[Statistik] Pengaruh Festival Kota Lama 2017 di Media Sosial


Kami melakukan riset kecil-kecilan yang mungkin kamu juga bisa melakukannya. Data yang diambil dari acara Festival Kota Lama 2017 dengan menggunakan aplikasi gratis untuk memantau media sosial seperti Instagram dan Twitter. Berikut data selengkapnya.

Riset ini kami lakukan karena kami merupakan bagian dari acara yang dilaksanakan setahun sekali di Kota Lama ini. Ya, tahun ini kami jadi media partner event Festival Kota Lama yang keenam kali selama event diselenggarakan.

Hashtag

Hashtag atau tagar yang digunakan dalam acara ini adalah #FestivalKotaLama2017. Hastag ini resmi diluncurkan di akun media sosial resmi Festival Kota lama (Instagram festivalkotalama). Jadi, kami mengambil tanda ini dari sana.

Instagram

Hastag #FestivalKotaLama2017 tercatat hingga tanggal 26 September 2017, jam 18.40 WIB, ada sekitar 285 foto yang diunggah di Instagram. Data ini bertambah dari awal sebelumnya yang kami ambil saat hari H (23/9), pagi harinya, hanya sekitar 111 foto. Siapa paling banyak yang mengunggah?

Twitter

Untuk urusan populer di media sosial, Twitter merupakan tempatnya. Sayangnya hashtag #FestivalKotaLama2017 tidak masuk trending topik. Jangankan Indonesia, Semarang saja tidak berhasil masuk di sana. Tentu kami kecewa di sini.
Melihat daftar akun yang berada di kolom Most active, retweeters, original tweets, most popular, highest impact, dan top photographers, memang tak banyak nama-nama yang biasanya dan kami kenal dari kalangan bloger Semarang. Termasuk akun kota, yang sebenarnya datang saat konferensi pers.

Namun saat acara berlangsung ada hashtag yang membantu membuat acara menjadi trending topik, yaitu #pesonakotalama. Menurut kami ini sebenarnya sangat baik, namun hashtag yang digunakan bukan untuk event secara khusus namun secara luas dipergunakan untuk kawasan Kota Lama, mengingat hashtag sudah digunakan sejak Juli 2017.

Ini jadi tantangan event selanjutnya bagi panitia untuk memahami kata kunci semacam hashtag atau trending di media sosial, khususnya Twitter. 

Share link : http://bit.ly/statistikfes
...

Kesimpulan kami, pengaruh event Festival Kota Lama 2017 lebih terasa di Instagram yang memang saat ini lebih populer di media sosial. Meski begitu, jangan lupakan Twitter sebagai inisiator bagaimana trending digunakan untuk mengangkat berbagai informasi yang sedang hangat dibicarakan.

Dari sisi kami sendiri, kami akui bahwa kami tidak bisa berbuat banyak alias kurang baik (tidak ada target trending di Twitter). Namun untuk event, sudah masuk ke media sosial saja pengaruhnya sangat besar, terutama generasi yang aktif di Instagram.

*Data ini diambil dengan alat-alat sederhana dan gratis.

Comments

Popular posts from this blog

Sego Bancakan Pawone Simbah, Tempat Makan Baru di Kota Lama Semarang

Berapa Tarif Parkir Inap di Bandara Ahmad Yani Semarang Tahun 2022?

Review : Gunakan Layanan Maxim Life Massage & SPA

Parkir di DP Mall Kini Hanya Melayani Pembayaran Non Tunai

Apakah Shopee Video Bisa Unggah Video dari Komputer?