Menelisik Fakta-Fakta Pulau Kalimantan, Lokasi Ibu Kota Baru Indonesia


Pada akhirnya, Ibu Kota Baru Republik Indonesia sudah resmi dipindahkan ke Pulau Kalimantan, yakni di Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Kutai Kartanegara yang terletak di Kalimantan Timur.

Sebelum mencapai keputusan akhir, tentu saja Presiden Joko Widodo beserta jajaran penting lainnya telah melalui begitu banyak pertimbangan mengenai alasan Ibu Kota Baru harus dipindahkan ke Pulau Kalimantan.

Padahal, Indonesia memiliki provinsi-provinsi lainnya yang juga bisa dijadikan sebagai kandidat pemindahan ibu kota baru ini.

Jakarta sepertinya sudah tidak mampu menjadi Ibu Kota Indonesia karena berbagai faktor pendukung. Selain pernah mengalami gempa beberapa waktu lalu, padatnya penduduk di pulau Jawa menjadi salah satu alasan mengapa Ibu Kota harus dipindahkan ke luar Jawa.

Lalu, apa sih yang menjadi pertimbangan Ibu Kota Baru dipindahkan ke Pulau Kalimantan? Berikut fakta menarik Ibu Kota Baru Indonesia yang mungkin ingin anda ketahui.

Fakta Menarik Mengenai Pulau Kalimantan

1. Pulau Terbesar di Dunia

Sebagai masyarakat Indonesia, kita seharusnya patut berbangga. Selain memiliki keanekaragaman budaya, Indonesia pun juga memiliki pulau yang masuk ke dalam jajaran pulau terbesar di dunia lho. Pulau Kalimantan memasuki urutan ke-3 sebagai pulau terbesar di dunia, tepat di bawah Greenland dan Papua.

Memiliki luas mencapai 743.330 km membuat pulau Kalimantan memiliki lahan yang pas untuk dibangunnya sebuah kota dan perkembangan infrastruktur.

2. Tiga Negara dalam Satu Daratan

Faktanya, pulau Kalimantan ternyata tidak sepenuhnya dimiliki oleh Indonesia lho, melainkan dimiliki oleh tiga negara sekaligus, yakni Malaysia, Brunei Darussalam dan Indonesia. Meskipun begitu, Indonesia tetap memiliki wilayah kekuasaan yang jauh lebih besar dibandingkan kedua negara lainnya, yakni sebanyak 70%.

3. Aman dari Gempa

Inilah salah satu faktor yang sangat penting yang harus dimiliki oleh sebuah ibu kota, yakni aman dari bencana alam seperti gempa bumi. Dapat dikatakan bahwa pulau Kalimantan hampir tidak pernah terkena gempa bumi, bila dibandingkan dengan pulau-pulau lainnya yang ada di Indonesia.

Hanya berdekatan dengan lempeng gempa yang tepatnya berada di bagian Selat Makassar membuat potensi gempa bumi sangatlah kecil di pulau ini.

4. Memiliki Banyak Hewan dan Buah Endemik

Jika Jakarta cenderung dengan daerah perkotaan, maka berbeda dengan pulau Kalimantan yang masih memiliki perhutanan alami sebagai habitat para hewan-hewan langka seperti Orang Utan, Gajah Borneo, Bekantan, Badak Borneo, Rusa, Tapir, Landak, dan masih banyak spesies lainnya yang sebagian besar telah memasuki kategori hewan punah.

Selain hewan-hewan, pulau Kalimantan juga menjadi pusat aneka ragam buah-buah langka endemik yang tidak bisa ditemukan di daerah lainnya selain di pulau Kalimantan itu sendiri.

Dengan dipindahkannya ibu kota ke pulau Kalimantan, diharapkan bahwa populasi penduduk di pulau Jawa akan berkurang sekaligus pemerataan pembangunan bagi seluruh provinsi di Indonesia.

Tidak dapat dipungkiri bahwa dengan pemindahan ibu kota, kemacetan Jakarta juga berangsur-angsur berkurang. Namun walau begitu, pulau Kalimantan murni hanya untuk pusat pemerintahan saja, sedangkan Jakarta akan tetap menjadi pusat perputaran ekonomi dan bisnis, baik untuk ranah nasional maupun internasional.

Saat ini, pembangunan ibu kota sudah mulai dilaksanakan dan diperkirakan akan rampung pada tahun 2024 nanti. Wah, jadi penasaran nih! Selain keempat fakta-fakta menarik mengenai pulau Kalimantan yang menjadi ibu kota baru Indonesia, ternyata masih banyak lagi fakta-fakta menarik lainnya yang menjadi pertimbangan mengapa ibu kota Indonesia harus pindah ke Kalimantan.

Penasaran dengan fakta-fakta menarik lainnya? Yuk baca informasi lengkapnya di https://www.cekaja.com/info/bakal-jadi-ibu-kota-baru-ini-keistimewaan-pulau-kalimantan/

Artikel terkait :

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Sego Bancakan Pawone Simbah, Tempat Makan Baru di Kota Lama Semarang

Review : Gunakan Layanan Maxim Life Massage & SPA

Berapa Tarif Parkir Inap di Bandara Ahmad Yani Semarang Tahun 2022?

Apakah Shopee Video Bisa Unggah Video dari Komputer?

Kenapa Paket Xtra Combo Flex Tidak Ada di Aplikasi MyXL ?