Skip to main content

Ellen Van Os, Perempuan Belanda yang Turut Meramaikan Festival Kota Lama Lewat Karya Desainnya


Sosok perempuan Belanda yang wajahnya familiar di acara Festival Kota Lama, kembali lagi hadir tahun ini. Kami bertemu dengannya saat acara konferensi pers, hari Jumat (15/9) di Toko Oen Semarang. Siapa dia?

Tulisan di blog ini tidak mewawancarai langsung secara ekslusif, namun mengambil beberapa sumber, seperti informasi dari panitia dan akun Facebook Ellen Van Os. Jujur, kami memiliki kendala dalam bahasa meski sebenarnya bisa dibantu dengan panitia saat acara konferensi pers. Namun kami tidak mengambilnya.

Fashion Designer dari Belanda

Tahun ini, dia datang bersama anak-anaknya yang disampaikan lewat akun Facebook personalnya. Hari pertama kedatangannya, perempuan berusia 54 tahun ini langsung dilibatkan dalam konferensi pers untuk menjelaskan tentang karya desainnya yang diikutsertakan.

Ellen Van Os memang seorang Fashion Designer dari Belanda yang juga merupakan cicit dari pejuang emansipasi wanita Hindia Belanda Baronesse van Hoevel.

Beberapa karyanya bisa dilihat dari akun Facebook yang aktif diunggahnya. Bahkan, desain yang dimasukkan dalam karyanya banyak mengambil inspirasi dari Indonesia, khususnya batik.

Sejarah dan hubungannya dengan Semarang

Bagi Ellen, Semarang memang tak asing. Dia, seperti disebut diatas merupakan cicit pejuang emansipasi yang bernama Baronesse van Hoevel, seorang aktivis emansipasi wanita yang memperjuangkan hak-hak kesetaraan pendidikan utamanya bagi kaum wanita.

Di awal abad ke 20,  Baronesse van Hoevel bersama dengan rekannya merintis pemberdayaan perempuan melalui sekolah-sekolah dan turut aktif bersama tokoh politik Etis, Conrad Theodore Van Deventer, mendirikan sekolah Kartini di Semarang.

Dalam gelaran Koloniale Tentoonstelling di Semarang tahun 1914, Ia mendirikan paviliun De Vrouw (wanita) yang berisikan tentang perkembangan gerakan emansipasi wanita dan juga kursus-kursus keterampilan bagi para wanita. 

Gelaran Koloniale Tentoonstelling tahun tersebut dimasukkan dalam gelaran Festival Kota Lama sejak tahun 2014 dengan istilah Pasar Malam Sentiling yang merupakan bagian acara dan juga untuk merayakan 100 tahun gelaran Tentoonstelling ini (1914-2014). Tahun 2017, pasar malam Sentiling masih tetap dimasukkan.

Ini rancangan desain Ellen

Foto dan video di bawah ini kami ambil dari Facebook Ellen van Os. Lebih lengkap profil dan karya-karya lain dari Ellen, langsung buka saja akun Facebooknya Ellen atau klik di sini.

Sumber : Facebook/Ellen van Os
Sumber : Facebook/Ellen van Os
Sumber : Facebook/Ellen van Os
Sumber : Facebook/Ellen van Os

Artikel terkait :
Informasi Kerjasama
Hubungi lewat email dotsemarang@gmail.com
Atau klik DI SINI untuk detail lebih lengkap

Comments

Popular posts from this blog

Mengawinkan Modem M3Y dengan Kartu 4G Smartfren

Ada kabar gembira buat kamu yang mungkin baru menggunakan modem m3y. Kami baru sadar bahwa kartu 4G Smartfren bisa digunakan di modem M3Y yang perangkatnya sudah pernah kami review sebelumnya. Apakah kamu sudah juga mencobanya?
Kami pikir M3Y sudah tidak bisa digunakan lagi dengan harganya yang kurang bersahabat untuk kami. Apalagi kartu yang tersemat sangat tidak memungkinkan kartu lain untuk masuk. Bahkan untuk sesama operator. Sekali keluar dari SIM Card-nya, kartu dipastikan tidak akan berfungsi. 
Ternyata bisa
Internet merupakan kebutuhan wajib terkait aktivitas kami dalam dunia blogging. Maka saat sebelum pergi ke Jakarta acara ASUS kemarin, kami mencoba mempersiapkan segalanya yang salah satunya koneksi internet.
Saat bertanya ke konter terdekat, ternyata kartu 4G Smartfren bisa digunakan untuk modem kami. Pokoknya yang keluaran Smartfren, kata penjaga konternya. Setelah memastikan sendiri dan menggunakannya, ternyata memang bisa. Apalagi kartu perdana yang kami beli punya kuot…

Ini Harga Tarif Parkir Inap di Stasiun Tawang Tahun 2018?

Selain bandara yang memberi pelayanan parkir inap buat kendaraan, stasiun kereta api juga memberlakukan hal yang sama. Apakah kamu dalam tujuan perjalanan ke luar kota dan ingin parkir di Stasiun Tawang?

Minggu pagi (14/10) kami mendapat kesempatan pergi ke stasiun Tawang. Kebenaran bukan untuk meliput atau mengeksplore, ada kerabat yang pulang dari liburan di kota Semarang.

Saat sudah melayani hingga pintu masuk ruangan, kami jadi ingat bahwa ada pernah yang bertanya kepada kami lewat blog dotsemarang tentang tarif parkir inap di sini, stasiun Tawang.

Kesempatan bagus ini tentu tidak kami sia-siakan. Kami langsung bertanya pada petugas parkir dan petugas jaga piket loket pintu keluar. Dan berikut tarif yang diberlakukan.

Mobil
Parkir inap dikenakan harga 45 ribu rupiah. Lebih dari hari yang diterapkan, akan dikenakan biaya lagi. Sepeda Motor
Parkir inap roda dua dikenakan biaya 25 ribu rupiah. Dan sama seperti mobil, akan ada biaya tambahan bila lebih dari waktu yang diterapkan, 24 jam…

Jadwal Pameran Handphone di Semarang Bulan Juni 2019

Yang sudah ditunggu-tunggu, pameran handphone Semarang. Apakah momen lebaran ini kamu perlu mengganti hape baru? Bulan ini, ada dua pameran yang berlangsung. Salah satunya sudah dimulai sebelum lebaran. Di mana saja?

Java mall yang menjadi magnet pameran, baik handphone dan komputer, momen lebaran ini datang dengan pameran handphoe bertajuk Parsell, yaitu Parade Seluler. Digelar dari tanggal 3-11 Juni, pameran ini dalam promosinya menawarkan Hp baru seharga 99 ribu.

Pindah ke Plaza Simpang Lima, pameran handphone di sini digelar setelah hari hari pertama lebaran, yakni tanggal 6-16 Juni. Meski mal ini gudangnya handphone, pameran di sini tetaplah patut ditunggu.

Dalam kampanye promosinya, kamu bisa kredit tanpa perlu kartu kredit di pameran bertajuk Bazaar Handphone Lebaran ini. Cukup KTP+SIM saja.


Java Mall
Bagaimana, tertarik mengupgrade smartphone-mu di momen lebaran?
Artikel terkait : Jadwal Pameran Handphone di Semarang Bulan April 2019Jadwal Pameran Handphone di Semarang Bulan Des…

Review Lot 28 Semarang

Awal Agustus kemarin, tempat ini mengadakan soft opening dengan mengundang social media influencer Semarang. Termasuk bloger di dalamnya. Lot 28 sendiri beralamat di jalan Singosari Raya No.28, Semarang. Seperti apa tempatnya?

Selamat datang kembali akhir pekan. Apakah kamu sudah punya rencana menghabiskan hari Sabtu? Mungkin bertemu dengan teman atau sahabat, atau juga pasangan bisa meredakan stres setelah sibuk beberapa hari dengan rutinitas dan pekerjaan.

Komunikasi secara langsung itu sangat menyenangkan, dan tentu didukung tempat yang menarik yang bisa membangkitkan suasana hati. Kami punya rekomendasi bila kamu ingin sesuatu yang baru di Semarang berikut ini.



Lot 28, kamu bisa ngopi atau makan malam di sini

Nama yang unik menurut kami saat owner menjelaskan kepada kami yang turut hadir saat soft opening, kamis sore, 3 Agustus 2017. Angka 28 sendiri diambil dari nomor tempat ini berada.

Bahkan, 28 ini juga punya makna yang berarti 2 artinya 2 rasa, dan 8 artinya cerita (merujuk m…

Agenda Semarang Tahun 2019

Selamat datang di kota Semarang yang penuh warna-warni, baik sisi budaya, acara dan lainnya. Halaman ini kami buat sebagai panduan saat kamu berencana pergi ke Semarang atau sedang di Semarang.

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang sudah merilis 'Calendar of Event 2019 Semarang' dalam format PDF. Sama seperti tahun lalu yang kami posting, kalender acara ini bisa kamu lihat di halaman ini.

Agenda menarik di Semarang

Pasar Semarangan Tinjomoyo yang baru dilaunching tahun 2018, kini sudah masuk dalam kalender. Pasar ini biasanya dilaksanakan setiap minggu pagi dengan lokasinya di kawasan Hutan wisata Tinjomoyo.



Meninggalkan Januari, acara Pasar Imlek Semawis (PIS) sudah menunggu di awal bulan Februari. Acara dalam rangka menyambut Tahun Baru Imlek ini tentu saja menarik untuk didatangi.

Seiring perkembangan e-commerce, Semarang Great Sale tahun 2019 bakal lebih semarak yang datang di bulan April hingga Mei.

Masih di bulan April, agenda yang termasuk acara Internasional in…