Langsung ke konten utama

Foe Jose Amadeus Krisna, Dalang Tionghoa Muda yang Mencuri Perhatian di PIS 2018


Seperti janji kami sebelumnya di postingan terakhir kami publish tentang acara Pasar Imlek Semawis 2018, kami akhirnya membawa Dalang muda yang sepanggung dengan pak Wali Kota saat pembukaan. Mari mengenal lebih jauh tentang Dia.

Namanya Foe Jose Amadeus Krisna. Mahasiswa Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga kelahiran Semarang, 21 Nopember 1998 ini menyukai Wayang sejak umur  3 tahun. Prestasinya juga sudah banyak, salah satunya mendapat gelar kebangsawanan Keraton Solo.

Bila kamu cari artikel Jose di mesin pencari sangat banyak. Jadi dipostingan ini kami tak ingin banyak membawa profilnya.  Lebih tentang mengenalkan Jose saja lewat blog dotsemarang agar lebih dikenal lagi dan menambah direktori kami.

Satu panggung dengan Wali Kota 

Foto by Panitia

Meski namanya sudah tidak asing di dunia perdalangan, jujur kami baru tahu saat Dia diperkenalkan kepada kami dan undangan saat malam pembukaan di tenda utama bersama pak Hendi (Wali Kota).

Jose bicara tentang karyanya yang disebut Wayang Kronik yang disebut juga Wayang Multikultural sambil membawa wayangnya.

Mengambil informasi dari situs indochinatown.com (15/2/2018), Wayang Kronik adalah bentuk dari akulturasi kebudayaan Tionghoa dan Jawa. Bentuknya mengambil Wayang Purwa Jawa, tetapi diberi ornamen-ornamen khas Tiongkok dan tidak meninggalkan tatanan serta komposisi Wayang Jawa.

Ada 2 tokoh wayang yang sudah dihasilkan oleh Jose, yaitu Dewi Kwan Im Tangan Seribu dan Sung Go Kong Wanda Prabu.

Jose berharap tahun 2019, ia dapat mementaskan Wayang Kronik di acara Pasar Imlek Semawis. Tentu dukungan semua pihak sangat akan membantunya kelak.

Foto by Panitia

Tidak mudah menyiapkan puluhan tokoh untuk pentas ini. Namun Jose optimis semua berjalan lancar.

“Saya tak henti-hentinya berlatih termasuk belajar bahasa Mandarin, khususnya dialek Hokkian. Saya berharap Imlek tahun 2019 sudah bisa mempertunjukkan Wayang Kronik yang multikultur ini, dan karya ini sedang saya matangkan untuk didaftarkan Hak Cipta,” katanya.

Ada istilah yang menarik tentang perpaduan kreativitas dalam dunia wayang antara Jawa dan Tiongkok yang disebut gagrak.

“Gagrak adalah model bentuk wayang sebagai hasil dari upaya mengotak-atik dan mempelajari wayang dari berbagai gaya. Maka lahirlah Wayang Kronik, akulturasi seni Jawa dengan Tiongkok,” tutup dalang Tionghoa ini.

Foto by Panitia

Original link sumber konten klik di sini.

...

Sekali lagi, acara Pasar Imlek Semawis tahun ini bagi kami sangat menarik. Selain sebagai bagian agenda kota tahunan yang menarik wisatawan, di dalamnya banyak kisah inspiratif.

Tidak mudah untuk terus membuat konten tentang acara ini. Tapi kami harap postingan yang sudah kami publish, setidaknya dapat memberikan nuansa lain dalam distribusi informasi.

Sukses buat Jose!

Artikel terkait :
Informasi Kerjasama
Hubungi lewat email dotsemarang@gmail.com
Atau klik DI SINI untuk detail lebih lengkap

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengawinkan Modem M3Y dengan Kartu 4G Smartfren

Ada kabar gembira buat kamu yang mungkin baru menggunakan modem m3y. Kami baru sadar bahwa kartu 4G Smartfren bisa digunakan di modem M3Y yang perangkatnya sudah pernah kami review sebelumnya. Apakah kamu sudah juga mencobanya?
Kami pikir M3Y sudah tidak bisa digunakan lagi dengan harganya yang kurang bersahabat untuk kami. Apalagi kartu yang tersemat sangat tidak memungkinkan kartu lain untuk masuk. Bahkan untuk sesama operator. Sekali keluar dari SIM Card-nya, kartu dipastikan tidak akan berfungsi. 
Ternyata bisa
Internet merupakan kebutuhan wajib terkait aktivitas kami dalam dunia blogging. Maka saat sebelum pergi ke Jakarta acara ASUS kemarin, kami mencoba mempersiapkan segalanya yang salah satunya koneksi internet.
Saat bertanya ke konter terdekat, ternyata kartu 4G Smartfren bisa digunakan untuk modem kami. Pokoknya yang keluaran Smartfren, kata penjaga konternya. Setelah memastikan sendiri dan menggunakannya, ternyata memang bisa. Apalagi kartu perdana yang kami beli punya kuot…

Agenda Semarang September 2018

Selamat datang bulan September. Ada satu agenda menarik yang akan berlangsung di bulan kesembilan ini. Kami menantikan acara tersebut yang rutin digelar satu tahun sekali. Ada yang tahu?

Berikut daftar acara di kota Semarang yang kami bagi dua. Agenda lain akan terus ditambahkan saat kami mengetahuinya. Waktu acara dapat berubah-ubah, tanpa pemberitahuan.
Agenda Rutin : [Jumat] - Pasar Jumat di sekitar Taman KB.[Jumat-Minggu] - Warung Semawis di Gang Warung, Pecinan. (Wisata Kuliner malam). Lihat di sini foto-fotonya.[Minggu] - Car Free Day di kawasan Simpang Lima - Pahlawan dan jalan Pemuda.
Agenda Lain : [17 Agustus-9 September] - Jateng Fair 2018. Selengkapnya klik di sini.[31 Agustus - 2 September] - Pazaar Seni #5 di TBRS. Selengkapnya klik di sini.[31 Agustus - 2 September] - Semarang Youth Festival 2018 di Ex Wonderia.[1-12 September] - Pameran handphone dengan tema 'Bazaar Handphone' di Plasa Simpang Lima.[5-9 September] - Semarang Hijab & Craft Expo 2018 di Paragon.[…

Ini Jadwal Rangkaian Acara Festival Kota Lama 2018

Selama 4 hari, kawasan Kota Lama akan dimeriahkan acara #FestivalKotaLama2018. Sebelum menuju ke lokasi acara, sebaiknya ketahui dulu jadwal acaranya seperti gambar yang ada di atas.

Untuk hari pertama, hari kamis, acaranya dibuka dengan perhelatan pasar sentiling. Tidak banyak aktivitas yang dimasukkan di sana. Ini mengingat pembukaan festival Kota Lama-nya dilakukan esok harinya, atau hari kedua (Jumat).

Bila hari pertama dimulai dari sore hari (mulai jam 4), maka hari kedua dimulai dari jam 2 siang dengan beberapa kegiatan. Kamu bisa berpartisipasi di kegiatan pekan film atau mengikuti kegiatan jelajah Kota Lama.


Lihat postingan ini di Instagram

Pekan Film Semarang 2018. @sineroom_ berkolaborasi dengan sejumlah penggiat perfilman menghadirkan kembali puluhan film alternatif bagi para pecinta film di Semarang. Pekan Film Semarang 2018 mengambil tema KOLABORASINEMA karena film hampir mustahil untuk dikerjakan seorang diri, sehingga kolaborasi menjadi salah satu hal esensial dalam film…

Jadwal Pameran Komputer di Semarang Bulan September 2018

Kabar baik bulan September ini yang sedang nyari pameran komputer di Semarang. Kami pikir ini kejutan, karena pameran serupa sudah dilaksanakan di bulan Juli kemarin. Dan mungkin akhir tahun, baru ada kembali. Ternyata tidak.

Bertempat di Paragon Mall, pameran komputer bertajuk Semarkomtek atau Semarang komputer expo ini dilaksanakan. Silahkan catat waktunya, yaitu tanggal 14-18 September 2018.

Dalam kampanye promosinya yang kami lihat, penawaran tukar tambah atau trade in notebook up to 4 juta rupiah adalah salah satunya.

Pameran komputer kedua tahun ini

Pameran komputer yang akan berlangsung beberapa hari ke depan ini merupakan pameran kedua tahun 2018. Bila pameran komputer pertama butuh waktu hampir setengah tahun, maka yang kedua ini hanya butuh kurang dari 2 bulan.

Gambar : Ilustrasi
Artikel terkait : [Review] Semarang Computer Expo 2018 : Perang Komputer GamingSudah Ada Nih! Jadwal Pameran Komputer Bulan Juli di SemarangJadwal Pameran Komputer Bulan November - Desember 2017 : Ters…

Agenda Festival Kota Lama 2018

Akun official Instagram Festival Kota Lama sudah merilis beberapa materi promosi acara mereka bulan September ini. Bila tahun 2017, di bulan yang sama, acara dilaksanakan di atas tanggal 20-an, maka tahun 2018 masihkah sama? 
Ya, masih sama. Silahkan catat waktunya, yaitu tanggal 20-23 September 2018. Informasi ini sebenarnya sudah kami bagikan di daftar acara bulan September yang bisa kamu lihat di sini.
Ada apa saja di Festival Kota Lama 2018
Gambar : Instagram/festivalkotalama
Tahun ini, tema yang dibawa adalah 'Beda Masa Satu Rasa'. Beberapa kegiatan sudah dibocorkan lewat instagram mereka, seperti : Pasar SentilingPekan Film SemarangPameran Ekonomi KreatifTemu Pusaka IndonesiaJelajah Kota Lamadsb. Bintang tamu pun sudah diumumkan lewat Instagram yang hingga tulisan ini kami buat sudah mendapatkan 706 pengikut, yaitu Toh Pati dan Nial Djuliarso.
Kamu yang ingin jadi volunteer, bisa menghubungi mereka di akun Instagram yang tertera dipostingannya.

Lihat postingan ini di Instag…