Langsung ke konten utama

Sembutopia Mampir Ke Semarang : Bicara Visi Indonesia Tahun 2020


Tema besar yang diangkat dari acara yang dilaksanakan hari Senin (4/6) ini di hotel Aston Kota Lama adalah tentang menemukan visi Indonesia di tahun 2020. Kali ini acara yang kami hadiri lebih banyak bicara tentang rasa nasionalisme yang dipadukan gaya hidup sehat. Tertarik?

Sembutopia, nama yang tidak asing ditelinga kami bila melihat rekam jejaknya beberapa waktu belakangan yang hadir di kota-kota besar Indonesia dengan keterlibatan bloger. Trending Twitter seakan menjadi petanda bahwa mereka ada buat yang belum mendengarnya. Termasuk Instagram.

Pertama kali di Semarang

Memanfaatkan platform digital, Sembutopia yang namanya diambil dari Sembuh dan Utopia lahir pada November 2017. Pencetusnya adalah Kafi Kurnia beserta teman-temanya yang memiliki misi menciptakan lingkungan yang lebih sehat dan terbebaskan dari semua penyakit dan konflik baik secara kejiwaan dan keragaan.

Sembutopia terus mengajak bloger ditiap kota yang dikunjungi agar menyebarkan informasi yang mereka bawa, seperti yang dilakukan di Semarang yang merupakan kali pertama mereka datangi. Mengingat di kota lain, Sembutopia sudah melakukan beberapa kali.

Hari Tanpa Tembakau Sedunia

Bloger Semarang

Memanfaatkan hari tanpa Tembakau Sedunia yang jatuh pada tanggal 31 Mei, Sembutopia kami pikir akan bicara banyak tentang peringatan ini dalam ruang yang diisi lebih dari 30 orang yang hadir.

Isu kesehatan kami pikir ini sangat menarik, apalagi email yang kami terima sebelumnya menyebutkan Sembutopia adalah organisasi kesehatan dari Indonesia yang fokus mengkampanyekan hidup sehat.

Ternyata hari peringatan tersebut tidak begitu banyak dibicarakan meski tetap dihadirkan. Sembutopia yang tidak ingin disebut sebagai organisasi namun lebih sebagai gerakan masyarakat banyak mengangkat sisi nasionalisme. Terutama Indonesia tahun 2020.

Mencari visi Indonesia di tahun 2020

Kafi Kurnia, founder Sembutopia. Pakar bidang marketing dan bisnis, penulis buku, dan owner Peka Consult Inc.

Berbicara tentang Indonesia tahun 2020, bangsa ini akan diberi kado yang indah pada tahun tersebut. Hadiahnya berupa masyarakat yang memiliki usia produktif, kira-kira 15-64 tahun. Keadaan ini disebut sebagai bonus Demografi yang diprediksi akan berlangsung hingga tahun 2035.

Tahun 2020 jadi bahasan menarik saat Kafi Kurnia mempersentasikan temuan-teman menariknya tentang Indonesia. Bahkan melabeli Indonesia 2020 sebagai Sebuah Takdir Kejayaan.

Ya, Indonesia 2020 adalah ide yang dicetuskan yang memiliki tujuan agar memotivasi kita semua untuk berpartisipasi agar ikut mewujudkan sebuah “grand vision” untuk Indonesia. Dengan harapan visi ini bisa diambil oleh para pemimpin kita dan menghantar Indonesia ke takdir kejayaan-nya.

Dengungan Indonesia 2020 yang dibawakan dalam ruangan yang kami hadiri ini terasa sangat bergairah. Apalagi disisipi fakta-fakta menarik yang disebutkan lewat persentasi. Seperti yang kami kutip dari rilis diterima berikut ini.

Indonesia tahun 2030 diramalkan akan menjadi ekonomi terbesar ke 5 di dunia dengan nilai ekonomi US$ 5.424 triliun. Bagi saya pribadi-saya yakin Indonesia akan mencapai takdir kejayaan-nya. Bukan-kah nenek moyang kita pernah juga memberi wangsit dan warisan – bahwa Indonesia akan “Gemah Ripah Loh Jinawi tata tentrem kerta raharja”.

Kedepan, ide ini rencananya akan digelorakan keseluruh Indonesia. Seperti membuat acara atau kegiataan motivasi dan inspirasi setiap tanggal 20 pada tiap bulan.

Lalu, merekrut para profesional untuk menvisualisasikan ide INDONESIA 2020 kedalam karya dan prestasi, entah itu karya seni, budaya atau karya lainnya seperti sastra, kuliner dan lainnya.

Menarik melihat gerakan ini kedepan, apakah dapat tercapai sebuah takdir kejayaan yang diproklamirkan atau masih menunggu lagi momen yang tepat untuk Indonesia lebih baik lagi.

Filosofi Ikan Asin

Sebelum kami menutup postingan ini dengan sebuah foto kebersamaan Sembutopia dan bloger Semarang yang hadir, ada hal menarik yang didapat dari ikan asin yang dijadikan filosofi.

Sebuah pengalaman kuliner tentang ikan asin yang dibicarakan pak Kafi dimana ikan asin sangat diremehkan. Padahal dari sisi sejarah dan budaya, ikan asin dapat dijadikan sebagai sebuah potensi kuliner yang dasyat.

Konon sejak abad ke 9 dan 10 diberbagai prasasti yang ditemukan diberbagai wilayah Nusantara sudah ditemukan bukti-bukti tentang adanya industri ikan asin.

Bukti ini juga didukung dengan bukti-bukti lain tentang industri pembuatan garam. Dongeng ini kemudian menjadi bukti sejarah bagaimana nenek moyang kita berhasil secara naluri mengembangkan sebuah “kearifan lokal”.

Karena mereka berhasil “memanfaatkan” nilai geografis kita yang berupa kepulauan dan yang “kaya” dengan hasil ikan-ikan – lalu memadukan-nya dengan “keahlian” mengawetkan ikan dengan pengembangan industri garam ! Sehingga menjadi sebuah kekayaan kuliner dan budaya yang sangat luar biasa.


...

Acara pun selesai setelah kami menyantap buka puasa. Untuk sebuah acara yang kami pikir sederhana, membawanya ke hotel memang terlihat istimewa. Terutama buat peserta. Semacam penghargaan yang tak terkira.

Indonesia 2020 yang jadi tema bahasan utama acara ini meski kami pikir ini masih berat, apalagi saat kami hadir yang kami pikirkan tema yang dibawakan adalah tentang kesehatan, setidaknya memberi kami inspirasi.

Semarang sendiri juga memiliki target di tahun yang sama, yaitu Kota lama menuju world heritage. Dan bicara tahun 2020, kami optimis Indonesia bila lebih baik lagi dengan semakin banyak orang memiliki ide luar biasa untuk negeri ini.

Artikel terkait :
Informasi Kerjasama
Hubungi lewat email dotsemarang@gmail.com
Atau klik DI SINI untuk detail lebih lengkap

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengawinkan Modem M3Y dengan Kartu 4G Smartfren

Ada kabar gembira buat kamu yang mungkin baru menggunakan modem m3y. Kami baru sadar bahwa kartu 4G Smartfren bisa digunakan di modem M3Y yang perangkatnya sudah pernah kami review sebelumnya. Apakah kamu sudah juga mencobanya?
Kami pikir M3Y sudah tidak bisa digunakan lagi dengan harganya yang kurang bersahabat untuk kami. Apalagi kartu yang tersemat sangat tidak memungkinkan kartu lain untuk masuk. Bahkan untuk sesama operator. Sekali keluar dari SIM Card-nya, kartu dipastikan tidak akan berfungsi. 
Ternyata bisa
Internet merupakan kebutuhan wajib terkait aktivitas kami dalam dunia blogging. Maka saat sebelum pergi ke Jakarta acara ASUS kemarin, kami mencoba mempersiapkan segalanya yang salah satunya koneksi internet.
Saat bertanya ke konter terdekat, ternyata kartu 4G Smartfren bisa digunakan untuk modem kami. Pokoknya yang keluaran Smartfren, kata penjaga konternya. Setelah memastikan sendiri dan menggunakannya, ternyata memang bisa. Apalagi kartu perdana yang kami beli punya kuot…

Ini Harga Tarif Parkir Inap di Stasiun Tawang Tahun 2018?

Selain bandara yang memberi pelayanan parkir inap buat kendaraan, stasiun kereta api juga memberlakukan hal yang sama. Apakah kamu dalam tujuan perjalanan ke luar kota dan ingin parkir di Stasiun Tawang?

Minggu pagi (14/10) kami mendapat kesempatan pergi ke stasiun Tawang. Kebenaran bukan untuk meliput atau mengeksplore, ada kerabat yang pulang dari liburan di kota Semarang.

Saat sudah melayani hingga pintu masuk ruangan, kami jadi ingat bahwa ada pernah yang bertanya kepada kami lewat blog dotsemarang tentang tarif parkir inap di sini, stasiun Tawang.

Kesempatan bagus ini tentu tidak kami sia-siakan. Kami langsung bertanya pada petugas parkir dan petugas jaga piket loket pintu keluar. Dan berikut tarif yang diberlakukan.

Mobil
Parkir inap dikenakan harga 45 ribu rupiah. Lebih dari hari yang diterapkan, akan dikenakan biaya lagi. Sepeda Motor
Parkir inap roda dua dikenakan biaya 25 ribu rupiah. Dan sama seperti mobil, akan ada biaya tambahan bila lebih dari waktu yang diterapkan, 24 jam…

Review Lot 28 Semarang

Awal Agustus kemarin, tempat ini mengadakan soft opening dengan mengundang social media influencer Semarang. Termasuk bloger di dalamnya. Lot 28 sendiri beralamat di jalan Singosari Raya No.28, Semarang. Seperti apa tempatnya?

Selamat datang kembali akhir pekan. Apakah kamu sudah punya rencana menghabiskan hari Sabtu? Mungkin bertemu dengan teman atau sahabat, atau juga pasangan bisa meredakan stres setelah sibuk beberapa hari dengan rutinitas dan pekerjaan.

Komunikasi secara langsung itu sangat menyenangkan, dan tentu didukung tempat yang menarik yang bisa membangkitkan suasana hati. Kami punya rekomendasi bila kamu ingin sesuatu yang baru di Semarang berikut ini.



Lot 28, kamu bisa ngopi atau makan malam di sini

Nama yang unik menurut kami saat owner menjelaskan kepada kami yang turut hadir saat soft opening, kamis sore, 3 Agustus 2017. Angka 28 sendiri diambil dari nomor tempat ini berada.

Bahkan, 28 ini juga punya makna yang berarti 2 artinya 2 rasa, dan 8 artinya cerita (merujuk m…

Ini Spesifikasi VivoBook S330; Laptop yang Nyaman Diajak Bepergian

[Halaman ini berisi konten press release] Setelah postingan Smartphone mendominasi bulan Desember hingga awal tahun, akhirnya kami membawa postingan tentang laptop. Asus VivoBook S330 yang dibandrol 8 juta ini memiliki fitur fast charging, tertarik?

Ada yang mendamba-dambakan laptop baru sebagai bagian resolusi tahun 2019? Mungkin bukan kamu saja yang berharap, kami pun demikian. Bicara laptop, akhir tahun 2018 lalu ASUS memperkenalkan VivoBook S430, yang memiliki bodi sangat ramping dan ringan.

Laptop ini ditujukan untuk pengguna yang dinamis dan memiliki desain sangat ramping sehingga bisa dibawa bepergian dengan mudah, sangat cocok untuk kawula muda yang memang menjadi target pengguna utamanya.

Spesifikasi 

Kami ingin langsung mengenalkan VivoBook S330 ini sebelum kamu baca ulasannya yang sangat panjang nantinya. Kami khawatir, kamu menemukan artikel yang sama dan punya kami terasa hambar. Langsung saja.

Main Spec. ASUS VivoBook S330UA CPU Intel Core i3 8130U Processor Dual Core (4M Ca…

Jadwal Tampil Wayang Orang Ngesti Pandowo Bulan Januari - Maret 2019

Postingan kedua kami tentang jadwal Wayang Orang Ngesti Pandowo di blog dotsemarang. Jadwal ini kami ambil dari akun official Instagram, berikut selengkapnya.

Penggemar wayang atau kamu yang sedang ke Semarang, mau melihat hal menarik yang berhubungan dengan kesenian, bisa datang ke Taman Budaya Raden Saleh di akhir pekan.

Yang harus diperhatikan lebih dahulu tentu, masuknya harus bayar. Ya, 30 ribu. Bisa dilihat di bawah ini. Semua informasi tersedia di poster. Selamat menyaksikan.

by Instagram @ngesti_pandowo
Artikel terkait : Jadwal Tampil Wayang Orang Ngesti Pandowo Bulan Oktober - Desember 2018Agenda Semarang Tahun 2019Agenda Semarang Januari 2019Jadwal Pameran Handphone di Semarang Bulan Desember 2018LainnyaInformasi Kerjasama Hubungi lewat email dotsemarang@gmail.com Atau klik DI SINI untuk detail lebih lengkap