Tes Kecepatan Internet Malam, Siapa Paling Unggul (Indosat, Smartfren, Tri) ?

Hasilnya akan berbeda, sesuai lokasi berada. Dan pengalamannya juga tentu berbeda. Jadi artikel ini sebatas rekomendasi. Pengujiannya juga dengan cara sederhana, yaitu aplikasi tes speed yang tersedia di Play Store.  

Kamu yang sedang mencari internet provider, khususnya tengah malam, halaman ini bisa jadi acuan kamu bila diperlukan. Tes koneksi ini dilakukan di bulan Agustus 2020. Bila di masa depan, kamu datang ke halaman ini, tentu sudah beda lagi kecepatannya.

Diantara 3 operator yang kami coba, hanya 1 operator yang memang memiliki ketersediaan paket tengah malam atau midnight. Ya, itu Smartfren dengan paket pembagian kuotanya.

Sedangkan Indosat, tidak ada pembagian paket. Kebenaran kami mengaktifkan paket 24 jam. Lalu ada Tri dengan paket Unlimited-nya yang dimulai dari jam 1 dini hari.

Aplikasi yang digunakan 

Seperti yang kami katakan di awal, jika tes yang dilakukan menggunakan aplikasi sederhana dan banyak tersedia di Play Store. Kamu bisa mencobanya sendiri nanti.

  • Speed Test
  • Speedtest Master 

Hasil tes

Tes kecepatan ini dilakukan jam 2 dini hari dengan beberapa menit waktu perbedaan antara satu sama lainnya. Semakin nilai Ping rendah, maka koneksinya semakin besar.

Indosat 
(02.00 wib)
Ping : 75,4 Ms
Download : 11,1 Mbps
Upload : 4 Mbps

Smartfren
(02.03 wib)
Ping : 69,6 Ms
Download : 6,9 Mbps
Upload : 0,7 Mbps

Tri
(02.05 wib)
Ping : 34 Ms
Download : 27,9 Mbps
Upload : 10,1 Mbps

Kesimpulan dari hasil di atas, kecepatan internet ketiga operator yang kami tes yang paling baik adalah Tri. Semakin besar angka Download, maka aktivitas berselancar seperti nonton Youtube, main game, buka aplikasi besar, lebih mudah.

Sedangkan untuk Upload, Tri juga lebih unggul dari keduanya. Dengan angka seperti yang ditampilkan, kamu tidak butuh waktu lama mengunggah atau mempublish konten di media sosial. Semisal, upload video di TikTok, Youtube atau update foto di Instagram.

Banyak pilihan tentunya untuk mengambil mana yang terbaik dari sisi pengguna. Faktor lain juga berpengaruh, seperti batasan kuota hingga waktu. Kami harap artikel ini berguna buatmu hari ini.

Artikel terkait :

Comments

Popular posts from this blog

Sego Bancakan Pawone Simbah, Tempat Makan Baru di Kota Lama Semarang

Review : Gunakan Layanan Maxim Life Massage & SPA

Berapa Tarif Parkir Inap di Bandara Ahmad Yani Semarang Tahun 2022?

Apakah Shopee Video Bisa Unggah Video dari Komputer?

Kenapa Paket Xtra Combo Flex Tidak Ada di Aplikasi MyXL ?