Gowes, Layanan Bike Sharing Telah Hadir di Kota Semarang


Gowes, sebuah layanan bike sharing yang menjadi unggulan milik PT Surya Teknologi Perkasa (STP), kini telah hadir di Semarang. Mereka memanfaatkan momen Car Free Day dalam peluncurannya, Minggu (3/2/2019). Menarik kelihatannya.

Awal bulan Februari, kami pikir bisa mendapatkan konten bagus di kawasan Car Free Day. Setelah berkeliling, Simpang Lima hingga Pahlawan, kami menemukan dua konten event. Salah satunya peluncuran Gowes oleh Pemerintah Kota Semarang dan Jajaran Musyawarah Pimpinan Daerah (Muspida) Kota Semarang.

Terlambat

Dalam pengenalannya yang bermitra dengan XL Axiata, lokasinya berada di pedestrian depan hotel Ciputra atau halte bus Trans Semarang Simpang Lima.

Sayangnya, kami terlambat menyadari adanya acara tersebut. Saat kami tiba, semua sudah selesai. Tinggal menyisakan sepeda dan orang-orang Gowes yang masih sibuk menjelaskan kepada masyarakat karena begitu menarik.

Ada unit sepeda hingga scooter

Branding Semarang Hebat

Kami berhenti sejenak saat melihat parkiran sepeda rapi yang berwarna orange merah dan juga backdrop XL di pedestrian. Untunglah kami melihat ini. Bahkan kami mencoba salah satunya, yaitu scooter.

Dari siaran pers yang kami terima via email, ada 30 unit sepeda, 20 unit e-scooter, dan 10 unit e-bike GOWES fleet yang dibawa ke Semarang. Menarik dari unit yang disediakan adalah e-scooter dan e-bike (sepeda listrik).

Semua unit saat peluncuran kemarin, bisa digunakan secara cuma-cuma alias gratis. Namun beberapa jam kemudian dan seterusnya, masyarakat yang menggunakan harus menyewa. Dan sewanya harus melewati aplikasi yang bernama Gowes.

Sudah ada di kota-kota besar

Saat ini, ratusan sepeda GOWES sudah beroperasi di Pulau Bali yang tersebar pada area Kuta, Legian, Sanur, Nusa Dua, bahkan kawasan Garuda Wisnu Kencana (GWK) Bali.

Selain itu, GOWES juga telah resmi beroperasi di Kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta, kawasan Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta, serta kawasan Telkom University, Bandung.

GOWES juga hadir di beberapa lokasi pemukiman di Jakarta seperti di Bintaro Jaya dan Nava Park BSD City.

Bermitra dengan XL 


Kami pikir langkah bagus dengan sebuah kolaborasi. Dengan kemitraan ini, Xl menyediakan SIM Card dan jaringan internetnya untuk digunakan Tracking Device di Gowes Fleet yang selama acara berlangsung.

Untuk harga sewa, harga ini tentu dapat berubah sewaktu-waktu karena kami bukan dari perusahaan mereka, sepeda biasa dihargai 10 ribu. Untuk e-scooter dan e-bike harga sewanya cuma 25 ribu rupiah.

Penerapan teknologi Internet of Things (IOT)


Bisa dikatakan begitu, mengingat unit Gowes yang digunakan masyarakat hanya memanfaatkan aplikasi. Saat kami berbicara dengan beberapa orang di lokasi, unit yang dibawa memiliki pengaman sendiri.

Jadi tidak dapat dibawa pulang karena ada GPS yang ditanamkan. Keamanannya sendiri meliputi seperti bila keluar dari zona tracking, ia akan mengunci roda dan berbunyi. Tetap ngotot membawa, bakal ada Satpol PP atau Polisi yang datang mencari ke rumah pengguna yang bandel.

Mendukung Pariwisata

Unit Gowes ini ditaruh di pedestrian hotel Holiday Inn

Dari awal kehadirannya, tahun 2018, Gowes merupakan opsi transportasi masyarakat yang awalnya berada di salah satu cluster di Bintaro Jaya (Jakarta). Dalam pengembangannya hingga ke Bali, Gowes ditujukan untuk turis lokal hingga mancanegara.

Masyarakat yang ingin menikmati Kota Semarang, bisa memanfaatkan Gowes sebagai alternatif mengeksplore tempat-tempat menarik di Semarang. Semisal dari Simpang Lima menuju Lawang Sewu.

Mengingat unit Gowes sendiri ditempatkan dibeberapa titik, seperti hotel contohnya. Tinggal buka aplikasi, masyarakat tinggal gunakan dan mencari titik parkir Gowes berikutnya.

Cara menggunakan


Kami sudah mencoba e-scooter, meski tidak sempat berkeliling lapangan Simpang Lima karena waktu gratisnya sudah selesai.

Kami diharuskan menginstal aplikasi GOWES yang berada di Play Store Android dengan besaran file mencapai 28MB. Hingga tulisan ini kami buat, aplikasi sudah diunduh sebanyak 100 ribu lebih.

Daftarkan nama, alamat hingga nomor telepon yang nantinya digunakan sebagai verifikasi. Dalam aplikasi tersendiri terdapat e-money atau uang elektroik yang dapat diisi. Dan ini yang digunakan untuk sewa. Jangan lupa isi saldo. Masih banyak lagi kegunaan aplikasi tersebut yang bisa dimanfaatkan dalam bertransaksi.

Setelah menginstal dan mendaftar, untuk ulasan aplikasi nanti kami bahas dilain waktu, pilih ikon Ride. Tampilan map akan kebuka dan bila ingin sewa, posisi sudah dekat unit, cari kode unit dan kemudian scan barcode yang ada di unit (sepeda biasa, sepeda listrik atau scooter).

Bila lancar semua, maka selamat menggunakan. Bila belum, sepertinya harus lebih berusaha lagi dan cek ketersediaan baterai unit. Jika baterai tipis atau tinggal dikit, sebaiknya jangan digunakan. Soalnya saat mati, fitur keamaan unit akan hidup. Ban akan terkunci, dan juga alarm akan berbunyi.


“Kami menawarkan alternatif transportasi ramah lingkungan (eco-friendly transportation) yang bebas dari polusi udara dan polusi suara untuk dapat digunakan seluruh kalangan maupun usia. 

Kami ingin memperkenalkan GOWES ke lebih banyak kalangan, khususnya bagi warga Semarang.”

“Kami sangat gembira atas antusias yang diberikan warga Semarang, dan berterima kasih kepada Pemerintah Kota Semarang atas dukungannya yang luar biasa. 

Dengan bekerja sama dengan Pemerintah Kota Semarang, kami berharap GOWES dapat menjadi solusi transportasi ramah lingkungan dan juga memberikan dampak sosial yaitu gaya hidup yang lebih sehat bagi penduduk kota Semarang,”

Iwan Suryaputra, Direktur Utama PT Surya Teknologi Perkasa (STP)


“Dengan partisipasi GOWES pada CFD hari ini, kami berharap masyarakat Kota Semarang dapat menjadikan GOWES fleet sebagai opsi transportasi jarak pendek sehari – hari dari kawasan pemukiman ke berbagai lokasi. 

Tidak hanya warga Semarang, namun wisatawan yang berkunjung ke Kota Semarang juga dapat memanfaatkan layanan GOWES di masa yang akan datang guna mengunjungi berbagai titik pusat keramaian seperti Pusat oleh – oleh, Lawang Sewu, Goa Kreyo, Kelenteng Gedung Batu Sam Poo Kong, dan berbagai tujuan wisata menarik lainnya di Kota Semarang. Kedepannya, ratusan GOWES fleet akan ditempatkan di berbagai wilayah kota Semarang.”

Bapak Ulfi Imran Basuki, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Semarang

 e-scooter
Pake listrik, tinggal pencet gasnya, nanti akan jalan sendiri. Tidak buat lelah
Tempat hape, siapa tahu mau selfie
...

Kedepannya, akan banyak GOWES fleet yang ditempatkan di tempat-tempat strategis di kota Semarang. Seperti hotel, tempat wisata dan lainnya. Penempatan tersebut juga jadi sebagai lokasi parkir.

Bukan hanya memudahkan masyarakat yang menggunakan, tapi juga wisatawan yang datang ke Kota Semarang. Tinggal pakai dan mudah. Tapi tetap berbayar, meski di dalam aplikasi. Selain untuk pengguna Android, aplikasi juga tersedia pengguna iOS.

Artikel terkait :
Informasi Kerjasama
Hubungi lewat email dotsemarang@gmail.com
Atau klik DI SINI untuk detail lebih lengkap

Comments

Popular posts from this blog

Sego Bancakan Pawone Simbah, Tempat Makan Baru di Kota Lama Semarang

Review : Gunakan Layanan Maxim Life Massage & SPA

Berapa Tarif Parkir Inap di Bandara Ahmad Yani Semarang Tahun 2022?

Apakah Shopee Video Bisa Unggah Video dari Komputer?

Kenapa Paket Xtra Combo Flex Tidak Ada di Aplikasi MyXL ?