Review Event Economic Green Festival 2016


Bertempat di Auditorium FPIK Universitas Diponegoro, Selasa (29/11), dilaksanakan Economic Green Festival dengan Tema : "Sinergisitas Industri dan Lingkungan Untuk Pembangunan Ekonomi Jawa Tengah, berikut reviewnya.

dotsemarang turut hadir di acara yang pada awalnya bertempat di Auditorium Fisip Undip ini. Ternyata sudah berganti tempat, untunglah saat sampai lokasi, acara belum dimulai.

Acara yang dibuat BEM Undip ini menarik, karena akan dibuka langsung oleh Gubernur Jawa Tengah. Sayang sekali, ternyata tidak hadir dan hanya diwakilkan saja.

Isu lingkungan dan perekonomian

Seperti tema yang diusung, acara ini memang lebih banyak membahas isu-isu lingkungan yang terjadi di Jawa Tengah dan dampaknya terhadap perekonomian.

Mewakili Gubernur,  Bapak Ir. Agus Sriyanto selaku Kepala Badan Lingkungan Hidup Jawa Tengah menjadi pembicara pertama. Selain membacakan sambutan dari Gubernur, sesi beliau ini lebih banyak bicara tentang perkembangan Jateng.

Provinsi Jawa Tengah masih sangat seksi untuk pembangunan PLTU dan semen. Beliau berharap, peserta yang hadir bisa menjadi intelektual muda di tengah masyarakat dan paham tentang lingkungan. Bagaimana ekonomi berjalan namun lingkungan tetap lestari.

Masalah sosial masih paling sulit dilakukan. Termasuk perusahaan - perusahaan yang masih nakal, namun Jateng terus mengawasinya. Soal isu semen yang sedang ramai diperbincangkan pun tak luput dibahas. 

Sesi kedua dilanjut dengan Pak otto yang berasal dari Semen Indonesia. Sesi ini menjadi panggung untuk beliau mengenalkan perkembangan Semen dari waktu ke waktu. 

Semen Indonesia yang termasuk BUMN ini di era Globalisasi diharapkan mampu bersaing dengan perusahaan luar yang turut hadir di Indonesia. Sesi beliau menjadi sesi menarik peserta yang kebanyakana mahasiswa untuk bertanya.

Dari sisi lingkungan pun turut dihadirkan yakni dari komunitas Wegi, Komisi 7 (Lingkungan hidup dan industri ), dan tenaga ahli di DPRD. Banyak paparan yang dibahas di sini, namun paling menarik adalah dari Wegi atau We Green Industry.

Ketua Wegi, Arief Hermawan, turut hadir dan banyak membahas tentang lingkungan. Terutama fakta lingkungan selalu buruk yang ditampilkan. Saat membuka sitenya yang beralamat wegi.org, mereka ternyata sering mengajak bloger juga untuk melihat langsung di lapangan soal industri.


...

Acara ini membludak juga pesertanya, selamat buat penyelenggara meski saya pikir akan ada stand-stand berdiri mengingat istilah festival identik dengan bazaar.

Buat peserta, acara ini memberi pengetahuan tentang pembangunan ekonomi yang berwawasan berkelanjutan atau ekonomi berbasis lingkungan. Soal perkembangan isu-isu lingkungan, ruang terbuka untuk berfikir kritis dalam memahami konteks permasalahan dan melihat langsung permasalahan lingkungan dari sumber lapangan.

Artikel terkait :

..

Informasi Kerjasama

Hubungi lewat email dotsemarang@gmail.com
Atau klik DI SINI untuk detail lebih lengkap 

Comments

Popular posts from this blog

Sego Bancakan Pawone Simbah, Tempat Makan Baru di Kota Lama Semarang

Berapa Tarif Parkir Inap di Bandara Ahmad Yani Semarang Tahun 2022?

Review : Gunakan Layanan Maxim Life Massage & SPA

Parkir di DP Mall Kini Hanya Melayani Pembayaran Non Tunai

Apakah Shopee Video Bisa Unggah Video dari Komputer?