Favorit

Agenda Semarang Bulan September 2024

Image
Hujan di awal bulan Agustus kami pikir akan sudah mengubah suasana Kota Semarang lebih adem. Ternyata, hanya hujan di awal bulan saja. Mari katakan Hai pada bulan September yang jatuh pada hari Minggu di awal bulan. Acara apa yang sudah menanti? Meninggalkan bulan Agustus yang penuh sesak acara, hingga 40 lebih yang kami catat, dengan berbagai momen sungguh menyenangkan. Apakah bulan September akan ada momen serupa dan jumlahnya mampu mengungguli bulan Agustus? Kami harap begitu. Agenda Semarang Awal bulan September, hajatan rutin tiap tahun sudah menanti lewat acara Festival Kota Lama yang kali ini ada banyak perubahan yang dibawa. Beberapa acara lainnya akan menyusul seiring waktu yang kami temukan. Sambil menunggu kami mengumpulkan, kamu bisa lihat dulu agenda rutin yang ada di Kota Semarang. [25 Agustus - 2 September] - 8𝑡ℎ Asian School Badminton Championship (ASBC) 2024 di Kota Semarang. [27 Agustus - 1 September] - Sociolla Atrium Event di The Park Mall Semarang. [28 Agustus - 1

[Event] Pertama Kali Menyaksikan Semarang Merdeka Flower Festival Tahun 2024

Ini adalah kali pertama kami menyaksikan event parade yang sebagian besar pesertanya adalah kendaraan. Jika tidak salah sebelum seperti namanya sekarang, acaranya bernama Semarang Flower Festival.

Mengutip inews.id, acara bertajuk arak-arakan atau parade atau festival ini digelar pertama kali tahun 2022 yang terinspirasi dari The Rose Parade, Amerika Serikat. 

Sudah penuh sesak

Seperti namanya yang dikaitkan dengan bunga, maka tidak heran hiasan yang dipakai oleh peserta parade adalah bunga-bunga. Tahun 2024 ini, paradenya digelar di akhir pekan atau hari Sabtu, tanggal 24 Agustus.

Jika menengok jadwal acara, parade dimulai sore hari sekitar pukul 15.00 wib. Kami tidak kaget ketika akhirnya tiba di Simpang Lima yang jadi target kami menyaksikan iring-iringan parade berjalan yang sudah penuh sesak masyarakat.

Beruntungnya, cuaca Kota Semarang juga mendukung. Apalagi dimulai sore hari, festival terasa hangat dan menyenangkan. 

Tujuan kami menonton adalah jembatan penyeberangan yang ada di jalan Pandanaran dekat gedung Indosat. Kami pikir itu tidak banyak orang, ternyata kami salah. Baik di bawah, jalan raya atau di atas ternyata sudah penuh sesak.

Kelimpungan

Setelah menunggu beberapa saat, peserta parade yang sudah berjalan dari Balai Kota akhirnya tiba di jalan Pandanaran yang merupakan titik akhir kegiatan. Untuk diketahui jarak yang peserta tempuh adalah 2.8 Km.

Antusias masyarakat tidak terbendung. Di tengah hiruk pikuk yang membelah salah satu ruas jalan, tampak sosok Wali Kota yang ternyata ikut berparade dengan menggunakan sepeda. Kami beri tepuk tangan buat beliau.

Ketika yang ditunggu-tunggu tiba, parade mobil hias, rupanya itu jadi incaran warga. Maklum, bunga-bunga yang menghiasai kendaraan seperti memiliki magnet tersendiri. Sebagian memilih menonton saja dan sebagian berusaha mengambil bunga-bunga di kendaraan.

Pemandangan yang menarik buat kami dan masyarakat yang jauh-jauh datang menyaksikan secara langsung ke Kota Semarang. Apakah bunganya memberi berkah?

Meski aktivitas mengambil bunga membuat sedikit jalan parade melambat, masalah yang lebih utama ternyata pengendara yang ikut menerobos di bagian belakang parade. Mungkin dikira sudah selesai. Padahal beberapa kendaraan masih ada yang tertinggal.

Penyelenggara akhirnya kelimpungan dengan banyaknya pemotor yang ingin ikut merangsak masuk padahal sedang ada kegiatan. Sepertinya penjagaannya kurang kuat yang dilakukan.

Alhasil, pemotor yang sangat banyak harus dikeluarkan dari barisan parade dengan memberhentikan parade beberapa kali. Itu terpaksa dilakukan karena panggung utama untuk penonton VIP (pejabat, wali kota, undangan dan juri) ada di depan Masjid Baiturrahman.

Foto dan video

Meski sedikit terganggu pemandangannya oleh pengendara, acara Semarang Merdeka Flower Festival ini sangat berkesan tentunya. Agenda rutin tahunan yang akan selalu dinanti masyarakat, baik Kota Semarang maupun luar kota.

Beberapa foto dan video yang kami abadikan tersedia di blog galeri foto yang beralamat di fotodotsemarang.blogspot.com. Atau ingin langsung segera melihat, bisa langsung klik di sini.

Sementara masih sedikit. Segera akan terus kami tambahkan di sana. 

Artikel terkait :

Comments

Popular posts from this blog

AMOLI, Laptop Buatan Mana?

Apakah Shopee Video Bisa Unggah Video dari Komputer?

Review : Gunakan Layanan Maxim Life Massage & SPA

Threads yang Kini lebih Ramah Dengan Mesin Pencari Google

Kenapa Paket Xtra Combo Flex Tidak Ada di Aplikasi MyXL ?