Langsung ke konten utama

[Event] Blogger to Entrepeneur, Ketika Bloger Menjadi Wirausaha


Kami banyak membaca tentang kisah orang-orang yang akhirnya meninggalkan zona nyamannya, bekerja di sebuah perusahaan, menjadi seorang bloger. Seolah logika tak berguna ketika panggilan hati lebih berarti. Namun bagaimana jika sebaliknya?

Sebuah acara yang mengundang bloger Semarang bertajuk Gathering Blogger & Talkshow From Blogger to Entrepeneur hadir Selasa malam (6/3) di Allstay Hotel.

Penggagasnya adalah Juara Community, relawan dari Juliari Batubara yang merupakan anggota DPR RI dari partai PDI Perjuangan dan juga seorang pengusaha.

Ketika bloger menjadi entrepeneur


Lupakan siapa penyelenggara acara ini yang kami pikir 'akhirnya tahun politik itu'. Nanti kami coba bahas dari sudut pandang lain dan halaman berikutnya.

Adalah Agustina Dwi Jayanti yang namanya terpampang di backdrop sebagai pembicara bersama Juliari Batubara malam ini.

Sebagai bloger, kami mengenal Agustina atau Tina beberapa tahun belakangan sejalan dengan lahirnya komunitas Gandjel Rel. Kiprahnya semakin luas saat bergabung dengan Generasi Pesona Indonesia atau Genpi yang merupakan komunitas yang mengkampanyekan Wisata dari Kemenpar.

Maka tak heran ia kini lebih eksis dan berdiri di depan peserta yang hadir sebagai pembicara. Yang menarik adalah ia bukan hanya bertitle sebagai blogger tapi mengklaim sebagai inisiator Pasar Karetan.

Kami ingin mendengar bagaimana Tina bercerita tentang dirinya dari seorang bloger merambah menjadi entrepreneur.

Entrepreneur dari yang kami ketahui  memang kurang tertarik pada keuntungan secara finansial, tapi mereka fokus dalam mengembangkan produk atau jasa yang akan mereka tawarkan.

Seperti apa produknya dan bagaimana ia akhirnya terjun dengan berbagai cerita jatuh bangunnya kemudian disandingkan dengan aktivitas bloggingnya.

Sayang kami tidak menemukan ini. Kami malah banyak mendengar tentang dirinya yang mulai terjun ke dunia blogging dan sepak terjangnya yang menginspirasi.

Ajang acara ini juga menjadi panggung buat Tina untuk berbicara tentang Pasar Karetan yang kami pikir sebagian peserta juga sudah banyak yang tahu dan beberapa peserta yang hadir termasuk dalam satu wadah yaitu Genpi.

Tips menjadi Pengusaha

Dana dukungan buat komunitas yang diberikan pak Ari kepada salah satu wakil bloger 

Ditengah Tina masih berbicara tentang tema yang dibawakannya, pak Juliari Batubara masuk ke dalam ruangan. Tentu perhatian kami tiba-tiba terhenti dan menunggu beliau menempati tempat yang sudah disiapkan dari tadi.

Pasar Karetan yang masih menjadi tema yang dibawakan Tina, kemudian kembali diceritakan kepada beliau. Tentu, dari sisi promosi kami pikir ini sangat dapat sekali. Apalagi beliau juga sebagai anggota DPR RI.

Usai pembicara pertama selesai berbicara, kini giliran pak Ari, nama akrab yang terdengar dari MC untuk Juliari Batubara.

Dengan background sebagai pengusaha, memang tema ini bisa dikatakan nyambung juga. Yang kami tangkap selama beliau mengisi acara adalah beberapa tipsnya bila ingin menjadi pengusaha.

Tentu bila kamu mencari tips menjadi pengusaha secara detail, hasilnya nanti akan sama dengan apa yang kami pikirkan. Namun mendengarkan langsung dari orangnya yang berbicara sangat berbeda seperti berikut ini.

Mengembangkan jaringan, mulai saat ini juga tanpa perlu takut terlebih dahulu, belajar menguasai teknologi hingga kita harus berbeda dengan yang lain, dan masih banyak lagi merupakan kiat-kiat yang disampaikan pak Ari bila kita ingin menjadi pengusaha.

Promosi blog

Sebelum acara ditutup dengan sesi foto bareng dan sesi tanya jawab, acara ini juga jadi ajang promosi blog para peserta yang hadir.

Pak Ari ingin mengetahui seperti apa blog yang dibuat teman-teman bloger, mengingat saat ini dunia blogging terus memberi banyak nuansa baru dalam hal informasi.

Lewat layar LCD, teman-teman bloger mulai mengenalkan blognya sesuai minatnya. Ada yang traveling, makanan, kecantikan atau beauty dan gaya hidup atau lifestyle.

...

Ini adalah aktivitas kedua kami di bulan ini yang kami hadiri. Dari sisi acara, kami menyukainya. Karena acara yang selalu berhubungan dengan bloger, maka di sanalah banyak rekan-rekan bloger Semarang bahkan luar kota dapat berkumpul. Termasuk bloger yang sudah jarang sekali berkumpul, mereka ikut datang.

Memang bukan sepenuhnya yang hadir dari kalangan bloger, beberapa pegiat akun socmed pun turut hadir. Entah apakah dari perwakilan komunitas juga ada yang hadir, selain komunitas bloger.

Untuk tema acara sebenarnya kami tertarik. Sayangnya harapan kami untuk mendengarkan bagaimana seorang bloger menjadi wirausaha berbagi kisah, kami tak begitu mendapatkan apa yang kami ingin ketahui.

Soal menjadi pengusaha, sepertinya kami belum mengarah ke sana. Tapi buat kamu yang ingin menjadi pengusaha, sebaiknya ikuti tips yang kami tuliskan di atas, meski tidak banyak.

Artikel terkait :
Informasi Kerjasama
Hubungi lewat email dotsemarang@gmail.com
Atau klik DI SINI untuk detail lebih lengkap

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengawinkan Modem M3Y dengan Kartu 4G Smartfren

Ada kabar gembira buat kamu yang mungkin baru menggunakan modem m3y. Kami baru sadar bahwa kartu 4G Smartfren bisa digunakan di modem M3Y yang perangkatnya sudah pernah kami review sebelumnya. Apakah kamu sudah juga mencobanya?
Kami pikir M3Y sudah tidak bisa digunakan lagi dengan harganya yang kurang bersahabat untuk kami. Apalagi kartu yang tersemat sangat tidak memungkinkan kartu lain untuk masuk. Bahkan untuk sesama operator. Sekali keluar dari SIM Card-nya, kartu dipastikan tidak akan berfungsi. 
Ternyata bisa
Internet merupakan kebutuhan wajib terkait aktivitas kami dalam dunia blogging. Maka saat sebelum pergi ke Jakarta acara ASUS kemarin, kami mencoba mempersiapkan segalanya yang salah satunya koneksi internet.
Saat bertanya ke konter terdekat, ternyata kartu 4G Smartfren bisa digunakan untuk modem kami. Pokoknya yang keluaran Smartfren, kata penjaga konternya. Setelah memastikan sendiri dan menggunakannya, ternyata memang bisa. Apalagi kartu perdana yang kami beli punya kuot…

Agenda Semarang Oktober 2018

Selamat datang bulan Oktober. Bulan ini ada agenda penting kota Semarang yang berhubungan dengan sejarah, yakni peringatan Pertempuran Lima Hari Semarang. Berikut agenda lainnya selama bulan ini.

Berikut daftar acara di kota Semarang yang kami bagi dua. Agenda lain akan terus ditambahkan saat kami mengetahuinya. Waktu acara dapat berubah-ubah, tanpa pemberitahuan.

Agenda Rutin
[Jumat] - Pasar Jumat di sekitar Taman KB.[Jumat-Minggu] - Warung Semawis di Gang Warung, Pecinan. (Wisata Kuliner malam). Lihat di sini foto-fotonya.[Minggu] - Car Free Day di kawasan Simpang Lima - Pahlawan dan jalan Pemuda.Jadwal Film Indonesia yang Tayang di Bioskop Semarang Hari, klik di sini.Wayang Orang Ngesti Pandowo tiap hari Sabtu Malam, selengkapnya klik di sini.
Agenda lain :
[25 Sep-1 Okt] - Java Islamic & Travel Fair 2018 di Java Mall Semarang. Ulasannya bisa dilihat di sini.[3-7 Okt] -  Semarang Halal Fest di Sri Ratu.[4-7 Okt] - Pameran produk Unggulan Perdagangan, Pertanian, Kelautan, Perikanan…

Jadwal Pameran Komputer di Semarang Bulan September 2018

Kabar baik bulan September ini yang sedang nyari pameran komputer di Semarang. Kami pikir ini kejutan, karena pameran serupa sudah dilaksanakan di bulan Juli kemarin. Dan mungkin akhir tahun, baru ada kembali. Ternyata tidak.

Bertempat di Paragon Mall, pameran komputer bertajuk Semarkomtek atau Semarang komputer expo ini dilaksanakan. Silahkan catat waktunya, yaitu tanggal 14-18 September 2018.

Dalam kampanye promosinya yang kami lihat, penawaran tukar tambah atau trade in notebook up to 4 juta rupiah adalah salah satunya.

Pameran komputer kedua tahun ini

Pameran komputer yang akan berlangsung beberapa hari ke depan ini merupakan pameran kedua tahun 2018. Bila pameran komputer pertama butuh waktu hampir setengah tahun, maka yang kedua ini hanya butuh kurang dari 2 bulan.

Gambar : Ilustrasi
Artikel terkait : [Review] Semarang Computer Expo 2018 : Perang Komputer GamingSudah Ada Nih! Jadwal Pameran Komputer Bulan Juli di SemarangJadwal Pameran Komputer Bulan November - Desember 2017 : Ters…

Review Lot 28 Semarang

Awal Agustus kemarin, tempat ini mengadakan soft opening dengan mengundang social media influencer Semarang. Termasuk bloger di dalamnya. Lot 28 sendiri beralamat di jalan Singosari Raya No.28, Semarang. Seperti apa tempatnya?

Selamat datang kembali akhir pekan. Apakah kamu sudah punya rencana menghabiskan hari Sabtu? Mungkin bertemu dengan teman atau sahabat, atau juga pasangan bisa meredakan stres setelah sibuk beberapa hari dengan rutinitas dan pekerjaan.

Komunikasi secara langsung itu sangat menyenangkan, dan tentu didukung tempat yang menarik yang bisa membangkitkan suasana hati. Kami punya rekomendasi bila kamu ingin sesuatu yang baru di Semarang berikut ini.



Lot 28, kamu bisa ngopi atau makan malam di sini

Nama yang unik menurut kami saat owner menjelaskan kepada kami yang turut hadir saat soft opening, kamis sore, 3 Agustus 2017. Angka 28 sendiri diambil dari nomor tempat ini berada.

Bahkan, 28 ini juga punya makna yang berarti 2 artinya 2 rasa, dan 8 artinya cerita (merujuk m…

Mengawinkan Zenfone Max Pro M1 dengan Kartu 4G Smartfren

Bila tempat tinggalmu sangat ramah dengan jaringan Smartfren, kamu mesti coba gunakan. Apalagi kamu pengguna Smartphone Zenfone Max Pro M1. Kami sudah mencobanya dan berhasil. Tertarik?
Kebenaran sekali kami mendapatkan momen menghadiri acara yang diadakan Smartfren langsung bulan Juli ini di akhir pekan (7/7). Lokasi dan siapa saja yang datang, sudah kami ulas informasinya di sini.
Karena yang hadir dibagikan kartu Smartfren 4G, mau tidak mau, kami harus mencobanya langsung seberapa hebat kartu ini. Tapi tunggu dulu, kira-kira bisa digunakan nggak. Salah satu fitur yang menarik dari Smartfren adalah teknologi VoLTE-nya.
Ya, tidak semua perangkat yang dapat mendukung teknologi Voice over Long Term Evolution (VoLTE) sebenarnya. Dan beruntung gadget kami mendukungnya.
Teknologi ini diklaim lebih baik dari pengguna yang hanya menggunakan jaringan 4G untuk panggilan berbasis suara. Detailnya silahkan cari sendiri dulu deh.
Awalnya ribet, tapi kemudian mudah
Awalnya kartu sim tidak terdete…