Skip to main content

Event Festival Kota Lama 2017


Event Festival Kota Lama kembali menyapa tahun ini, tepatnya tanggal 23 hingga 24 September 2017. Mari agendakan ke sini, karena acara diselenggarakan akhir pekan, Sabtu dan Minggu.

Festival Kota Lama yang diprakarsai oleh Oen Semarang Foundation dimulai sejak tahun 2012. Ini berarti, Festival Kota Lama 2017 sudah berjalan ke-6 kalinya (setahun sekali).

Untuk tema Festival Kota Lama tahun 2017 mengusung Sepanjang Jalan Kenangan. Dan lokasi acara berlangsung sekitar Polder Tawang, sama seperti tahun 2016. Acara yang diselenggarakan hari Sabtu dan Minggu ini tidak membuat panggung apung.

Tentang Festival Kota Lama 2017

[Press rilis] Melihat adanya berbagai kendala dalam pelestarian cagar budaya di Kota Lama, seperti kepemilikan bangunan, perawatan bangunan yang telah berusia tua, lingkungan sosial yang perlu ditingkatkan menjadi social capital, serta keterancaman lingkungan akibat iklim.

Kawasan Kota Lama menyimpan potensi yang luar biasa; termasuk masyarakatnya yang proaktif untuk tetap mempertahankan dan melestarikan Kawasan Kota Lama.

Tahun 2012, Oen’s Semarang Foundation (OSF) mengawali kegiatan di Kota Lama dengan menggelar Festival Kota Lama. Festival ini muncul dengan harapan dapat menjadi pemicu agar masyarakat mengenal, tertarik, serta turut bergerak bersama dalam melestarikan kawasan ini.

Dukungan dari Badan Pengelola Kawasan Kota Lama yang terbentuk pada tahun 2007 serta masyarakat luas menjadi pendorong untuk secara rutin menggelar acara tersebut.

Dalam perkembangannya, di tahun 2015, Kota Lama Semarang masuk dalam “tentative list” UNESCO, yaitu nominasi daerah yang berpotensi menjadi Warisan Dunia (World Heritage).

Dengan adanya predikat tersebut, Kota Lama diarahkan menjadi daerah tujuan wisata internasional. Tentu dibutuhkan penataan dan pengelolaan secara lebih baik dari hari ke hari; baik bangunan, lingkungan maupun masyarakatnya sehingga layak sebagai sebuah destinasi wisata internasional.

Tidak lagi menunggu siapa yang akan memulai, siapa yang berwenang, siapa yang memiliki tanggung jawab, “kerja bersama” antara masyarakat, pemerintah, institusi pendidikan, dan komunitas harus dimulai dari sekarang.

Maka tahun 2017, OSF bekerja sama dengan “AMBO” sebagai stakeholder Kota Lama yang beraktivitas di Kota Lama sehari-hari; “Vrienden van Kota Lama”, rekan-rekan yang peduli dengan Kota Lama, yang beberapa diantaranya berdomisili di Belanda; serta masyarakat dan komunitas yang ada di kota Semarang yang turut peduli Kota Lama menyelenggarakan Festival Kota Lama 2017.

Sesuai target, Festival Kota Lama ke-6 ini diharapkan menjadi kegiatan berskala internasional dengan bekerja sama dengan beberapa pihak dari mancanegara.

Tahun 2016, Festival Kota Lama digelar di dekat Polder Tawang

Tahun kelima, Festival ini punya lokasi baru yang sangat menarik dan masih satu kawasan dengan Kota Lama, yaitu Polder Tawang. Untuk memberi sentuhan agar lebih berbeda, dibuat panggung apung. Apakah tahun ini akan berlangsung di lokasi yang sama? Sabar, dulu yah.

Beberapa foto tahun kemarin bisa kamu lihat di sini. Kami berharap acara tahun ini tidak hujan, mengingat tahun kemarin sering ditemani hujan, yang waktunya sama-sama bulan September.

Info lebih lanjut tentang Festival Kota Lama tahun 2017

Instagram : @festivalkotalama (#FestivalKotaLama2017)
Twitter : @festkotalama 
Telepon : 0811-271-124
Tanggal : 23-24 September 2017

Artikel terkait :
Informasi Kerjasama
Hubungi lewat email dotsemarang@gmail.com
Atau klik DI SINI untuk detail lebih lengkap

Comments

Popular posts from this blog

Mengenal Bantuan Hidup Dasar (BHD) dan Cara Memberikan Pertolongannya

Dalam acara Temu Blogger Kedua bulan November kemarin, kami mendapatkan banyak konten tentang kesehatan. Salah satunya tentang Bantuan Hidup Dasar (BHD). Jujur, kami baru mengetahuinya. Apakah kamu juga sama seperti kami?
Materi pertama dari acara yang diselenggarakan tanggal 23 November di hotel Atria Magelang adalah Bantuan Hidup Dasar (BHD) yang disampaikan oleh tim Ambulance hebat, dr. Satya Ariza dan dr. Hifni Hakim Prabowo.

Apa itu Bantuan Hidup Dasar?

Kami benar-benar awam dengan materi kesehatan, terlebih BHD. Artinya kami beruntung mendapatkan informasinya langsung seperti ini.

Mengutip dari ilmujantungku.blogspot.com, Bantuan Hidup Dasar / BHD adalah Tindakan pertolongan medis sederhana yang dilakukan pada penderita henti jantung sebelum diberikan tindakan pertolongan medis lanjutan.

Tujuannya sendiri adalah memberikan bantuan sirkulasi dan pernafasan sampai keadaan henti jantung teratasi atau sampai penderita dinyatakan meninggal.

RJP  atau Resusitasi Jantung Paru 

Kami sedi…

Ini Harga Tarif Parkir Inap di Stasiun Tawang Tahun 2018?

Selain bandara yang memberi pelayanan parkir inap buat kendaraan, stasiun kereta api juga memberlakukan hal yang sama. Apakah kamu dalam tujuan perjalanan ke luar kota dan ingin parkir di Stasiun Tawang?

Minggu pagi (14/10) kami mendapat kesempatan pergi ke stasiun Tawang. Kebenaran bukan untuk meliput atau mengeksplore, ada kerabat yang pulang dari liburan di kota Semarang.

Saat sudah melayani hingga pintu masuk ruangan, kami jadi ingat bahwa ada pernah yang bertanya kepada kami lewat blog dotsemarang tentang tarif parkir inap di sini, stasiun Tawang.

Kesempatan bagus ini tentu tidak kami sia-siakan. Kami langsung bertanya pada petugas parkir dan petugas jaga piket loket pintu keluar. Dan berikut tarif yang diberlakukan.

Mobil
Parkir inap dikenakan harga 45 ribu rupiah. Lebih dari hari yang diterapkan, akan dikenakan biaya lagi. Sepeda Motor
Parkir inap roda dua dikenakan biaya 25 ribu rupiah. Dan sama seperti mobil, akan ada biaya tambahan bila lebih dari waktu yang diterapkan, 24 jam…

Mengawinkan Modem M3Y dengan Kartu 4G Smartfren

Ada kabar gembira buat kamu yang mungkin baru menggunakan modem m3y. Kami baru sadar bahwa kartu 4G Smartfren bisa digunakan di modem M3Y yang perangkatnya sudah pernah kami review sebelumnya. Apakah kamu sudah juga mencobanya?
Kami pikir M3Y sudah tidak bisa digunakan lagi dengan harganya yang kurang bersahabat untuk kami. Apalagi kartu yang tersemat sangat tidak memungkinkan kartu lain untuk masuk. Bahkan untuk sesama operator. Sekali keluar dari SIM Card-nya, kartu dipastikan tidak akan berfungsi. 
Ternyata bisa
Internet merupakan kebutuhan wajib terkait aktivitas kami dalam dunia blogging. Maka saat sebelum pergi ke Jakarta acara ASUS kemarin, kami mencoba mempersiapkan segalanya yang salah satunya koneksi internet.
Saat bertanya ke konter terdekat, ternyata kartu 4G Smartfren bisa digunakan untuk modem kami. Pokoknya yang keluaran Smartfren, kata penjaga konternya. Setelah memastikan sendiri dan menggunakannya, ternyata memang bisa. Apalagi kartu perdana yang kami beli punya kuot…

[Halaman Khusus] Central City Mall Semarang

Mungkin kamu mengenalnya dengan nama Giant. Seiring waktu, pusat perbelanjaan di Semarang Timur ini lebih kami sukai dengan nama Central City Mall. Apalagi setelah kami pastikan Giant sudah hengkang dari sini.

Setelah posting kehadiran bioskop di bulan Agustus 2019 di sana, halaman ini kami buat dengan tujuan menampung beberapa postingan ke dalam satu halaman.

Tahun ini, Central City Mall akan lebih menarik. Bukan saja pembenahan dan penambahan tenant yang keren, tapi juga harus berhadapan langsung dengan Transmart yang berada tepat di depannya. Saat ini, Transmart masih dalam tahap pengerjaan.

Mau tidak mau, upaya memaksimalkan mall untuk bersaing bakal seru. Mall yang hadir sejak 2009 ini kami harapkan dapat bersaing dan memberi pilihan untuk masyarakat Semarang.

 Nongkrong di JCO



Keluarga 21 akan menambah keramaian di mal Central City ini di bulan Agustus. Masyarakat Semarang timur bakal lebih terjangkau untuk bisa pergi ke bioskop.

Untuk mencari di google map, sementara masih ber…

Agustus 2019, Cinema XXI Akan Buka di Central City Mall Semarang

Kabar baik datang pertengahan tahun 2019 bagi masyarakat Semarang, khususnya Semarang Timur. Keluarga bioskop 21 akan membuka cabangnya kembali dan menjadi bioskop ketujuh yang ada di Ibu Kota Jawa Tengah ini.

Lewat akun Instagram @polluxcentralcity, bioskop Cinema XXI diumumkan di sana yang akan segera hadir di bulan Agustus 2019. Lokasinya berada di Central City Mall.

Dapat kami anggap, salah satu strategi agar sebuah mal dapat menarik pengunjung adalah menghadirkan bioskop. Seperti itulah hampir semua mal di Semarang melakukannya.

Central City Mall yang sudah ada sejak Februari 2009 kami akui belum ada satu pun konten yang kami ambil dari sana. Mall yang ada di daerah Pedurungan ini punya momentum bagus untuk kami bisa kunjungi.

Instagram @polluxcentralcity
Kami masih ingat bagaimana tahun 2017 jadi momentum 3 bioskop baru hadir di Kota Semarang. Sekarang dengan hadirnya bioskop baru lagi di tahun 2019, semakin banyak alternatif hiburan yang dapat didatangin.

Lihat Daftar Tempat Bio…