Menjelang Tahun Baru 2023, Kota Semarang Kebanjiran

Hujan dari Jumat malam (30/12) hingga Sabtu (31/12) menjelang siang, membuat Kota Semarang mengalami kebanjiran. Seperti mengamini prediksi lembaga prakiraan cuaca yang sudah memberitahukan beberapa hari sebelumnya, bukan bukan, beberapa minggu sebelumnya, cuaca tidak bersahabat untuk kota-kota yang ada di Indonesia di bulan Desember. Ternyata, Ibu Kota Jawa Tengah termasuk salah satunya.

Apes! Momen spesial menjelang pergantian tahun harus ternoda dengan hujan lebat beserta angin kencang. Ini bakal dikenang selalu dan menjadi catatan yang akan bisa digunakan di masa depan sebagai bagian sejarah bahwa akhir tahun 2022, Kota Semarang pernah mengalami kebanjiran yang besar.

Langganan banjir di titik biasanya

Bukannya reda, Sabtu pagi hujan yang melanda malah semakin deras. Bila kondisinya begini, kami prediksi titik-titik langganan banjir yang pernah kami publish tahun 2012 akan mengalami kebanjiran. 

Benar saja, pesan grup WhatsApp hingga linimasa Twitter mulai berdatangan gambar-gambar kondisi banjir seperti kawasan kaligawe, Simpang Lima, Stasiun Tawang, Kota Lama dan lainnya.

Ini membuat perasaan sedih. Apalagi yang paling terdampak adalah transportasi Kereta Api. Tentu, semua terdampak. Beberapa pengguna Kereta Api banyak mengeluh di media sosial yang terpaksa harus bersabar karena waktu tiba mereka di stasiun Semarang jadi lebih lama karena tertunda.

Tetap waspada

Banjir sangat merepotkan pastinya. Tempat tinggal kami saja, meski tidak terkena dampak karena banjir berada di titik-titik tertentu, tetap kerepotan juga. Terutama atap bocor dan listrik yang mendadak konslet.

Intensitas hujan yang cukup deras dan berjam-jam rupanya membuat genangan yang biasanya tidak terdampak, malah jadi terkena dampak. Kami harap, kita semua tetap waspada.

Mendadak hening setelah malam pergantian

Seperti sebuah cerita komik (magic), suara berisik hujan yang ada di atap-atap rumah mendadak hening. Kecuali, suara kembang api yang terdengar pada pukul 00.00. Cuaca langsung cerah, angin kencang yang mengikutinya juga seolah menghilang. 

Minggu, tanggal 1 Januari 2023. Kota Semarang seakan menyambut tahun baru. Meski langit terasa lebih panas dari hari sebelumnya, potensi hujan ternyata masih diprediksi akan turun.

📷Twitter @perhubunganjtg

Gambar cover di halaman ini kami ambil dari akun Twitter @perhubunganjtg. Lewat akun ini, kita bisa memantau kondisi lalu lintas di Kota Semarang khususnya dan juga Kota-kota lain.

Selain itu, bisa juga memantau kondisi banjir lewat akun Twitter Elshinta Semarang yang beralamat di id elshinta_smg

...

Hingga selesai menulis halaman ini, sekitar tempat tinggal kami langitnya begitu cerah. Ada pun sempat gerimis, hari minggunya, namun hanya sesaat. Angin yang berhembus masih kencang, seakan tidak ingin lekas pergi.

Mari mendoakan orang-orang yang terdampak banjir agar diberi ketabahan dan kesabaran. Semoga airnya lekas surut. Tempat - tempat bisnis dan layanan umum juga kembali normal. 

Sebuah catatan yang menutup akhir tahun 2022.

Artikel terkait :

Comments

Popular posts from this blog

Sego Bancakan Pawone Simbah, Tempat Makan Baru di Kota Lama Semarang

Review : Gunakan Layanan Maxim Life Massage & SPA

Apakah Shopee Video Bisa Unggah Video dari Komputer?

Berapa Tarif Parkir Inap di Bandara Ahmad Yani Semarang Tahun 2022?

Kenapa Paket Xtra Combo Flex Tidak Ada di Aplikasi MyXL ?