

Kami sendiri juga sudah membawa postingan tentang era Revolusi Industri 4.0 di sini. Era dimana  teknologi seperti kecerdasan buatan, kendaraan otonom, dan internet saling memengaruhi kehidupan manusia.

Tujuan dari Youth Town Hall ini sendiri adalah untuk menyiapkan anak-anak muda Indonesia, sekaligus meningkatkan potensi mereka sehingga bisa menjadi sumber daya manusia yang unggul di era Revolusi Industri 4.0.

Dengan demikian, mahasiswa akan bisa menyiapkan dirinya menghadapi tantangan yang ada di era digital, baik untuk berkarir sebagai tenaga profesional maupun mengambil langkah sebagai pelaku bisnis.

Acaranya dirancang dengan interaktif, agar mahasiswa bisa bertanya dan berdiskusi dengan para pembicara yang telah memiliki pengalaman cukup banyak di industri berbasis teknologi digital.

Internet of Thing (IoT)


Salah satu bagian dari era Revolusi Industri 4.0 adalah Internet of Thing (IoT) yang dijadikan tema acara. Pembicaranya langsung dari Xl, mas Boy Wicaksono sebagai Head of IoT Innovation XL Axiata dengan membawa tema IoT as Now Solution to Make Life Easier.

Peserta diberikan pengenalan tentang IoT hingga contoh penerapan IoT dalam kehidupan sehari-hari. Yang cukup menarik dan kami baru tahu adalah laboratorium IoT milik XL Axiata yang bernama “XCamp”.

XCamp merupakan laboratorium IoT pertama di Indonesia, dan program-program untuk memfasilitasi anak-anak muda dalam mengembangkan IoT yang berada di Jakarta.

Kami sempat mengikuti sedikit acara mereka yang berada di dalam untuk penerapan IoT yang bekerja sama dengan Habibi Garden. Chief of Product mereka, mas Toni Prabowo menjadi salah satu pembicara juga yang hadir di Semarang.

Dalam sesi wawancara, mas Toni bercerita tentang bagaimana teknologi yang dilakukan Habibi Garden dapat dipasang pada tanaman hingga peternakan.

(Ka-ki)  Toni Prabowo, Lanny Wijaya dan Boy Wicaksono 

Ada 3 yang menjadi pembicara dan nama terakhir berasal dari Linkedin Indonesia, yaitu  Lanny Wijaya yang menjabat Indonesia Account Director. Sayang kami tidak mendapatkan informasi untuk tema yang dibicarakan.

"Tema IoT dipilih karena dianggap dapat menyelesaikan masalah yang sebelumnya tidak dapat diselesaikan hanya lewat software. Lalu, IoT juga sudah jadi kebutuhan dan perubahan yang mendasar", Boy Wicaksono.

Di masa depan, bidang IoT tentu akan banyak dicari. Harapan dari acara ini, sesi workshop, peserta akan memiliki pengetahuan yang lebih dalam mengenai revolusi industri 4.0 dan IoT sehingga membuka wawasan mereka terhadap masalah teknologi.

Wawasan baru ini akan membuka jalan mereka (peserta) untuk mendorong peserta lebih berkarya di era teknologi IoT yang masih belum banyak dieksplorasi dan bisa memberikan kontribusi bagi bangsa dan negara.

XL Future Leaders di Semarang

Bila kami lihat lewat mesin pencari, program XL Future Leaders banyak dilakukan diberbagai Kota di Indonesia. Sayang dalam rilis, selain Kota Semarang, kami tidak mendapatkannya di sana.
Program yang tahun ini sudah berjalan delapan kali ini merupakan program yang dilaksanakan setiap dua tahun sekali untuk satu angkatan.

Pesertanya sendiri adalah mahasiswa tahun pertama dan kedua atau masuk semester pertama sampai keempat, dengan jurusan baik dari rumpun ilmu eksakta maupun ilmu sosial.

Kamu mahasiswa, coba ikutan

Program pengembangan kepemimpinan untuk mempersiapkan calon pemimpin global ini dimulai dari tanggal 1 Maret dan akan berakhir pada 30 Juni 2019.

Kamu bisa ikutan dengan cara mendaftar online via website join.xlfutureleaders.com. Bila lulus registrasi online akan diumumkan pada bulan Juli 2019 dan akan mengikuti tahap selanjutnya yaitu tes tertulis yang diadakan secara online pada bulan Juli.

Untuk program XLFL tahun ini, jumlah peserta yang diterima berjumlah minimal 150 orang terpilih melalui serangkaian seleksi ketat yang diadakan oleh XL Axiata. Tidak ada kuota khusus untuk masing-masing daerah pada saat seleksi peserta dilakukan.

Tahap selanjutnya yang harus diikuti oleh calon peserta program XLFL setelah lulus dalam test online adalah Forum Group Discussion (FGD) dan Interview, yang akan diadakan pada bulan Agustus hingga September 2019.

Pengumuman peserta yang lulus tahap ini, dan sekaligus menjadi peserta XLFL angkatan ke-8, akan diumumkan pada bulan Oktober 2019.

Pengumuman kelulusan dari setiap tahap seleksi akan disampaikan melalui website resmi www.xlfutureleaders.com dan media sosial XLFL (Instagram: @xlfutureleaders, Facebook: XL Future Leaders.

Artikel terkait :
Informasi Kerjasama
Hubungi lewat email dotsemarang@gmail.com
Atau klik DI SINI untuk detail lebih lengkap

Comments

Popular posts from this blog

Sego Bancakan Pawone Simbah, Tempat Makan Baru di Kota Lama Semarang

Berapa Tarif Parkir Inap di Bandara Ahmad Yani Semarang Tahun 2022?

Review : Gunakan Layanan Maxim Life Massage & SPA

Parkir di DP Mall Kini Hanya Melayani Pembayaran Non Tunai

Apakah Shopee Video Bisa Unggah Video dari Komputer?