Skip to main content

Review Event Economic Green Festival 2016


Bertempat di Auditorium FPIK Universitas Diponegoro, Selasa (29/11), dilaksanakan Economic Green Festival dengan Tema : "Sinergisitas Industri dan Lingkungan Untuk Pembangunan Ekonomi Jawa Tengah, berikut reviewnya.

dotsemarang turut hadir di acara yang pada awalnya bertempat di Auditorium Fisip Undip ini. Ternyata sudah berganti tempat, untunglah saat sampai lokasi, acara belum dimulai.

Acara yang dibuat BEM Undip ini menarik, karena akan dibuka langsung oleh Gubernur Jawa Tengah. Sayang sekali, ternyata tidak hadir dan hanya diwakilkan saja.

Isu lingkungan dan perekonomian

Seperti tema yang diusung, acara ini memang lebih banyak membahas isu-isu lingkungan yang terjadi di Jawa Tengah dan dampaknya terhadap perekonomian.

Mewakili Gubernur,  Bapak Ir. Agus Sriyanto selaku Kepala Badan Lingkungan Hidup Jawa Tengah menjadi pembicara pertama. Selain membacakan sambutan dari Gubernur, sesi beliau ini lebih banyak bicara tentang perkembangan Jateng.

Provinsi Jawa Tengah masih sangat seksi untuk pembangunan PLTU dan semen. Beliau berharap, peserta yang hadir bisa menjadi intelektual muda di tengah masyarakat dan paham tentang lingkungan. Bagaimana ekonomi berjalan namun lingkungan tetap lestari.

Masalah sosial masih paling sulit dilakukan. Termasuk perusahaan - perusahaan yang masih nakal, namun Jateng terus mengawasinya. Soal isu semen yang sedang ramai diperbincangkan pun tak luput dibahas. 

Sesi kedua dilanjut dengan Pak otto yang berasal dari Semen Indonesia. Sesi ini menjadi panggung untuk beliau mengenalkan perkembangan Semen dari waktu ke waktu. 

Semen Indonesia yang termasuk BUMN ini di era Globalisasi diharapkan mampu bersaing dengan perusahaan luar yang turut hadir di Indonesia. Sesi beliau menjadi sesi menarik peserta yang kebanyakana mahasiswa untuk bertanya.

Dari sisi lingkungan pun turut dihadirkan yakni dari komunitas Wegi, Komisi 7 (Lingkungan hidup dan industri ), dan tenaga ahli di DPRD. Banyak paparan yang dibahas di sini, namun paling menarik adalah dari Wegi atau We Green Industry.

Ketua Wegi, Arief Hermawan, turut hadir dan banyak membahas tentang lingkungan. Terutama fakta lingkungan selalu buruk yang ditampilkan. Saat membuka sitenya yang beralamat wegi.org, mereka ternyata sering mengajak bloger juga untuk melihat langsung di lapangan soal industri.


...

Acara ini membludak juga pesertanya, selamat buat penyelenggara meski saya pikir akan ada stand-stand berdiri mengingat istilah festival identik dengan bazaar.

Buat peserta, acara ini memberi pengetahuan tentang pembangunan ekonomi yang berwawasan berkelanjutan atau ekonomi berbasis lingkungan. Soal perkembangan isu-isu lingkungan, ruang terbuka untuk berfikir kritis dalam memahami konteks permasalahan dan melihat langsung permasalahan lingkungan dari sumber lapangan.

Artikel terkait :

..

Informasi Kerjasama

Hubungi lewat email dotsemarang@gmail.com
Atau klik DI SINI untuk detail lebih lengkap 

Comments

Popular posts from this blog

Ini Harga Tarif Parkir Inap di Stasiun Tawang Tahun 2018?

Selain bandara yang memberi pelayanan parkir inap buat kendaraan, stasiun kereta api juga memberlakukan hal yang sama. Apakah kamu dalam tujuan perjalanan ke luar kota dan ingin parkir di Stasiun Tawang?

Minggu pagi (14/10) kami mendapat kesempatan pergi ke stasiun Tawang. Kebenaran bukan untuk meliput atau mengeksplore, ada kerabat yang pulang dari liburan di kota Semarang.

Saat sudah melayani hingga pintu masuk ruangan, kami jadi ingat bahwa ada pernah yang bertanya kepada kami lewat blog dotsemarang tentang tarif parkir inap di sini, stasiun Tawang.

Kesempatan bagus ini tentu tidak kami sia-siakan. Kami langsung bertanya pada petugas parkir dan petugas jaga piket loket pintu keluar. Dan berikut tarif yang diberlakukan.

Mobil
Parkir inap dikenakan harga 45 ribu rupiah. Lebih dari hari yang diterapkan, akan dikenakan biaya lagi. Sepeda Motor
Parkir inap roda dua dikenakan biaya 25 ribu rupiah. Dan sama seperti mobil, akan ada biaya tambahan bila lebih dari waktu yang diterapkan, 24 jam…

Ini Harga Tiket Masuk Taman Margasatwa Semarang Tahun 2019

Terakhir kali kami memposting informasi harga tiket masuk kebun binatang Semarang pada bulan Maret 2014. Lama sekali. Dan sekarang, tahun 2019, kami memperbarui informasi soal tiket. Berapa kira-kira?

Januari akhir, kami berkunjung ke Taman Satwa Semarang atau Bonbin Semarang. Harga tiketnya tentu saja naik dengan tahun 2014 lalu. Tahun ini harganya 10 ribu rupiah, untuk hari Senin - Jumat.

Sedangkan untuk harga akhir pekan, Sabtu dan Minggu. Termasuk hari libur Nasional, harga tiket masuk dibandrol 15 ribu rupiah. Jadi, tetap buka meski libur.

Untuk jam buka kebun binatang Semarang yang berada di Mangkang ini mulai jam 8 pagi hingga 5 sore. Sedangkan wahana permainan, buka dari jam 08.30 wib dan tutup jam 15.30 wib.

Pihak kebun binatang memberikan diskon potongan harga tiket buat pengunjung dengan rombongan minimal 30 orang. Dan ini menarik, bila memiliki anak berharap tidak bayar atau bayar setengah, sebaiknya ukur dulu tubuh si anak.

Bila tinggi badan di atas 80 cm, orang tua haru…

November 2019, Harga Tiket Bioskop Central City Turun Menjadi 25 Ribu Rupiah

Entah apakah ini kabar baik atau sebaliknya. Bagi kami, termasuk kamu yang senang nonton di bioskop, penurunan harga tiket bioskop merupakan kabar gembira. Central City yang baru sebulan buka bioskop, kini harga tiketnya cuma 25 ribu (hari biasa). 
Kamis, minggu kedua bulan November, saluran film yang biasa mengabarkan jadwal film - Kofindo mendadak dapat notif dari akun yang mengikuti di media sosial tentang harga tiket bioskop 21 di Central City.
Penurunan harga tiket ini dari kacamata penonton, yang awalnya 30 ribu menjadi 25 ribu adalah daya pikat untuk masyarakat pergi ke bioskop. Meski daftar film yang tayang juga menentukan.
Selain jadi kabar baik, kami memaknai juga tentang penurunan harga tiket ini karena daya jangkau masyarakat di Semarang Timur seperti kekhawatiran kami kurang mendapatkan antusias.

Hal lainnya juga karena faktor wilayah. Dibanding bioskop lainnya yang berada di tengah kota, masyarakat pergi ke bioskop memiliki banyak tujuan. Pangsa pasar yang berbeda, tent…

[Agenda] Korean Cultural Festival Semarang 2019 di Unissula

Tengah pekan ini, kami kedatangan acara promosi di Instagram dotsemarang. Bertajuk Korean Cultural Festival 2019, kamu yang tertarik dengan segala hal tentang Korea bisa datang ke sini dengan tiket masuk cuma-cuma, alias gratis.

Bertempat di aula lantai 3 gedung fakultas Kedokteran, acara Korean Cultural Festival digelar pada tanggal 23 November 2019. Banyak kegiatan yang ditampilkan, seperti :
Fashion Show HandbokBuchaceum danceTaekwondo danceKorean FoodKorean Handycraft Facepainting Selain itu, ada kompetisi yang turut meramikan seperti Sing Cover Competition, dan Golden Ball. Catat waktunya dan simpan dalam kalender pribadimu.


Lihat postingan ini di Instagram
Sebuah kiriman dibagikan oleh Dotsemarang (@dotsemarang) pada 13 Nov 2019 jam 11:37 PST ...
Halaman ini bersifat promosi berbayar. Selain menggunakan feed Instagram dotsemarang, promosi ini juga diposting di stories. Tertarik promosi seperti ini, hubungi kami via email di dotsemarang@gmail.com.
Artikel terkait : Agenda Brandhal Sa…

ASUS Zenfone 6 Resmi Hadir di Indonesia Dengan Bandrol Harga 7 Juta Rupiah

ASUS Indonesia akhirnya memperkenalkan Zenfone 6 secara resmi di tanah air, 15 November 2019, dengan bandrol harga 7 juta atau Rp 6.999.000. Dari 3 varian yang diluncurkan secara global, hanya satu yang dibawa, yakni seri ZS630KL dengan kapasista RAM 6GB dan penyimpanan atau ROM 128GB.
Entah apakah hanya perasaan kami saja, kali ini gegap gempita kampanye promosi yang dilakukan ASUS Indonesia kurang menggigit seperti biasanya. Zenfone 6 yang rilis secara global bulan Mei kurang memiliki daya pikat bila melihat jarak diperkenalkannya di Indonesia. Hampir 6 bulan.
Optimal setiap lini
Masuk dalam jajaran kelas premium, Zenfone 6 tentu saja datang dengan berbagai pengoptimalan. Mulai dari daya tahan baterai, kamera flip, hingga dukungan RAM GB dan Android 10.
Distribusi barang pun kembali memanfaatkan toko online hingga gerai offline semacam Erafone. Berbagai potongan harga diberikan, termasuk cara promosi yang sering kami jumpai di pameran komputer, tukar tambah atau trade in. Tentu semu…