Festival Banjir Kanal Barat 2018 : Sedikit Berbeda


Ada 2 hal yang membedakan gelaran tahunan ini dari sebelumnya. Lokasi yang sama namun penempatan yang berbeda dan tidak ada penerbangan lampion. Lalu, seperti apa konsep lampion dan tempatnya?

Acara ini udah selesai diselenggarakan pada bulan Mei kemarin, lebih tepatnya tanggal 11-13 Mei. Kami sendiri tidak menghadiri acara ini, namun tetap melihat seperti apa lokasi yang digunakan di hari terakhir acara ini. Jadi jangan harap halaman ini memberikan suasana saat acara. Kami mohon maaf untuk harapan tersebut.

Banjir Kanal Barat Festival 2018 (BKBFest)  yang tahun ini memasuki usia ke-6 (pertama kali tahun 2013) dilaksanakan di sekitaran Madukoro. Masuk lewat Semarang Indah.

Alasan pemindahan tempat, mengutip situs infonawacita.com (11/5),  karena lokasi yang lama terjadi pendangkalan. Dimana inti acara dari festival adalah lomba perahu hias.

Kami sendiri melihat lokasi di hari terakhir pas sore hari, acara sudah usai. Seperti ini gambarannya agar tahun depan bisa menjadi referensi.

Menghanyutkan lentera/lampion

Kali ini lentera tidak diterbangkan seperti biasanya. Ternyata alasannya agar tidak mengganggu penerbangan, dan mengantisipasi jika lampion jatuh di area yang berbahaya. Dan lampion dihanyutkan di atas air atau bahasa lainnya melarung.

Kami sempat bingung dengan bahasa melarung ini yang sebenarnya artinya sama seperti hanyut atau menghanyutkan. Ya, lentera-lentera dibiarkan hanyut yang jumlahnya ada sekitar 3.000 lentera.

Tidak langsung semua dihanyutkan ternyata, namun dibagi 2 hari. Hari pertama ada sekitar 2.000 dan hari kedua sisanya, yaitu 1.000 lentera.

Pawai perahu


Data yang kami ambil dari kompas.com (14/5), ada sekitar 34 perahu hias ditampilkan dalam penyelenggaraan tahun 2018. Ini juga termasuk daya pikat dari BKB Fest.

Semarang Introducing Market

Tahun ini panggung acara sepertinya milik brand transportasi online, Gojek, yang menjadi sponsor acara. Branding mereka benar-benar kental untuk memaksimalkan acara yang jadi satu paket dengan BKBFest ini.

Tahun ini, Semarang Introducing Market mengutip dari situs jateng.antaranews.com (8/5) sudah berjalan 7 kali. Acara yang menjadi ajang pameran produk UMKM Kota Semarang ini penyelenggaranya sendiri adalah Dinas Koperasi dan UMKM Kota Semarang.




..

Tahun depan, kami harap dapat mengikuti acara secara lengkap. Biar lebih dapat informasinya. Dan tentu harapannya tidak lagi terbentur dengan beberapa acara yang mengundang kami.

Yuk, agendakan ke Semarang tahun depan di bulan Mei. Selain ada Festival Banjir Kanal Barat, tiap merayakan hari jadi kota akan banyak acara yang menarik untuk dijadikan referensi berlibur ke kota kami.

Artikel terkait :
Informasi Kerjasama
Hubungi lewat email dotsemarang@gmail.com
Atau klik DI SINI untuk detail lebih lengkap

Comments

Popular posts from this blog

Sego Bancakan Pawone Simbah, Tempat Makan Baru di Kota Lama Semarang

Berapa Tarif Parkir Inap di Bandara Ahmad Yani Semarang Tahun 2022?

Review : Gunakan Layanan Maxim Life Massage & SPA

Parkir di DP Mall Kini Hanya Melayani Pembayaran Non Tunai

Apakah Shopee Video Bisa Unggah Video dari Komputer?