Sosialisasi Kreatifood 2019 dan FoodStartup Indonesia di Semarang


Kami sangat antusias dengan acara yang digelar BEKRAF yang dilaksanakan Senin pagi (11/3) di hotel Grahandika, Semarang. Acara ini semacam memberi kesempatan kepada pelaku pemasaran, terutama dibidang makanan.

Semarang menjadi Kota Ketiga bila melihat daftar rangkaian 10 kota yang dikunjungi Bekraf bersama Perkumpulan FoodStartup Indonesia (FSI) tahun 2019.

Ada Padang (5/3/2019), Medan (8/3/2019), Semarang (11/3/2019), Bandung (14/3/2019), Balikpapan (19/3/2019), Mataram (22/3/2019), Jakarta (25/3/2019), Makassar (28/3/2019), Malang (2/4/2019), Surabaya (5/4/2019) dan Yogyakarta (10/4/2019).

Dalam rilisnya, tujuan acara sosialisasi ini adalah untuk meningkatkan awareness pelaku kuliner dan pelaku pemasaran dari seluruh daerah di Indonesia terkait program Kreatifood dan FSI sehingga mendorong mereka untuk berpartisipasi.

Jadi, acara ini selain mengenalkan acara Kreatifood, juga mengenalkan FoodStartup sebagai platform yang diinisiasi Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) dan Foodlab Indonesia sejak 2016.

Para pelaku pemasar dan FoodStartup dapat bertemu reseller, distributor atau pun investor dari seluruh Indonesia hingga manca negara sehingga tujuan untuk menjadikan Indonesia menjadi tuan rumah di negeri sendiri bisa terlaksana, juga, pelaku kreatif produknya di sektor ekonomi kreatif  lebih mendunia.

Membangun ekosistem lewat platform FoodStartup Indonesia (FSI)

Mendengar istilah FoodStartup, kami harus memotong ditengahnya. Ya, Food dan Startup. Dalam sesi yang kami dengarkan, UMKM belum tentu Startup. Sedangkan Startup pasti UMKM.

Istilah FoodStartup muncul dari acara ini yang memberi label kepada pelaku rintisan usaha ekonomi kreatif kuliner. Jadi siapapun pelaku kuliner dan pelaku pemasaran (distributor, reseller, dan modern market) harus memanfaatkan kesempatan emas ini.

Dalam FoodStartup Indonesia, banyak terkumpul para pelaku ekonomi kreatif kuliner dengan ekosistem yang terintegrasi. Selengkapnya bisa kunjungi situs foodstartupindonesia.com.

Kreatifood X

Ada yang baru dibawa gelaran kali ini, yaitu tentang Kreatifood X. Program ini memiliki sasaran kepada pelaku kuliner yang mempunyai kapasitas produksi dengan skala ekspor.

Pelaku akan dipertemukan dengan ekosistem yang lebih luas. Terutama akses pemasaran pasar luar negeri. Syaratnya kurang lebih sama dengan Kreatifood biasa, yakni sudah terkurasi dalam program FoodStartup Indonesia dan tentu mempunya kapasitas produksi skala eksport.

Atau pelaku usaha kuliner non FoodStartup Indonesia yang mempunya kapasitas produksi Skala eksport.

Syaratnya harus terkurasi 

Tentu tidak mudah setelah mendaftarkan diri di situs foodstartupindonesia.com, peserta beserta produknya harus terkurasi dulu di sana. Atau bahasanya Demoday FoodStartup Indonesia.

Dari sekarang, silahkan mendaftar. Ini karena batas pendaftaran Demoday FoodStartup Indonesia 2019 berakhir tanggal 30 April 2019 jam 24.00 wib.

Untuk pengumuman hasil kurasi 50 FoodStartup Indonesia 2019 pada tanggal 3 Mei di situs yang kami sebutkan sebelumnya.

Surabaya, titik akhir rangkaian acara

Acara utama dari sosialisasi Kreatifood 10 kota ini adalah Kreatifood Expo 2019 yang berada di Surabaya pada bulan Juli 2019, tepatnya tanggal 5-7 Juli di Ciputra World.

Lalu, FoodStartup Indonesia yang terpilih akan mengikuti Demoday yang dilaksanakan 8-10 Juli 2019. Hany ada 50, seperti paragraf sebelumnya yang kami infokan.

Jadi, hanya pelaku kreatif terpilih yang dapat hadir di sana. Tentu yang tidak terpilih, bisa hadir. Namun fasilitas yang didapat tidak sama.

Live tweet

Wow, semua kursi penuh oleh peserta. Bahkan panitia terus menambahkan kursi untuk peserta acara yang terlambat datang. Sebuah antusias tinggi tentunya bahwa masyarakat Semarang, khususnya pelaku kuliner, memberi perhatian pada acara ini.

Berikut live tweet kami yang dibagikan secara langsung saat acara berlangsung lewat akun Twitter @livedotsemarang. Silahkan ikuti untuk mendapatkan update acara lainnya.



...

Kreatifood adalah platform yang diinisiasi BEKRAF sejak tahun 2016. Platform ini menghubungkan pelaku rintisan ekonomi kreatif kuliner (FoodStartup) dan menghubungkan mereka kepada akses pemasarn pasar dalam negeri, seperti reseler, distributor atau modern market.

Kami pikir Ini adalah tahun kedua acara ini digelar. Ternyata sudah dilaksanakan sejak tahun 2016 dan Semarang sendiri baru kali ini dilirik. Meski itu hanya sosialisasi, menempatkan Semarang tentu sangat penting.

Ini seperti yang disampaikan pak Fahmy Akmal, perwakilan BEKRAF, bahwa Semarang tidak diragukan lagi potensinya dan di sini, banyak distributor besar yang tinggal.

Sekali lagi, selengkapnya bisa lihat di www.foodstartupindonesia.com

Artikel terkait :
Informasi Kerjasama
Hubungi lewat email dotsemarang@gmail.com
Atau klik DI SINI untuk detail lebih lengkap

Comments

Popular posts from this blog

Sego Bancakan Pawone Simbah, Tempat Makan Baru di Kota Lama Semarang

Review : Gunakan Layanan Maxim Life Massage & SPA

Berapa Tarif Parkir Inap di Bandara Ahmad Yani Semarang Tahun 2022?

Apakah Shopee Video Bisa Unggah Video dari Komputer?

Kenapa Paket Xtra Combo Flex Tidak Ada di Aplikasi MyXL ?