Penggunaan QR Code di Kotak Amal Masjid

Semenjak awal tahun memperhatikan perkembangan QR Code atau kode QR di Kota Semarang, kami selalu tertarik dengan hal-hal berbau kode batang 2 dimensi ini. Akhir Juli kemarin, kami melihatnya dipasang di kotak amal. 

Itu adalah momen saat salat id Idul Adha di Masjid Agung Jawa Tengah. Kami sangat percaya diri saat melihatnya pertama kali. Kami pikir mudah untuk mencobanya hanya dengan aplikasi bawaan (QR Code) yang ada di ponsel kami. 

Eh, tidak bisa. Kenapa? Meski bisa pun, hanya mampu membaca sebuah angka-angka dan entah itu tidak berfungsi dari apa yang kami bayangkan.

Gunakan aplikasi seperti Gojek

Ternyata. Setelah kami amati dengan seksama, ada beberapa logo brand yang ada di bawah kotak kode QR. Kami memiliki salah satunya, yaitu Gojek. 

Sedangkan lainnya, bisa menggunakan OVO, Shopee Pay, dan Dana. Itu hanya merek non tunai yang familiar bagi masyarakat. Lainnya mungkin masih ada. Seperti tulisan yang tertera di sana.

Akhirnya kami coba menggunakan aplikasi Gojek. Masuk menu Gopay, dan lakukan seperti biasanya. Ternyata memang bisa dan mudah. Kali ini, kami memasukkan kotak amal tanpa uang fisik.

Selain membawa merek sendiri, MAJT-INFAQ, di kotak amal juga ada BTN Syariah yang turut menempel di kotak amal. Dan kurang lebih sama penggunaan aplikasi untuk penggunaannya. 
Tetap berjalan

Meski sudah membawa teknologi dalam penyediaan kotak amal oleh Masjid Agung Jawa Tengah, kotak amal tetap berjalan seperti biasanya. Mungkin ada yang belum infaq. Atau juga, yang lupa bawa uang fisik, tetap bisa memberi infaq lewat aplikasi.

...

Kami melihat sesuatu yang baru dan kekinian. Di masa depan, kami harap kotak amal lebih dibuat menarik lagi. Sayangkan, sudah menggunakan teknologi, tapi kemasannya masih sama.

Tapi entahlah, bagaimana cara mendesain kotak amalnya nanti. Setidaknya, kami sudah tahu cara menggunakannya dan tidak perlu lagi mencari uang (fisik) untuk dibawa. 

*Orang-orang sekarang lebih suka bawa ponsel mereka, meski tidak ada uang.

Artikel terkait :

Comments

Popular posts from this blog

Sego Bancakan Pawone Simbah, Tempat Makan Baru di Kota Lama Semarang

Review : Gunakan Layanan Maxim Life Massage & SPA

Berapa Tarif Parkir Inap di Bandara Ahmad Yani Semarang Tahun 2022?

Apakah Shopee Video Bisa Unggah Video dari Komputer?

Kenapa Paket Xtra Combo Flex Tidak Ada di Aplikasi MyXL ?